TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Melihat Populasi Badak Cula Satu Saat Ini, Satwa yang Jadi Maskot Piala Dunia U-20

Penulis
Selasa 20 Sep 2022, 14:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badak cula satu menjadi inspirasi dari maskot Piala Dunia U-20 2023 yang diberi nama Bacuya (Badak Cula Cahaya). Badak cula satu atau disebut juga badak Jawa merupakan hewan asal Indonesia yang memiliki nama ilmiah Rhinoceros sondaicus.

Dilansir dari Tempo.co, menurut laman kemenpora.go.id, Bacuya tampil dengan jersey tim nasional sepak bola Indonesia berwarna merah putih.

Bacuya diharapkan berperan penting dalam mengajak masyarakat untuk datang ke stadion melihat para pesepak bola muda berkompetisi.

Diketahui filosofi Bacuya adalah badak bercula satu jawa muda yang amat pemalu dan juga pendiam. Namun walaupun memiliki karakteristik seperti itu, rasa ingin tahunya memaksanya untuk berlari ke lapangan seperti ingin mencari sesuatu.

Warna rumput yang hijau mendorongnya hingga dia mencintai sepak bola. Kesukaannya tersebut membawa sesuatu yang luar biasa, tanduknya menyala dengan warna-warna baru.

Tiap kali bermain sepak bola, tanduknya akan bersinar kian terang. Energi yang diberikan sepak bola kepada orang-orang sama dengan energi yang menerangi Bacuya.

photoVideo trap menangkap pergerakan anak Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). - ((Foto/TNUK))</span

Termasuk Hewan Terancam Punah

Satwa berbadan besar ini diketahui berada diambang kepunahan. Diketahui bahwa jumlah individu Badak Jawa hanya sekitar 50 sampai 60 ekor dan hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon.

Disarikan dari rimbakita.com, Staf Ahli Rhino Protecting Unit di Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Daryan menyebutkan pada tahun 1937 Badak Bercula Satu atau Badak Jawa pernah ditemukan hidup di kawasan Tasikmalaya. Namun kini kawasan yang dihuni oleh spesies ini hanyalah di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x