Dinosaurus Seberat 76 Ton Ini Bikin T-Rex Terlihat Kerdil

Rabu 09 Agustus 2017, 02:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah studi mengungkap spesies baru yang merupakan juara kelas berat dari semua dinosaurus, dan membuat tampilan Tyrannosaurus rex yang menakutkan seperti seorang anak kecil. Dengan berat  76 ton, raksasa pemakan tumbuhan itu menjadi seberat pesawat ruang angkasa.

Fosil dinosaurus ini ditemukan di Argentina selatan pada tahun 2012. Para peneliti yang memeriksa dan menanggali mereka mengatakan makhluk berleher panjang ini adalah yang terbesar dari kelompok dinosaurus besar yang disebut titanosaurs.

"Ada satu bagian kecil dari keluarga ini yang memiliki ukuran luar biasa," kata Diego Pol dari museum paleontologi Egidio Feruglio di Argentina, yang menjadi salah satu penulis studi yang diterbitkan Selasa 8 Agustus 2017 dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Para peneliti menamakan dinosaurus itu Patagotitan mayorum yang merujuk wilayah Patagonia di mana ia ditemukan dan kata titan Yunani yang berarti besar. Nama keduanya menghormati sebuah peternakan keluarga yang menjadi tuan rumah para peneliti.

"Enam fosil dari spesies ini dipelajari dan ditanggali sekitar 100 juta tahun yang lalu, berdasarkan abu yang ditemukan di sekitar mereka," kata Pol. Dinosaurus ini memiliki panjang rata-rata 122 kaki (37 meter) dan tinggi hampir 20 kaki (6 meter) di bahu.

Sebuah struktur kerangka dinosaurus ini sudah dipamerkan di American Museum of Natural History. Struktur ini begitu besar sehingga kepala dinosaurus itu menjorok ke lorong di museum New York itu.

“Legendaris T. rex dan pemakan daging lainnya terlihat seperti orang kerdil bila Anda menempatkan mereka di dekat salah satu titanosaurs raksasa ini," kata Pol. "Ini seperti Anda menempatkan gajah dekat singa."

“Para ilmuwan telah mengenal berbagai titanosaur, tapi ini adalah spesies baru dan genus baru, yang merupakan kelompok yang lebih besar,” kata Pol. Titanosaur lain yang disebut Argentinosaurus sebelumnya dianggap yang terbesar.

"Saya tidak berpikir mereka menakutkan sama sekali," kata Pol. "Mereka mungkin hewan yang bergerak lambat. Bangun, berjalan di sekitar, mencoba untuk lari. Hal ini benar-benar menantang untuk hewan besar tersebut," katanya.

"Pertanyaan besarnya adalah bagaimana dinosaurus ini menjadi begitu besar," kata Pol. Para peneliti masih mempelajari hal itu, tapi menyebut kemungkinan ada hubungannya dengan ledakan tanaman berbunga pada saat itu.

"Sulit untuk berdebat ini bukan masalah besar saat menyangkut (kemungkinan) hewan darat terbesar yang pernah ditemukan," ujar ahli paleontologi University of Maryland Thomas Holtz, yang bukan bagian dari penelitian, melalui email.

Kristi Curry Rodgers, seorang ahli paleontologi di Macalester College yang bukan bagian dari penelitian, memuji pekerjaan penting ini. Dia mengatakan tulang Patagotitan ini menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka belum menyelesaikan pertumbuhannya. "Berarti bahwa ada dinosaurus yang lebih besar di luar sana untuk ditemukan."

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)