Negeri di Atas Awan yang Menyihir Wisatawan

Jumat 20 September 2019, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wilayah kaki pegunungan kerap mendatangkan kabut tipis ataupun awan. Bila kabut itu turun di perkampungan menjelang pagi atau senja, dan sinar-sinar lampu penduduk desa menyala, terciptalah pemandangan seperti negeri di atas awan.

Beberapa wilayah di Jawa memiliki pemandangan indah itu, yang membuat wisatawan rela mendaki gunung menjemput matahari terbit atau menunggu matahari tenggelam di atas bukit. Inilah negeri di atas awan itu.

Gunung Luhur

Gunung Luhur menjadi sasaran memburu negeri di atas awan dalam setahun terakhir. Lokasinya di sekitar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten yang hanya tiga jam dari Jakarta. Lokasi persisnya negeri di atas awan Gunung Luhur terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

TNGHS menawarkan hamparan awan yang dapat dilihat dari atas gunung. Awan yang membentang luas itu bisa dilihat dengan jelas dari Gunung Luhur di ketinggian 901 mdpl saja. Untuk menjangkaunya juga mudah, kendaraan roda dua dan empat bisa mencapainya. Waktu terbaik untuk melihat awan mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Pada saat hujan, pemandangan awan tidak terlihat karena tertutup kabut. 

Dieng

Negeri di atas kabut lainnya terdapat di Dieng. Kawasan yang disebut negeri di atas awan itu memiliki panorama desa-desa yang diselimuti kabut. Candi-candi dan pepohonan bermunculan di sela-sela kabut, membuat kawasan Dieng seperti berada di atas awan.

Selain memburu kabut, wisatawan mendatangi kawasan Dieng yang letaknya di Wonosobo itu, untuk menikmati lanskap perkebunan. Dieng berlokasi sekitar sejam dari kota Wonosobo. Dari puncak Gunung Sindoro Anda bisa menyaksikan awan yang membentang. Selain menyaksikan awan, kawasan Dieng memiliki obyek wisata seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Merdada, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Jalatunda, dan Museum Kaliasa.

Bromo

Pemandangan negeri di atas awan yang ikonik lainnya adalah kawasan Gunung Bromo, yang memiliki pesona alam yang lengkap. Mulai dari pemandangan cantik matahari terbit, deretan kawah, lautan pasir dan hamparan rumput di padang savana berpagar perbukitan. Salah satu spot untuk menikmati Bromo yang diselimuti awan, berada di Pananjakan setinggi 2.700 mdpl. 

Namun untuk menikmati pemandangan ini, wisatawan harus mendaki kawasan Penanjakan jauh sebelum matahari terbit. Untuk menuju Gunung Bromo, wisatawan bisa melalui empat jalur yakni dari Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Gunung Ranti, Banyuwangi

Selain kawah Gunung Ijen, Banyuwangi memiliki spot baru untuk menikmati negeri di atas awan. Lokasinya berada di puncak Gunung Ranti. Dari puncak Gunung Ranti, pendaki atau wisatawan bakal menemukan keindahan kota dan laut Banyuwangi. Dari puncak gunung inilah, pemandangan awan yang menggumpal menutup permukaan kota Banyuwangi pada saat matahari terbit.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 09:46 WIB

Dapat Mengganggu Perkembangan Kognitif, 8 Dampak Negatif Memukul Anak

Memukul sering dilakukan orang tua dan memiliki tujuan untuk mendisiplinkan anak. Akan tetapi, hal itu memiliki dampak buruk pada anak.
Ilustrasi memukul anak. | Foto: Freepik/@menguasai1305
Sukabumi30 April 2024, 09:33 WIB

Warga Sukabumi Kecewa VAR Anulir Gol Indonesia dalam Semifinal Piala Asia U-23 2024

Wasit Shen Yinhao memeriksa VAR karena terindikasi offside.
Kegiatan nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23 tahun 2024 antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin malam, 29 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat30 April 2024, 09:00 WIB

7 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi - Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Mobil30 April 2024, 08:47 WIB

92 Offroader Jajal Track Bukit Parahiyangan Sukabumi, Bermain Lumpur Sambil Beramal

Event Komunitas Offroad ini diharpkan menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata di Bukit Parahiyangan Sukabumi.
Offroader Nasional jajal track Bukit Parahiyangan Sukabumi. (Sumber : YouTube/Wa-One Adventure)
Sehat30 April 2024, 08:00 WIB

6 Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah

Tetapkan Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal.
Ilustrasi - Tips mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/Санжар Саиткулов)
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)