Ditahan Gegara Mobil Rental, Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi Dicopot dari Jabatan

Kamis 30 Maret 2023, 20:50 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily. (Sumber : Instagram @ace.hasan.syadzily)

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily. (Sumber : Instagram @ace.hasan.syadzily)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi Jona Arizona dicopot dari jabatannya. Pencopotan pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi itu karena tersandung kasus dugaan penggelapan mobil rental yang kini sedang ditangani Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi Kota.

Kabar pencopotan itu disampaikan langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily dalam keterangan yang diterima sukabumiupdate.com, Kamis (30/3/2023). Menurut Ace, DPD Partai Golkar Jawa Barat prihatin atas kasus yang dilakukan Jona Arizona.

"Setelah pihak kepolisian mengeluarkan surat penahanan kepada Ybs (yang bersangkutan), kami langsung memberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi," kata Ace.

Ace mengatakan, apa yang dilakukan Jona sangat mencoreng nama Partai Golkar. Dirinya pun mendukung penuh proses hukum yang saat ini sedang dilakukan oleh polisi atas kasus penggelapan mobil rental tersebut.

"Tindakan Ybs tidak mencerminkan seorang Ketua Partai Golkar yang seharusnya menunjukan perilaku yang baik. Kami mendukung langkah penegak hukum untuk melakukan proses hukum kepada Ybs," tegasnya.

Baca Juga: Gara-gara Mobil Rental, Polisi Periksa Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi

Anggota DPR RI itu juga mengungkapkan Partai Golkar tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Jona. Sebab apa yang dilakukan Jona bukan dalam kapasitasnya sebagai kader Partai Golkar.

"Apa yang dilakukan Ybs bukan dalam kapasitasnya sebagai Ketua Golkar Kota Sukabumi, tapi sebagai pribadi. Oleh karena itu, kami tidak bertanggung-jawab atas apa yang dilakukannya," ujarnya.

Usai mencopot Jona Arizona sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, Ace kemudian menunjuk Phinera Wijaya untuk mengemban jabatan Plt Ketua DPD.

"DPD Partai Golkar Jawa Barat telah menunjuk Plt Ketua, Sdr Phinera Wijaya, untuk menjalankan tugas kepartaian di Kota Sukabumi," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, gara-gara Mobil Rental, Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Jona Arizona (42 tahun) diperiksa oleh polisi.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi itu kini diamankan bersama seorang pria berinisial H (34 tahun) oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi Kota atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan satu unit mobil jenis Mitsubishi Pajero milik sebuah rental mobil di Cijagra, Kota Bandung.

Keduanya ditahan polisi usai memenuhi panggilan kedua dari Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota, terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan di Mapolres Sukabumi Kota, Jumat 24 Maret 2023 malam.

“Polres Sukabumi Kota, dalam hal ini Sat Reskrim berhasil mengamankan dua terduga pelaku kasus penipuan dan penggelapan Satu unit mobil milik sebuah rental mobil di Cijagra Bandung. Kedua terduga pelaku berinisial JA (Jona Arizona) dan H," ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin kepada awak media, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: AKBP Sy Zainal Abidin Bakal Tinggalkan Polres Sukabumi Kota, Ini Penggantinya

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, lanjut Zainal, modus yang dilakukan terduga pelaku Jona Arizona awalnya menyewa mobil Pajero dengan biaya sewa Rp 6 juta per Minggu dan sudah berjalan selama lima bulan. Kemudian setelah lima bulan berlalu, korban meminta mobilnya untuk dikembalikan.

"Setelah 5 bulan penyewaan, korban meminta kendaraannya kepada JA untuk kepentingan service berkala, akan tetapi tidak mendapatkan jawaban hingga korban pun mendatangi JA di Sukabumi dan mengetahui bahwa mobil yang disewakan tersebut telah digadai JA melalui H kepada orang lain yang saat ini masih dalam pencarian," ujarnya.

Dari kasus dugaan penipuan dan penggelapan satu unit mobil rental tersebut, Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota mengamankan barang bukti berupa 1 lembar pemesanan sewa mobil, 1 lembar data survey penyewa kendaraan mobil serta satu lembar surat keterangan leasing.

Hingga saat ini Jona Arizona dan H masih diamankan di Mapolres Sukabumi Kota untuk menjalani proses penyidikan. Atas perbuatannya, kedua terduga pelaku terancam pasal 378 Jo 372 KUHP dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy