DP2KBP3A Tangani 21 Kasus, Begini Kabar Kekerasan Seksual di Citamiang Sukabumi

Kamis 18 Mei 2023, 11:55 WIB
Tersangka kekerasan seksual di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, berinisial OB (41 tahun) saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Sukabumi Kota pada Senin, 8 Mei 2023. | Foto: SU/Asep Awaludin

Tersangka kekerasan seksual di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, berinisial OB (41 tahun) saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Sukabumi Kota pada Senin, 8 Mei 2023. | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi melalui UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) sejak awal tahun hingga April 2023, telah menangani 21 kasus dengan jumlah korban 23 orang. Rinciannya, sembilan perempuan dan 14 anak. Ini disampaikan Kepala UPTD PPA Hendra Susanto pada 16 Mei 2023.

Mengutip website Pemkot Sukabumi, Hendra mengatakan penanganan yang dilakukan pihaknya tidak terlepas dari enam tugas pokok UPTD PPA yakni mengelola pengaduan masyarakat, penjangkauan korban, penanganan kasus, mediasi, pendampingan, dan penampungan sementara. Koordinasi lintas sektoral seperti dengan Polres Sukabumi Kota dan Dinas Sosial Kota Sukabumi juga dilakukan pihaknya dalam setiap penanganan kasus.

Hendra mencontohkan salah satu kasus yang ditangani UPTD PPA beberapa waktu terakhir adalah kekerasan seksual anak di Kecamatan Citamiang. Selain melakukan koordinasi dengan pihak terkait, UPTD PPA dalam penanganan kasus ini pun menyediakan tenaga ahli psikolog untuk mendampingi para korban. Sejauh ini, katanya, masih dilakukan upaya pendekatan kepada keluarga korban agar mereka mau menerima pendampingan UPTD PPA.

Baca Juga: Duda Predator Seks Anak di Citamiang Sukabumi Terancam 15 Tahun Penjara

“Peran utama UPTD PPA menitikberatkan pada pendampingan. Pendampingan dilakukan bukan hanya untuk korban. Salah satu contoh yang sempat ditangani adalah di Citamiang. Kita melakukan langkah sesuai SOP yaitu setelah mendapatkan informasi, kemudian berkoordinasi dengan pihak terkait di antaranya Polres Sukabumi Kota dan Dinas Sosial," kata dia.

Dijelaskan pula, pada setiap kasus, Hendra mengatakan selain memberikan pendampingan untuk pemulihan kondisi psikologis korban, UPTD PPA juga melakukan beberapa pendampingan di antaranya dalam hal pelaporan, visum, dan kesehatan.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP2KBP3A Kota Sukabumi Yani Fitriani mengatakan untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan yang melibatkan anak dan perempuan, pihaknya akan mengunjungi SMP dan SMA untuk memberikan wawasan kepada pelajar mengenai early warning system atau sistem deteksi dini terhadap perilaku kekerasan seksual.

Diketahui, kasus kekerasan seksual terbaru dilakukan duda berinisial OB (41 tahun) di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Dia diduga melakukan pencabulan terhadap lima anak yang saat kejadiannya masih di bawah umur. Kini, OB sudah ditahan di Polres Sukabumi Kota.

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita