Soal Macet, Ini Kronologis Batalnya Audiensi Formalitas dengan Bupati Sukabumi

Selasa 25 Oktober 2016, 23:19 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM – Batalnya audiensi antara Forum Masyarakat Peduli Kemacetan Lalulintas Sukabumi (Formalitas) dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami, disayangkan Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sukabumi Dewek Sapta Anugrah.

Menurut Dewek, pertemuan dengan aktivis Formalitas yang merupakan gabungan dari aktivis GMNI, Fraksi Rakyat, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, dan Serikat Pekerja Nasional harusnya lebih diprioritaskan. Karena sebagai warga, mereka lebih berhak menuntut keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dalam menegakkan aturan yang ada.

“Menurut hemat saya, perusahaan-perusahaan yang berada di jalur utama Cicurug hingga Sukalarang bisa dipaksa mematuhi aturan yang sudah ada. Sedangkan kehadiran Formalitas, tidak hanya untuk memberikan sumbang saran terkait solusi kemacetan, tetapi juga meminta keseriusan kepala daerah untuk memaksa para kepala dinas dan instansi terkait agar bekerja maksimal dalam menegakkan aturan. MIsalnya soal penertiban PKL (pedagang kaki lima-red) yang menjadi tugas Satuan Polisi Pamong Praja,” terangnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (26/10) pagi, sekitar pukul 02.00 WIB.

Terkait gagalnya audiensi Formalitas dengan Bupati Sukabumi, Dewek menceritakan kronologisnya sebagai berikut:

Rabu, 19 Oktober Formalitas berkirim surat permintaan audiensi kepada Kepala Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi untuk mencari solusi mengatasi kemacetan di wilayah Utara Kabupaten Sukabumi, yang dinilai sudah akut.

Jumat, 21 Oktober Dalam audiensi di Markas Polres Sukabumi, pihak Pemkab hanya mengirimkan petugas dari Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan petugas dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo). Sementara itu, Polres Sukabumi diwakili oleh Wakil Kepala Kompol Ryky Widiya Muharram. Pada saat audiensi Ryky mengatakan, kemacetan memang menjadi persoalan utama yang harus dicari solusi, untuk kewenangan dan menjadi kekurangan di pihak kepolisian selama ini.

Merasa kecewa, aktivis Formalitas mengirimkan surat permohonan untuk melakukan audiensi dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam waktu 3 x 24 jam, dengan difasilitasi oleh pihak Polres.

Selasa, 25 Oktober

11.30 WIB Adalah waktu yang dijadwalkan oleh pihak pendopo bagi aktivis Formalitas untuk beraudiensi dengan Bupati Sukabumi. Namun pada waktu yang ditentukan tersebut, Marwan Hamami justru sedang tidak di tempat, karena tengah melakukan kunjungan kerja ke beberapa perusahaan di Kabupaten Sukabumi.

12.00 WIB Aktivis Formalitas melakukan sholat berjamaan dan istirahat makan siang.

12.30 WIB Datang Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana, dan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi Yusuf. Keduanya menjelaskan, bahwa bupati tengah dalam perjalanan menuju pendopo.

13.00 WIB Merasa sudah menunggu terlalu lama, aktivis Formalitas memilih membubarkan diri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)