Longsor Timpa Satu Rumah Warga di Nagrak Sukabumi, M Gibran Berhasil Selamat

Selasa 05 Desember 2023, 16:31 WIB
Kondisi rumah warga yang tertimpa longsor di Kampung Cibubuay Desa Darmareja Kecamatan Nagrak Sukabumi | Foto : Ist

Kondisi rumah warga yang tertimpa longsor di Kampung Cibubuay Desa Darmareja Kecamatan Nagrak Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan longsor di Kampung Cibubuay RT 02/01, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (05/12/2023), sekitar pukul 04.00 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miky mengatakan curah hujan yang berlangsung lama menyebabkan tanah longsor dengan panjang 10 meter dan tinggi 15 meter.

"Akibatnya, satu unit rumah warga milik Asep Aria Sudirman, dengan 1 KK meliputi 4 jiwa rusak sedang (dinding samping kiri bangunan jebol). Sehingga kebutuhan mendesak saat ini berupa bronjong, karung dan tedan gulung," katanya.

Baca Juga: Panwaslu Surade Sukabumi Rakor Tahapan Distribusi Logistik Pemilu 2024

Selain itu, sambung Miky, peristiwa tersebut mengakibatkan satu orang mengalami luka-luka, yaitu Susan Kurnia Hidayat, yang merupakan istri dari Asep. "Saat ini sedang pemeriksaan medis dari PKM Girijaya," ujarnya.

Upaya yang telah dilaksanakan, P2BK Nagrak berkoordinasi bersama perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PKM Girijaya dan URC PB Desa Darmareja, untuk assessment ke lokasi kejadian.

"Kondisi saat ini, material longsoran belum dilakukan penanganan, mengingat area masih berpotensi longsor susulan. Adapun pemilik rumah mengungsi di rumah saudaranya," jelasnya.

Kapolres pun meminta jajarannya untuk selalu waspada dalam menghadapi perubahan cuaca yang cukup ekstrem dan mengimbau masyarakat agar berhati-hati terutama pada daerah yang rawan terjadinya bencana alam.

Baca Juga: HUT Korpri, Pj Wali Kota Sukabumi Bicara Soal Fungsi Perekat Persatuan Bangsa

Sementara itu, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan, tiga orang yang selamat dalam peristiwa bencana alam tanah longsor yaitu Ibu Susan (23 tahun), M. Saleh (8 tahun) dan M Gibran (4 tahun), ketiga korban tertimpa longsoran tanah pada saat terjadinya tanah longsor.

"Suami korban pada pagi dini hari, mendengar suara gemuruh tepatnya di dinding rumah yang dekat tebing dan kemudian tanah masuk ke dalam kamar, sehingga menimpa istri dan anaknya yang sedang tertidur, " Ungkap Aah

Kemudian, kata Aah, saat itu kemudian korban meminta bantuan tetangga dan menelpon petugas Bhabinkamtibmas Desa Darmareja.

"Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Darmareja, Koramil beserta unsur terkait beserta masyarakat mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi pertolongan-nya terhadap korban," tuturnya.

Aah menuturkan, bencana tanah longsor tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan satu rumah milik warga jebol pada bagian dinding.

Baca Juga: Viral Wanita Nangis Histeris Dianiaya Ayah di Sukabumi, Pelaku Ditangkap

"Saat ini korban selamat karena menderita luka dan trauma maka dirujuk ke RS Sekarwangi Cibadak, " Ujar Aah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi30 April 2024, 17:54 WIB

DLH Akui Kekurangn Armada Soal Telat Angkut Tumpukan Sampah di Palabuhanratu Sukabumi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabipaten Sukabumi Prasetyo menyebutkan bahwa penyebab tidak terangkutnya sampah tersebut itu di sebabkan oleh kekurangan armada pengangkut sehingga sedikit terhambat.
Kondisi tumpukan sampah di TPSS Kampung Pangsor Lio, RT 01, RW 25, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life30 April 2024, 17:34 WIB

Ajarkan Keterampilan Khusus, Ini 7 Cara Mengajari Anak Agar Tangguh Secara Mental

Dalam membangun kekuatan mental anak, dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Namun dengan komunikasi yang teratur, dan berupaya membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka secara teratur, Anda akan memberikan kekuatan mental.
Ilustrasi anak tangguh secara mental / Sumber : pexels.com/@Allan Mas
Opini30 April 2024, 17:29 WIB

MAY DAY dan Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia

Hari Buruh Internasional atau May Day, memiliki kronologis yang panjang dan kompleks· Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana Hari Buruh Internasional berkembang:
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM / Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi / Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute
Life30 April 2024, 17:27 WIB

6 Kebiasaan Harian yang Merapuhkan Mental Anda Secara Perlahan, Yuk Hindari!

Kebiasaan tertentu rupanya bisa membaut mental seseorang lemah, hancur dan rapuh. Tak ayal kebiasaan ini wajib dihindari agar tidak menghambat kesuksesan.
Ilustrasi. Kebiasaan yang membuat mental rapuh. | Sumber foto : Pexels/Liza Summer
Life30 April 2024, 17:13 WIB

Buat Aturan yang Jelas, Begini 10 Cara Mencegah Masalah Perilaku Pada Anak

Disiplin merupakan tindakan yang sangat penting untuk kehidupan anak. Namun jika anak belum disiplin cobalah tips ini untuk mencegahnya.
Ilustrasi mencegah masalah perilaku pada anak / Sumber : pexels.com/@Nothing Ahead
DPRD Kab. Sukabumi30 April 2024, 17:00 WIB

DPRD Sukabumi Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Bupati TA 2023

DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD kepada Bupati mengenai LKPJ TA 2023.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadiri rapat Paripurna DPRD yang beragendakan penyampaian rekomendasi LKPJ 2023. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Musik30 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, OST Film Ipar Adalah Maut

Berikut Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari, Salah Satu OST Film Ipar Adalah Maut
Lirik Lagu Tak Pantas Mytha Lestari OST Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/MDMusic
Life30 April 2024, 16:30 WIB

9 Sikap Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari yang Membuatmu Semakin Dihormati

Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain.
Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi30 April 2024, 16:09 WIB

Gadis di Kalibunder Sukabumi Hilang Usai Dijemput 2 Pria Tak Dikenal, Keluarga Lapor Polisi

Kasus Ela Nopianti gadis di Kalibunder Sukabumi yang hilang diduga dibawa kabur dua pria tak dikenal itu tengah diselidiki kepolisian.
Foto Ela Nopianti (16 tahun), gadis putus sekolah asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput dua laki-laki tak dikenal. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 April 2024, 16:00 WIB

7 Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk, Ketahui Rekomendasi Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Buah apel. | Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat. Foto: Freepik/@drobotdean