Kamera Tangkap Bayangan Hitam saat Kebakaran 15 Makam di Surade Sukabumi

Selasa 12 September 2023, 10:12 WIB
Tangkapan layar bayangan hitam saat kebakaran TPU Warcikaba di Kampung Warujajar, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 10 September 2023. | Foto: Istimewa

Tangkapan layar bayangan hitam saat kebakaran TPU Warcikaba di Kampung Warujajar, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 10 September 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kejadian mistis muncul di balik kebakaran Tempat Pemakaman Umum (TPU) Warujajar-Cikakak-Babakanbaru (Warcikaba) di Kampung Warujajar, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 10 September 2023.

Penampakan bayangan hitam tertangkap kamera saat proses pemadaman kebakaran tersebut, Minggu malam. Kebakaran terjadi Minggu sekira pukul 17.30 WIB dan api berhasil padam sekira pukul 20.00 WIB. Sedikitnya ada 15 makam yang ikut hangus dalam peristiwa ini.

Ketua Pengurus TPU Warcikaba Dede Jamaludin (53 tahun) awalnya tak menyadari soal bayangan hitam itu. Dede baru mengetahui saat temannya mengirim pesan WhatsApp tangkapan layar video yang memperlihatkan bayangan di antara pohon bambu di lokasi.

"Baru tahu saat teman mengirim pesan screenshot bayangan hitam dari video pemadaman api di TPU. Dia (temannya) bertanya soal bayangan tersebut, saya jawab sambil bercanda mungkin karuhun ikut membantu memadamkan api," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: Kebakaran TPU Warcikaba Surade Sukabumi, 15 Makam Gosong Dilalap Api

Kebakaran terjadi karena diduga pada Minggu sore terdapat peziarah yang membakar daun bambu kering dekat makam sehingga api meluas. Peristiwa ini membuat belasan makam hangus pada nisan. Luas TPU Warcikaba adalah sekitar 1,3 hektare dan yang terbakar 1 hektare.

Dede mengatakan video itu direkam istrinya menggunakan handphone. Kebetulan istrinya saat itu sedang datang bulan. Istri Dede pada esok harinya mengeluhkan sakit badan dan pusing. Dede pun kemudian memperlihatkan tangkapan layar bayangan hitam itu kepada istrinya.

"Malam tadi saat diperlihatkan screenshot (bayangan hitam) kepada istri, dia langsung menangis dan punggungnya dingin. Hampir satu jam menangis. Setelah itu sebisanya dirajah atau dijampe," ujar dia.

Ada 1.350 makam di TPU Warcikaba, namun masih banyak yang belum tercatat karena tak bernama. Bahkan terdapat makam paling tua yang hanya memiliki tulisan tahun pada batu nisan yakni 1815. Di TPU ini juga ada makam Eyang Alinten yang oleh para peziarah disebut syeikh, Eyang Jampang, Eyang Jampang Manggung, atau Eyang Langlangbuana.

"Di makam tersebut tidak ada tulisan tahun dan tulisan lainnya. Dipercaya dan diyakini makam Eyang Alinten merupakan sesepuhnya di makam. Kami tidak bisa memastikan penampakan bayangan hitam itu apa dan siapa. Wallahualam bissawab," kata Dede.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juni 2024, 15:08 WIB

Traffic Light Roboh Belum Ditangani, Bahayakan Penendara di Palabuhanratu Sukabumi

Lampu lalu lintas di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidak berfungsi.
Kondisi traffic light di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juni 2024, 15:05 WIB

Dijuluki Timnas Pusat di Euro 2024, Kisah Pesepak Bola Sukabumi Jadi Kapten Belanda

Salah satu pesepak bola Belanda zaman dulu ternyata berasal dari Sukabumi.
Timnas Belanda di Euro 2024. | Foto: Instagram/@oranje_indonesia
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)
Science18 Juni 2024, 14:13 WIB

Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Pola angin menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.
Kondisi perahu nelayan yang rusak diterjang ombak tinggi di perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 14:00 WIB

2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Ngô Trọng An).
DPRD Kab. Sukabumi18 Juni 2024, 13:40 WIB

Kurban Sapi 500 Kg, Anggota DPRD Sukabumi: Idul Adha Bermakna Keikhlasan Berjuang

Andri menyebut Idul Adha ini adalah momen untuk mengambil hikmah.
Hewan kurban anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana pada Senin, 17 Juni 2024 di Kampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 13:30 WIB

10 Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Dengan mengikuti aturan makan karbohidrat yang sehat, penderita diabetes dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi.
Ilustrasi. Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat18 Juni 2024, 13:00 WIB

7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali.
Ilustrasi - Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).