Update Klasemen MotoGP 2022 Setelah Aleix Espargaro Juara GP Argentina

Senin 04 April 2022, 14:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aprilia tampil mengejutkan setelah berhasil menjuarai seri ketiga MotoGP 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina Senin (4/4/2022) dini hari WIB dan sekaligus menjadi catatan tersendiri bagi ridernya yakni Aleix Espargaro.

Dilansir dari Tempo.co, Aleix Espargaro menorehkan catatan bersejarah. Ia meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Grand Prix Argentina, mempersembahkan kemenangan perdana bagi Aprilia pada era MotoGP, juga merebut puncak klasemen.

Pembalap Spanyol itu mengawali balapan MotoGP ke-200 dalam karirnya setelah merebut pole position. Itu merupakan pole pertama untuk Aprilia sejak kelas MotoGP dikenalkan pada 2002 dan ketiga kalinya bagi pabrikan asal Noale itu secara keseluruhan dalam kelas premier.

Sebelumnya mereka pernah meraihnya bersama Tetsuya Harada di Italia pada 1999 dan Jeremy McWilliams di Australia pada 2000.

Baca Juga :

Aprilia juga menjadi pabrikan ketiga yang merasakan pole di Termas setelah Honda (5) dan Ducati (1).

Itu kali ketiga Aleix Espargaro start terdepan dalam MotoGP. Dua pole position lainnya dia raih di Assen/2004 saat membalap untuk Yamaha dan Catalunya/2015 bersama Suzuki.

Oleh karena itu, dia menjadi pebalap pertama yang meraih pole dengan tiga motor dari pabrikan berbeda MotoGP.

MotoGP kembali ke Argentina setelah dua Grand Prix di negara Amerika Selatan itu dibatalkan karena pandemi COVID-19. Akan tetapi, balapan tahun ini terganjal masalah logistik yang menyebabkan pesawat kargo terlambat datang dan seluruh sesi latihan Jumat dibatalkan.

photoAleix Espargaro  - (aleixespargaro)</span

Start terdepan di Termas de Rio Hondo, Espargaro kehilangan posisi setelah pembalap tim Pramac Jorge Martin meluncur sempurna guna memimpin lomba menuju tikungan pertama. Kedua pembalap bersaing ketat dan membangun jarak dua detik di depan rival-rivalnya.

Martin yang gagal finis dalam dua balapan pembuka musim, mendapatkan sedikit ruang bernafas setelah pembalap Aprila itu melebar di tikungan pertama.

Akan tetapi, setelah membuat kesalahan tersebut, Espargaro ternyata masih menyimpan kecepatannya dan mencetak lap terbaik untuk mengejar pembalap terdepan.

Setelah dua kali berupaya menyalip Martin dan melebar, Espargaro melakukan manuver sempurna untuk mengambil alih pimpinan lomba dari rival senegaranya itu dalam lima lap terakhir dan menjadi yang pertama melintasi finis untuk merayakan kemenangan bersejarah dalam kariernya.

Pembalap Suzuki Alex Rins memastikan tiga pembalap Spanyol naik podium hari itu setelah finis di belakang Martin.

Hasil tersebut sekaligus menghasilkan sembilan pembalap berbeda finis podium dari tiga balapan awal musim ini, yang menguak bagaimana terbukanya musim kompetisi 2022.

Emosi Espargaro pecah di paddock ketika berbicara dengan keluarganya lewat telepon, adik kandungnya, Pol juga menghampirinya dan memeluk sang kakak.

"Sangat senang, cukup lama untuk bisa sampai di sini," kata Espargaro seperti dilansir laman resmi MotoGP. "Ini balapan yang spesial karena ini start GP ke-200 saya dalam kelas premier."

Pembalap berusia 32 tahun yang mendominasi sesi latihan bebas dan kualifikasi pada Sabtu itu mengatakan tekanan di balapan kali ini berlipat ganda karena orang-orang yakin dia akan mampu melewatinya dengan mudah.

Tapi, "Ini bukan balapan yang mudah, saya sama sekali tidak punya grip di balapan, saya tak tahu apakah karena suhu dari trek atau apa, tapi saya tidak bisa mengeluarkan kecepatan saya, saya tidak bisa membalap seperti yang saya inginkan," kata dia.

"Pada akhirnya dalam empat lap terakhir saya sangat kuat dan saya senang sekali. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Aprilia, Noale, semua keluarga Aprilia karena saya rasa kami sangat layak mendapatkan ini dan hal paling spesial adalah kami memimpin kejuaraan, jadi ini mimpi."

Hasil itu sekaligus membawa Espargaro menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 45 poin, tujuh poin di depan pembalap KTM Brad Binder yang finis keenam hari itu.

Martin juga meraih poin pertamanya musim ini setelah gagal finis dalam dua balapan sebelumnya di Qatar dan Indonesia.

Honda, yang kehilangan Marc Marquez akhir pekan ini karena cedera, dibuat frustrasi lantaran pembalap pengganti Stefan Bradl finis P19 sementara Pol Espargaro membuat kesalahan dan terjatuh di tikungan dua hingga gagal menyelesaikan balapan.

Juara dunia bertahan Fabio Quartararo gagal membuat Yamaha bersinar setelah start dari P6 dan sempat melorot ke P13 di balapan sebelum merestorasi posisinya untuk finis P8.

Para pembalap akan melanjutkan pertarungan mereka di benua Amerika saat MotoGP menyambangi Circuit of the Americas di Austin, Texas, AS, pekan depan.

photo(Ilustrasi) Balapan MotoGP. - (motogp.com)</span

Klasemen MotoGP 2022

No   Pembalap                Tim                   Poin 

1. Aleix Espargaro       Aprilia Racing          45

2. Brad Binder             Red Bull KTM          38

3. Enea Bastianini       Gresini Ducati          36

4. Alex Rins                 Suzuki Ecstar           36

5. Fabio Quartararo    Monster Yamaha      35

6. Joan Mir                 Suzuki Ecstar            33

7. Miguel Oliveira        Red Bull KTM           28

8. Johann Zarco          Pramac Ducati          24

9. Jorge Martin            Pramac Ducati          20

10. Pol Espargaro       Repsol Honda           20

11. Jack Miller             Ducati Lenovo           15

12. Franco Morbidelli   Monster Yamaha      14

13Maverick Viñales      Aprilia Racing           13

14Francesco Bagnaia   Ducati Lenovo         12

15Marc Marquez          Repsol  Honda         11

16Takaaki Nakagami    LCR Honda             10

17Luca Marini              Mooney VR46 Ducati 10

18Marco Bezzecchi     Mooney VR46 Ducati 7

19Darryn Binder          WithU Yamaha RNF   6

20Alex Marquez           LCR Honda                4

21Andrea Dovizioso    WithU Yamaha RNF   2

22Remy Gardner        KTM Tech3                 1

Jadwal MotoGP berikutnya akan berlangsung di Austin, Amerika.

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Life14 Juni 2024, 07:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

Kunci utama adalah menemukan rutinitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna (Sumber : Pexels/MikhailNilov)
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)