TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Tanpa Uang Tunai, Bayar Tol via Aplikasi Dimulai Akhir 2022

Kamis 17 Feb 2022, 20:20 WIB
Tanpa Uang Tunai, Bayar Tol via Aplikasi Dimulai Akhir 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengonfirmasi penerapan sistem bayar tol tanpa berhenti berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) melalui sebuah aplikasi. Sistem ini akan diberlakukan mulai Desember 2022 dan berlaku di beberapa daerah di Indonesia.

"Kami akan luncurkan sistem bayar tol nirsentuh tanpa uang tunai mulai akhir tahun ini. Sistem ini akan diterapkan di Jakarta dan beberapa wilayah lainnya," kata Kepala BPJT Danang Parikesit, Senin, (14/2/2022). 

Danang mengatakan, sistem bayar tol nirsentuh ini akan menggunakan aplikasi pada smartphone bernama Cantas. Aplikasi ini merupakan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang akan digunakan sebagai sistem pembayaran.

Setelah pengendara mengunduh aplikasi Cantas ini, selanjutnya pengendara wajib mengisi data kendaraan yang meliputi nomor polisi, nomor rangka, dan lainnya. Setelah itu, pengendara harus memilih metode pembayaran yang digunakan untuk membayar tol yang dilewati.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Gerbang masuk tol. - (IST)</span

Sistem GPS pada aplikasi ini akan terkoneksi dengan satelit untuk mendeteksi lokasi kendaraan. Saat posisi kendaraan sudah terdeteksi, maka sistem akan secara otomatis melakukan tap-matching saat mobil memasuki gerbang tol.

Sistem pada aplikasi akan mengkalkulasikan jarak yang ditempuh oleh mobil untuk menghitung tarif jalan tol yang dikenakan pada kendaraan.

Untuk pembayarannya, sistem akan secara otomatis memotong saldo yang ada pada dompet elektronik yang didaftarkan pada aplikasi. BPJT juga menyediakan sistem pembayaran nirsentuh lainnya seperti OBU dan Electronic Route Ticket.

Sumber: tempo.co


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini