Tepergok Curi Motor, Pemuda Bertopi Hitam Ditangkap Warga di Parungkuda Sukabumi

Selasa 21 Mei 2024, 16:54 WIB
Rekaman CCTV saat diduga pelaku melancarkan aksinya di Kampung Pangkalan RT 17/04, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Senin, 20 Mei 2024 |  Foto : Capture video CCTV/Ibnu Sanubari

Rekaman CCTV saat diduga pelaku melancarkan aksinya di Kampung Pangkalan RT 17/04, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Senin, 20 Mei 2024 | Foto : Capture video CCTV/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pria di Kampung Pangkalan RT 17/04, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi tepergok warga saat beraksi akan mencuri sepeda motor, pada Senin, 20 Mei 2024. Aksi tersebut terekam kamera Closed-Circuit Television (CCTV) di lokasi. 

Dalam rekaman CCTV, pria dengan mengenakan topi hitam yang kemudian di ketahui bernama MW (31 tahun) warga Desa Makasari, Kecamatan Kalapanunggal dan berstatus buruh tersebut tepergok warga sekitar pukul 18.30 WIB. Pelaku terkejut, dan menjatuhkan motor yang hendak dicuri dan mencoba melarikan diri.

Kapolsek Parungkuda, Kompol Aah Hermawan melalui Kanit Reskrim, Aipda Budiarto, menjelaskan bahwa pelaku beraksi seorang diri dan sudah diinterogasi hingga malam hari.

"Pelaku ini bukan spesialis pencurian motor atau perusak kunci motor. Dia patroli mencari motor yang kuncinya terlihat atau tergantung," ujar Budiarto kepada sukabumiupdate.com, Selasa (21/5/2024).

Budiarto menyatakan, pelaku beraksi di Desa Babakanjaya, Parungkuda, tepatnya di warung tepi jalan yang berstatus jalan Kabupaten, seberang perumahan.

Baca Juga: Uang Kuliah Makin Mahal, Menyimak Argumen Mahasiswa Versus Nadiem Makarim

"Pelaku membuka gerbang dan melihat motor di garasi dengan kunci yang berada di laci motor, sekitar 15 meter pelaku menyimpan motornya dari TKP, yang kemudian dia masuk," jelasnya.

Saat itu, sambung Budianto, karena adanya CCTV, ibu penghuni rumah yang bernama Neneng (43 tahun) melihat pelaku dan berteriak. Anak ibu tersebut Sony (19 tahun) yang sedang tidur, terbangun mendengar teriakan ibunya dan langsung keluar melihat pelaku.

"Dan melihat orang yang tidak dikenal mengeluarkan sepeda motor milik Sony yang berada di pekarangan rumah dengan cara didorong," tuturnya.

Lanjutnya, Sony kemudian menutup pagar rumah dan mengejar pelaku yang kabur sambil menjatuhkan motor. Warga sekitar membantu mengejar dan akhirnya berhasil menangkap pelaku.

"Berdasarkan laporan warga, kami langsung mengamankan pelaku untuk mengantisipasi amukan massa, mengutamakan keselamatan jiwa karena saat itu situasi sedang ramai," jelasnya.

Budiarto menyatakan, pelaku kemudian dibawa ke Mapolsek Parungkuda. Ternyata, pelaku merupakan residivis yang pernah terlibat kasus penipuan pada tahun 2012. Hasil pengembangan kasus menunjukkan bahwa pelaku juga pernah mencuri motor di Palasari sekitar satu bulan yang lalu dengan modus yang sama.

"Motor hasil curian sebelumnya sudah dijual ke seseorang di Cibadak. Adapun motor yang gagal dicuri, yaitu Honda Vario berwarna merah dengan nomor polisi F 2481 UBY, kini dijadikan barang bukti," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Nasional12 Juli 2024, 19:02 WIB

Bahlil Yakin Bandara di IKN Siap Beroperasi sebelum 17 Agustus 2024

Menurut Bahlil, bandara itu bakal menjadi salah satu fasilitas bagi para tamu yang akan mengikuti kegiatan upacara di IKN.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023. Sumber Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden