Jaga Kebersihan Wisata Pantai, Dispar Sukabumi Kolaborasi Bareng Mahasiswa

Rabu 12 Juli 2023, 09:04 WIB
Mahasiswa Ummi menyerahkan tong sampah kepada Dispar Kabupaten Sukabumi dan Pemcam Cisolok. (Sumber : Istimewa)

Mahasiswa Ummi menyerahkan tong sampah kepada Dispar Kabupaten Sukabumi dan Pemcam Cisolok. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata atau Dispar Kabupaten Sukabumi berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk menjaga kebersihan tempat wisata.

Teranyar, Dispar Kabupaten Sukabumi menyambut positif kegiatan corporate social responsibility (CSR) berupa aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) di Pantai Karanghawu Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), Senin 10 Juli 2023.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut para mahasiswa UMMI juga turut menyumbangkan tong sampah yang terbuat dari drum.

Kepala Bidang Destinasi Dispar Kabupaten Sukabumi, Adang Hidayat mengatakan bahwa CSR yang dilakukan oleh UMMI memiliki manfaat yang besar.

"Secara kedinasan mengapresiasi acara yang dilakukan oleh UMMI, secara tidak langsung kegiatan bersih bersih pantai dan penyimpanan tong sampah mempromosikan destinasi wisata yang ada di kabupaten Sukabumi," ujar Adang kepada awak media.

Baca Juga: Dispar: Syukuran Hari Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Adanya hal ini, Adang mengajak para mahasiswa UMMI untuk mengunjungi Geopark Information Center (GIC) di Jalan Raya Cisolok Km. 3 agar mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai CPUGGp. Ia berharap adanya efek domino dari kegiatan ini.

Adang juga berharap agar para mahasiswa dapat mempromosikan CPUGGp kepada masyarakat luas, sehingga pengetahuan dan pemahaman mengenai CPUGGp semakin meluas. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang, kesejahteraan pelaku wisata di Kabupaten Sukabumi juga akan meningkat.

"Dengan demikian, kegiatan CSR yang dilakukan oleh mahasiswa UMMI untuk menjaga kebersihan di tempat pariwisata merupakan langkah yang sangat positif dan berdampak baik bagi Kabupaten Sukabumi," tandasnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Mata Kuliah Etika Bisnis UMMI, Resa Nurmala menjelaskan bahwa CSR ini bukan berasal dari perusahaan umum, tetapi merupakan hasil usaha dari para mahasiswa sendiri.

"Dalam program studi Administrasi Bisnis di UMMI, terdapat mata kuliah Etika Bisnis di mana para mahasiswa mempraktikkan pendirian usaha kecil secara mandiri. Sekitar 2,5 persen dari keuntungan usaha tersebut kemudian dialokasikan sebagai CSR," kata Resa.

Kali ini, Resa menyerahkan tong sampah tersebut di Pantai Karanghawu. Jumlah tong sampah yang disumbangkan mencapai 12 hingga 15 unit. Penyerahan tong sampah dilakukan kepada Dispar Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Kecamatan Cisolok.

"Tong sampah akan ditempatkan di dua lokasi, yaitu Pantai Karanghawu dan Pantai Istana Presiden Citepus. Kedua lokasi tersebut dipilih karena sering dikunjungi oleh wisatawan," ucap Resa.

Menurut Resa, di dua lokasi wisata tersebut diperlukan penempatan tong sampah yang lebih banyak. Selain itu, kegiatan pembersihan pantai juga dilaksanakan oleh para mahasiswa. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Life03 Mei 2024, 10:00 WIB

Tanpa Disadari, 9 Sikap Mandiri Ini Bisa Mmebuatmu Hidup Bahagia dan Dihormati Orang Lain

Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain. (Sumber : pexels.com/@Elliot Ogbeiwi)
Life03 Mei 2024, 09:30 WIB

Simpel Tapi Penting, Ini 7 Etika Ditraktir Orang yang Tidak Boleh Diremehkan

Terkadang seseorang lupa menggunakan etika yang baik saat ditraktir teman. Oleh karenanya penting diperhatikan apa saja yang harus diperhatikan saat ditraktir orang lain.
Ilustrasi. Etika saat ditraktir orang lain. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Cek Fakta03 Mei 2024, 09:08 WIB

Hoaks! Pfizer Minta Maaf Setelah Banyak yang Tewas karena Vaksin Covid-19

Pfizer memohon maaf atas satu twit dari pegawainya yang mempromosikan vaksin saat produk itu belum mendapat izin di Inggris.
(Foto Ilustrasi) Beredar informasi hoaks berisi narasi yang mengeklaim Pfizer memohon maaf terkait vaksin Covid-19 yang mereka buat dan edarkan. | Foto: Pixabay
Sehat03 Mei 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mangga yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.
Ilustrasi - Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi03 Mei 2024, 08:51 WIB

Ditinggal Nonton Timnas vs Irak, Gudang dan Rumah Kebakaran di Purabaya Sukabumi

Adi meninggalkan lokasi pembakaran untuk menonton timnas Indonesia U-23.
Kebakaran gudang dan rumah di Kampung Cigembong RT 34/03 Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Kamis malam, 2 Mei 2024. | Foto: Istimewa