Pemkab Sukabumi Bahas Kebutuhan Pengungsi Bencana Longsor Cibadak

Senin 19 Februari 2024, 20:00 WIB
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman memimpin Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Penanganan Keadaan Darurat Bencana Tanah Longsor Cibadak. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman memimpin Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Penanganan Keadaan Darurat Bencana Tanah Longsor Cibadak. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman memimpin Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Penanganan Keadaan Darurat Bencana Tanah Longsor Cibadak yang bertempat di Ruang Rapat Sekda, Palabuhanratu, Senin siang (19/2/2024).

Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut penanganan pada masa transisi darurat kepemulihan kejadian bencana tanah longsor di Kampung Cibatu Hilir RT. 001/011, RT. 002/011, RT. 003/011 Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut Plt Asda II, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra, Kadinsos, BPBD, Dinas PU, Disperkim, Camat Cibadak hingga Kepala Desa Sekarwangi.

Camat Cibadak, Abdul Naafi, menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengevaluasi penanganan pengungsi, terutama terkait ketersediaan air dan logistik.

"Kami mengevaluasi kendala, termasuk ketersediaan air bersih untuk MCK, kondisi kesehatan dan kebutuhan pengungsi lainnya. Hingga saat ini, pengungsi berjalan lancar berkat keterlibatan aktif kepala desa," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: PVMBG Ungkap Faktor Pemicu Longsor di Cibadak Sukabumi

Abdul Naafi menegaskan bahwa persediaan logistik dan air bersih saat ini masih mencukupi dan MCK tersedia. "Koordinasi pasokan air dilakukan lintas sektor untuk mencegah kendala," katanya.

Dalam hal kesehatan, ia meyakini bahwa kondisi kesehatan sejumlah pengungsi terjamin. Puskesmas secara intensif melakukan pendampingan di lapangan.

Sementara itu, sejumlah pengungsi saat ini masih ditempatkan di Kebon Bolo, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

"Kami menunggu hasil kajian untuk menentukan keputusan terkait relokasi pengungsi. Kami berkomitmen untuk memastikan kondisi mereka semakin baik," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Internasional23 Juli 2024, 19:32 WIB

Mengenal Kimberly Cheatle, Wanita Hebat Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat

Kimberly Cheatle adalah seorang petugas penegak hukum yang telah menjabat sebagai direktur ke-27 Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat
Kimberly Cheatle: Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat | Foto : kob.com