Update Klasemen MotoGP 2022 Setelah Aleix Espargaro Juara GP Argentina

Senin 04 April 2022, 14:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aprilia tampil mengejutkan setelah berhasil menjuarai seri ketiga MotoGP 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina Senin (4/4/2022) dini hari WIB dan sekaligus menjadi catatan tersendiri bagi ridernya yakni Aleix Espargaro.

Dilansir dari Tempo.co, Aleix Espargaro menorehkan catatan bersejarah. Ia meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Grand Prix Argentina, mempersembahkan kemenangan perdana bagi Aprilia pada era MotoGP, juga merebut puncak klasemen.

Pembalap Spanyol itu mengawali balapan MotoGP ke-200 dalam karirnya setelah merebut pole position. Itu merupakan pole pertama untuk Aprilia sejak kelas MotoGP dikenalkan pada 2002 dan ketiga kalinya bagi pabrikan asal Noale itu secara keseluruhan dalam kelas premier.

Sebelumnya mereka pernah meraihnya bersama Tetsuya Harada di Italia pada 1999 dan Jeremy McWilliams di Australia pada 2000.

Baca Juga :

Aprilia juga menjadi pabrikan ketiga yang merasakan pole di Termas setelah Honda (5) dan Ducati (1).

Itu kali ketiga Aleix Espargaro start terdepan dalam MotoGP. Dua pole position lainnya dia raih di Assen/2004 saat membalap untuk Yamaha dan Catalunya/2015 bersama Suzuki.

Oleh karena itu, dia menjadi pebalap pertama yang meraih pole dengan tiga motor dari pabrikan berbeda MotoGP.

MotoGP kembali ke Argentina setelah dua Grand Prix di negara Amerika Selatan itu dibatalkan karena pandemi COVID-19. Akan tetapi, balapan tahun ini terganjal masalah logistik yang menyebabkan pesawat kargo terlambat datang dan seluruh sesi latihan Jumat dibatalkan.

photoAleix Espargaro  - (aleixespargaro)</span

Start terdepan di Termas de Rio Hondo, Espargaro kehilangan posisi setelah pembalap tim Pramac Jorge Martin meluncur sempurna guna memimpin lomba menuju tikungan pertama. Kedua pembalap bersaing ketat dan membangun jarak dua detik di depan rival-rivalnya.

Martin yang gagal finis dalam dua balapan pembuka musim, mendapatkan sedikit ruang bernafas setelah pembalap Aprila itu melebar di tikungan pertama.

Akan tetapi, setelah membuat kesalahan tersebut, Espargaro ternyata masih menyimpan kecepatannya dan mencetak lap terbaik untuk mengejar pembalap terdepan.

Setelah dua kali berupaya menyalip Martin dan melebar, Espargaro melakukan manuver sempurna untuk mengambil alih pimpinan lomba dari rival senegaranya itu dalam lima lap terakhir dan menjadi yang pertama melintasi finis untuk merayakan kemenangan bersejarah dalam kariernya.

Pembalap Suzuki Alex Rins memastikan tiga pembalap Spanyol naik podium hari itu setelah finis di belakang Martin.

Hasil tersebut sekaligus menghasilkan sembilan pembalap berbeda finis podium dari tiga balapan awal musim ini, yang menguak bagaimana terbukanya musim kompetisi 2022.

Emosi Espargaro pecah di paddock ketika berbicara dengan keluarganya lewat telepon, adik kandungnya, Pol juga menghampirinya dan memeluk sang kakak.

"Sangat senang, cukup lama untuk bisa sampai di sini," kata Espargaro seperti dilansir laman resmi MotoGP. "Ini balapan yang spesial karena ini start GP ke-200 saya dalam kelas premier."

Pembalap berusia 32 tahun yang mendominasi sesi latihan bebas dan kualifikasi pada Sabtu itu mengatakan tekanan di balapan kali ini berlipat ganda karena orang-orang yakin dia akan mampu melewatinya dengan mudah.

Tapi, "Ini bukan balapan yang mudah, saya sama sekali tidak punya grip di balapan, saya tak tahu apakah karena suhu dari trek atau apa, tapi saya tidak bisa mengeluarkan kecepatan saya, saya tidak bisa membalap seperti yang saya inginkan," kata dia.

"Pada akhirnya dalam empat lap terakhir saya sangat kuat dan saya senang sekali. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Aprilia, Noale, semua keluarga Aprilia karena saya rasa kami sangat layak mendapatkan ini dan hal paling spesial adalah kami memimpin kejuaraan, jadi ini mimpi."

Hasil itu sekaligus membawa Espargaro menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 45 poin, tujuh poin di depan pembalap KTM Brad Binder yang finis keenam hari itu.

Martin juga meraih poin pertamanya musim ini setelah gagal finis dalam dua balapan sebelumnya di Qatar dan Indonesia.

Honda, yang kehilangan Marc Marquez akhir pekan ini karena cedera, dibuat frustrasi lantaran pembalap pengganti Stefan Bradl finis P19 sementara Pol Espargaro membuat kesalahan dan terjatuh di tikungan dua hingga gagal menyelesaikan balapan.

Juara dunia bertahan Fabio Quartararo gagal membuat Yamaha bersinar setelah start dari P6 dan sempat melorot ke P13 di balapan sebelum merestorasi posisinya untuk finis P8.

Para pembalap akan melanjutkan pertarungan mereka di benua Amerika saat MotoGP menyambangi Circuit of the Americas di Austin, Texas, AS, pekan depan.

photo(Ilustrasi) Balapan MotoGP. - (motogp.com)</span

Klasemen MotoGP 2022

No   Pembalap                Tim                   Poin 

1. Aleix Espargaro       Aprilia Racing          45

2. Brad Binder             Red Bull KTM          38

3. Enea Bastianini       Gresini Ducati          36

4. Alex Rins                 Suzuki Ecstar           36

5. Fabio Quartararo    Monster Yamaha      35

6. Joan Mir                 Suzuki Ecstar            33

7. Miguel Oliveira        Red Bull KTM           28

8. Johann Zarco          Pramac Ducati          24

9. Jorge Martin            Pramac Ducati          20

10. Pol Espargaro       Repsol Honda           20

11. Jack Miller             Ducati Lenovo           15

12. Franco Morbidelli   Monster Yamaha      14

13Maverick Viñales      Aprilia Racing           13

14Francesco Bagnaia   Ducati Lenovo         12

15Marc Marquez          Repsol  Honda         11

16Takaaki Nakagami    LCR Honda             10

17Luca Marini              Mooney VR46 Ducati 10

18Marco Bezzecchi     Mooney VR46 Ducati 7

19Darryn Binder          WithU Yamaha RNF   6

20Alex Marquez           LCR Honda                4

21Andrea Dovizioso    WithU Yamaha RNF   2

22Remy Gardner        KTM Tech3                 1

Jadwal MotoGP berikutnya akan berlangsung di Austin, Amerika.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Science26 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 26 Mei 2024 Termasuk Sukabumi, Cek Sebelum Berakhir Pekan!

Untuk daerah Sukabumi sendiri diperkirakan akan mengalami cuaca cerah hingga cerah berawan saat pagi. Kemudian berpotensi hujan ringan dan kembali berawan saat dini hari.
Ilustras Pagi Cerah Berawan. Prakiraan Cuaca Sukabumi | Pexels
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)