Cara Mengunci WhatsApp Biar Gak Diintip Orang Kepo

Kamis 28 Januari 2021, 07:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kamu pengen mengunci WhatsApp biar gak diintip orang lain? Pasti rasanya ilfil banget ketika ada teman atau orang lain yang suka iseng dan kepo sama isi percakapan di HP kamu. Padahal, setiap percakapan yang ada di platform sosial media apapun ada hak privasi milik user atau penggunanya masing-masing, sehingga mencoba mengintip percakapan atau chat milik orang lain itu gak sopan dan suatu tindakan melanggar privasi seseorang loh!

Yang paling parah banget, ada tuh orang yang alasannya iseng tapi berdampak memalukan buat kita, yakni ketika dia 'membajak' HP kamu lalu masuk ke aplikasi WhatsApp dan mengirimkan pesan-pesan aneh ke beberapa daftar kontak teman yang ada di sana.

Kalau yang baca pesannya cuman temen sih gak apa apa karena paling dianggap becanda aja, tapi kalau yang baca pesannya rekan bisnis atau keluarga gimana coba? Bisa repot nantinya dan berpotensi menimbulkan miskomunikasi yang dapat berujung salah paham hingga pertengkaran.

Nah, karena masalah ini kerap kali ditemukan dan dirasakan oleh banyak orang, berikut kami berikan sejumlah cara untuk mengunci WhatsApp kamu agar tidak diintip atau dibajak oleh si kepo yang tangannya jahil.

Cara mengunci WhatsApp di Android

Ini lumayan cukup ampuh dan dapat menghindari WhatsApp kamu dikepoin orang lain, silahkan gunakan fitur pemasangan password atau fingerprint (sidik jari) melalui fitur pengaturan privasi. Dengan fitur ini, setiap kali kamu atau siapapun yang ingin membuka aplikasi WhatsApp harus mengetahui password atau menempelkan sidik jari pemilik dari akun WhatsApp tersebut. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru

2. Masuk ke aplikasi WhatsApp

3. Buka menu "Settings"

4. Pilih menu "Account" lalu masuk ke menu "Privacy"

5. Di bagian bawah, ada menu pilihan "Fingerprint Lock"

6. Nyalakan toggle "Unlock with Fingerprint" selanjutnya pilih "Set Up"

7. Nah kamu akan diberikan pilihan untuk mengatur jenis pengamanan seperti apa yang kamu ingin gunakan, ada yang menggunakan pattern atau pola, input PIN dan sidik jari.

Yang paling ampuh dan efektif sih sidik jari, karena dengan mengaktifkan fitur ini mau gak mau siapapun yang mau buka aplikasi WhatsApp di HP kamu, harus menempelkan jari jempol pemilik WhatsApp agar dapat dibuka.

Atur Jeda Waktu Penguncian WhatsApp

Ada pengaturan jeda waktu untuk mengaktifkan penguncian WhatsApp yang sebelumnya telah kamu atur seperti yang dipaparkan di atas.

Pilihannya ada "immediately" yang artinya jika kamu mengaktifkan pilihan ini, WhatsApp akan secara langsung mengunci ketika kamu mencoba menutup aplikasinya atau mengunci layar Android.

Pilihan lainnya, kamu bisa mengatur jeda waktu penguncian WhatsApp berdasarkan menit sesuai kebutuhan. Ada yang 1 menit, 5 menit, 10 menit hingga 30 menit.

Atur Kemunculan Notifikasi Percakapan WhatsApp

Meskipun WhatsApp kamu telah terkunci, tapi orang lain masih dapat melihat isi percakapan anda melalui notifikasi pada HP. Maka dari itu, non aktifkan fitur notifikasi pesan ini, caranya kamu harus mengunci WhatsApp dulu seperti yang sudah diterangkan di awal, lalu pada menu pengaturan jeda waktu penguncian, di bagian bawahnya terdapat toggle on/off nya. 

Jika kamu mengaktifkan toggle tersebut, maka notifikasi pesan akan tetap muncul, jika kamu mematikannya maka notifikasi pesan tidak akan muncul dan harus masuk dulu ke WhatsApp nya agar notifikasi berbagai pesan bisa muncul.

Cara mengunci WhatsApp di iOS

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp lalu pilih menu Settings

2. Pilih menu "Account" lalu masuk ke menu "Privacy"

3. Di bagian bawah akan ada pilihan "Screen Lock"

4. Nyalakan toggle On untuk "Require Touch ID/Face ID"

Sama seperti Android, kamu juga diberikan pilihan untuk mengatur jeda waktu penguncian. Namun bedanya, di iOS kamu tidak dapat mengatur kemunculan notifikasi percakapan yang ada di WhatsApp.

Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Proteksi WhatsApp

1. AppLock (Android)

2. Smart AppLock (Android & iOS)

3. LOCKit (Android)

4. Norton App Lock (Android)

5. Perfect AppLock (Android)

Aktifkan Fitur Two-Step Verification WhatsApp

Fitur ini juga membuat si kepo bakal kerepotan karena siapapun yang ingin mengakses WhatsApp kamu, harus melakukan verifikasi PIN terlebih dahulu dan fitur ini aktif terus secara berkala. Berikut cara pengaturannya untuk di HP Android dan iOS:

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp

2. Pilih menu "Settings" lalu pilih menu "Account"

3. Lalu masuk ke menu "Two-step verification" dan pilih "Enable"

4. Buat 6 digit PIN 

5. Masukan email kamu untuk melengkapi data

Nah, demikian cara mengunci WhatsApp agar privasi tetap terjaga dan si tangan jahil gak bisa lagi ngepoin dan gangguin privasi kamu, selamat mencoba!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life14 April 2024, 21:00 WIB

Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari.
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Seleb14 April 2024, 20:45 WIB

Pulang Shooting di Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya

Model dan artis papan atas Luna Maya tertangkap kamera warga berkunjung ke Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024).
Pulang Shooting dari Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya | Foto : Ist
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi14 April 2024, 16:19 WIB

Mabuk dan Ugal-ugalan, Pengemudi Pick Up Nyaris Tabrak Polisi di Parungkuda Sukabumi

Pengendara mobil bak terbuka (Pick Up) berinisial R (36 tahun) yang membawa penumpang nyaris menabrak anggota polisi di ruas Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor
Petugas Korps Brimob Polda Jabar, saat mengamankan pengemudi mobil pikap di sekitar Gerbang Tol Parungkuda | Foto : Capture video