Ilmuwan: Alien Mungkin Seperti Manusia

Jumat 03 November 2017, 07:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selama ini alien dianggap sebagai makhluk dari planet lain yang berbeda dengan manusia. Namun, ilmuwan memiliki pendapat baru mengenai kehidupan alien. Pada akhir 1 November 2017, tim ilmuwan Inggris berusaha mengungkap bahwa bentuk kehidupan alien mungkin telah berevolusi dengan cara yang mirip dengan makhluk di bumi.

Studi yang terbit dalam International Journal of Astrobiology ini menunjukkan bahwa proses seleksi alam yang menciptakan berbagai jenis makhluk hidup di bumi sepertinya juga terjadi di planet lain. Namun, hal itu tidak berarti akan ada alien yang menyerupai manusia cantik.

Dalam jurnal, tim yang dikomandoi Sam Levin, pakar zoologi dari University of Oxford, menyetakan seleksi alam adalah proses yang diteorikan oleh Charles Darwin. Teori ini menunjukkan bahwa spesies yang paling sesuai dengan lingkungannya kemungkinan besar bertahan untuk meneruskan gen mereka.

Di bumi, proses ini telah menyebabkan terjadinya evolusi manusia selama miliaran tahun. Namun di dunia lain, kehidupan cenderung terlihat sangat berbeda tergantung kondisi di planet yang ditinggali.

"Kami masih tidak dapat mengatakan apakah alien akan berjalan dengan dua kaki atau memiliki mata hijau besar. Tapi kami percaya bahwa teori evolusi menjadikan alat yang unik dan berguna untuk mencoba memahami evolusi yang dialami alien, dan kami telah menunjukkan beberapa contoh dari prediksi kuat yang dapat kami dengan teori tersebut," tulis tim dalam jurnal.

Ada ratusan planet yang dapat dihuni manusia di galaksi kita sendiri. Ilmuwan tidak bisa mengatakan apakah kita sendirian di alam galaksi ini, tapi kita telah maju sedikit dalam menjawab. Di bumi, peristiwa yang dikenal sebagai "transisi besar" telah mendorong evolusi spesies yang berbeda. Peristiwa ini terjadi ketika satu kelompok organisme berkembang menjadi tipe "tingkat yang lebih tinggi".

Evolusi terjadi ketika organisme sel tunggal berevolusi menjadi organisme yang terbuat dari beberapa sel. Sedangkan manusia terbentuk saat primata terbentuk dan berevolusi. "Dengan memprediksi bahwa alien telah mengalami transisi besar, seperti yang terjadi pada spesies di bumi, kita dapat mengatakan bahwa ada tingkat prediktabilitas terhadap evolusi yang akan membuat mereka terlihat seperti kita," tulis tim.

Levin dan tim berpendapat bahwa alien telah mengembangkan "mekanisme" serupa dengan manusia. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghilangkan konflik, menjaga kerja sama, dan menjaga fungsi organisme.

Tim juga berpendapat, bahwa para ilmuwann mempunyai pendekatan alternatif, yaitu menggunakan teori evolusioner untuk membuat prediksi yang independen terhadap detail bumi. Pendekatan ini berguna karena prediksi teoritis akan berlaku untuk menguji alien yang misalnya berbasis silikon, tidak memiliki DNA, dan bernapas menggunakan nitrogen.

Seorang ilmuwan yang dulu bekerja untuk NASA baru-baru ini mengatakan bahwa alien dapat tinggal di bawah samudera beku di dunia air bersuhu bawah nol derajat Celsius. Hal ini diyakini bahwa sebagian besar planet yang dapat dihuni di alam semesta tertutup di laut dan samudra, yang berarti bahwa ada alien yang terlihat lebih mirip ikan daripada manusia.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Food & Travel19 Mei 2024, 07:00 WIB

Mudah dan Simpel, Cara Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi

Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi Ternyata Simpel. Yuk Coba!
Ilustrasi. Buah mengkudu dikenal karena berbagai khasiatnya yang baik untuk kesehatan, termasuk sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science19 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Mei 2024, Yuk Cek Langit di Hari Minggu Ini

Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).