Menhan RI Boyong Sapi Kurban Bobot 1,2 Ton dari Kota Sukabumi

Selasa 27 Juni 2023, 23:49 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto memboyong sapi kurban berukuran monster berbobot 1,2 Ton asal Kota Sukabumi | Foto : Awal

Menhan RI Prabowo Subianto memboyong sapi kurban berukuran monster berbobot 1,2 Ton asal Kota Sukabumi | Foto : Awal

SUKABUMIUPDATE.com - Mentri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memboyong sapi kurban berukuran monster berbobot 1,2 Ton asal Kota Sukabumi. Pemilik menamai sapi kebanggaannya itu dengan nama Berkah.

Diketahui, sapi Monster yang dinamai Berkah itu berkandang di Kampung Tegal Jambu, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Berjenis sapi Simental yang saat ini berusia kurang lebih 3 tahun dengan bobot terakhir mencapai 1,2 Ton.

Pembina kelompok tani Harum 34, Iwan (30 tahun) mengatakan bahwa sapi tersebut merupakan prsanan dari Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Mentri Pertahanan Republik Indonesia.

"Ini memang sapi pesanan Pak Prabowo, kami bersama teman-teman yang lain merawatnya sekitar 6 bulan yang lalu di kandang ini, sebelumnya didatangkan dari Bandung," ujar Iman kepada sukabumiupdate.com di kandang sapi tersebut pada Selasa (27/6/2023).

"Disini kami hanya merawat saja, katanya si dihargai nyampe Rp 200 juta (sapi Berkah)," tambah dia.

Baca Juga: Cerita Gunung Jayanti Sukabumi dan Ramalan Datangnya Ratu ke Tujuh

Mengingat hal tersebut, Iwan juga mengatakan bahwa ia ingin memberikan yang terbaik untuk pak Prabowo, sehingga selain memberikan pakan yang cukup pihaknya juga memastikan kesehatan sapi terswbut dengan cara rutin memberikan vaksin dan vitamin agar sapi itu tetap terjaga kesehatannya.

"Perawatannya memang berbeda dengan sapi pada umumnya, pakannya saja sehari 3 kali, terus rutin di vaksin juga supaya gak kena penyakit," kata dian.

Semwntara itu, ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi drh. Riki Barata mengatakan maksud kedatangannya tersebut untuk memastikan sapi yang di pesan Menhan dalam keadaan sehat.

"Hari ini kita dari DKP3 Kota Sukabumi atas permintaan pemilik sapi yang berlokasi di Kelurahan Situmekar, kita lakukan pemeriksaan. Kita lakukan pemeriksaan sapi ini terkait dengan umur, kondisi sapi, terus terkait cara pemeliharaannya jadi semua kita cek," kata Riki.

Proses pemeriksaan sapi-sapi itu mulai dari pemeriksaan fisik misalnya seperti pengecekan gigi dan kulut, kaki, cara berjalan, nafsu makan dan lain-lain. Berdasarkan hasil pemeriksaannya di lapangan, sapi pesanan Prabowo itu dinyatakan sehat dan layak secara syariat untuk menjadi hewan kurban. 

Baca Juga: Menata Kebaikan, Ayep Zaki Bantu Modal Komunitas Pedagang Asongan Sukabumi

"Alhamdulillah sapi yang dipesan oleh Pak Menhan ini dinyatakan sehat," tutupnya.

Menurutnya juga, sapi tersebut menjadi sapi terbesar yang pernah ia temui saat ini di Kota Sukabumi, dan ia pun menganggap bahwa hal tersebut merupakan satu prestasi yang patut dibanggakan dan harus terus dikembangkan.

"Ya ini salah satu prestasi peternak kita, bisa jadi percontohan para peternak lain di Kota Sukabumi dari sisi bagaimana cara memelihara, kemudian bagaimana sapi ini diperlakukan dan akhirnya benar-benar sapi ini bisa mempunyai bibit unggul, mempunyai fisik yang layak untuk dikurbankan," ucapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Tidak Dihargai

Tantangan-tantangan hidup orang miskin sering kali saling terkait. Akhirnya dapat menciptakan lingkungan yang sulit bagi orang miskin untuk meraih kehidupan yang layak dan dihargai.
Ilustrasi. Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Dihargai (Sumber : pixabay.com/@Mario)
Sukabumi13 Mei 2024, 13:50 WIB

Nyatakan akan Aksi, LSM Tolak Pencabutan UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi

BPJS seharusnya tidak membuat kebijakan yang merugikan masyarakat.
(Foto Ilustrasi) LSM Korek Mas keberatan atas pencabutan status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi. | Foto: Shutterstock
Sehat13 Mei 2024, 13:45 WIB

9 Manfaat Air Lemon, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Cocok Diminum Tiap Hari

Meminum air lemon setiap hari secara rutin ternyata cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi, apalagi kandungan di dalamnya juga memiliki manfaat lain untuk menyehatkan tubuh
Ada 9 manfaat dari air lemon untuk kesehatan tubuh, salah satunya turunkan kadar kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel13 Mei 2024, 13:30 WIB

Usia 0-3 Tahun, 4 Jenis Susu Formula untuk Anak yang Harus Diketahui Bunda

Susu formula adalah alternatif nutrisi yang dirancang khusus untuk memberikan nutrisi yang seimbang bagi anak-anak yang tidak dapat atau tidak mendapatkan ASI.
Ilustrasi. Memberikan Susu Formula untuk Anak (Sumber : Pexels/SarahChai)
Sukabumi13 Mei 2024, 13:20 WIB

Pemkot Sukabumi Rakor Bahas Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Komoditas Strategis

Rakor ini salah satunya membahas perkembangan inflasi nasional.
Pemkot Sukabumi mengikuti vidcon rakor mingguan Kemendagri pada Senin (13/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life13 Mei 2024, 13:15 WIB

Alami Kolesterol Tinggi? Lakukan 5 Cara Ini Agar Bisa Turun Secara Alami

Ternyata kolesterol tinggi bisa diturunkan secara alami dan membuat penderitanya tidak beresiko terkena penyakit kronis.
Jika alami kolesterol tinggi, maka lakukan cara sehat agar kolesterol turun dan lebih sehat. (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Sehat13 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ada beberapa ikan laut rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa ikan laut rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).
Sehat13 Mei 2024, 12:45 WIB

8 Minuman Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Kolesterol tinggi sangat bahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit. Untuk menurunkannya harus dengan berbagai cara, salah satunya bisa mencoba mengonsumsi minuman yang tepat
Ini dia 8 minuman yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : Freepik.com)
Sehat13 Mei 2024, 12:30 WIB

Inilah 3 Tanda Pada Tubuh Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Waspada dan Periksa!

Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Maka dari itu butuh penangan yang tepat. Untuk mengetahuinya pahami beberapa tanda di tubuh
Inilah tanda pada tubuh jika kadar kolesterol tinggi, kenali dan segera periksakan ke dokter. (Sumber : freepik.com)
Inspirasi13 Mei 2024, 12:22 WIB

Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi Berkolaborasi Garap Lahan Pertanian Berkelanjutan

Integrasi Pendidikan dan Pertanian antara Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi.
Integrasi Pendidikan dan Pertanian antara Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi. (Sumber : ipb.ac.id).