bankbjb

Dalang Peristiwa Berdarah G30SPKI, Inilah Profil Letkol Untung Syamsuri

Kamis 29 Sep 2022, 10:30 WIB
Dalang Peristiwa Berdarah G30SPKI, Inilah Profil Letkol Untung Syamsuri

SUKABUMIUPDATE.com - G30SPKI merupakan salah satu peristiwa kelam yang masuk dalam sejarah Indonesia. Untung Syamsuri atau dikenal dengan nama panggilan Letnan Kolonel Untung adalah salah satu tokoh yang memiliki kaitan erat dengan peristiwa mengerikan itu.

photo(Ilustrasi) Patung Pahlawan Revolusi yang Jadi Korban - (Istimewa)</span

Melansir dari Suara.com, diketahui bahwa Untung merupakan anggota Tjakrabirawa, yang mana pasukan ini dikenal sebagai pasukan pengamanan Presiden di Istana. Ia menjadi anggota pasukan tersebut sebelum meledaknya G30SPKI pada 1965.

Baca Juga :

Peristiwa G30SPKI sendiri dipicu dari kabar burung bahwa ada sejumlah jenderal yang akan mengkudeta Presiden Soekarno. 

Letkol Untung sebagai pasukan Tjakrabirawa pengamanan Presiden pun bereaksi atas kabar angin tersebut. Hingga terjadi peristiwa berdarah G30SPKI.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Kolonel Untung Syamsuri ini? Bagi yang penasaran dengan sosoknya, simak berikut ini profil Kolonel Untung Syamsuri yang dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Letnan Kolonel Untung Syamsuri

photoLetnan Kolonel Untung Syamsuri - (Istimewa)</span

Letkol Untung Syamsuri atau yang memiliki nama lengkap Letkol Untung Sutopo Bin Syamsuri ini lahir pada 3 Juli 1926 di Desa Sruni, Kedung Bajul, Kebumen, Jawa Tengah. Pada tahun 1927, Ia hijrah dari Kebumen ke salah satu desa di Solo.

Pria yang memiliki nama kecil Kusman ini putera dari seorang ayah yang bernama Abdullah. Namun, Sejak kecil Ia tinggal bersama pamannya Syamsuri dan diangkat menjadi anak.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini