Dago City Light, Wajah Baru Balai Kota Sukabumi! Intip 4 Fakta Sejarahnya

Rabu 19 Oktober 2022, 17:58 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Proses pembangunan kawasan pedestrian Balai Kota Sukabumi selesai. Wajah baru Balai Kota akan segera diresmikan oleh pemerintah daerah, dengan icon Dago City Light.


Program ini, memang tak hanya menata jalan dan trotoar di depan Balai Kota, tapi juga menyentuh kawasan pedestrian Dago atau jalan Juanda Kota Sukabumi yang lebih dulu dibangun.


Setelah pedagang kaki lima kuliner di pindahkan, kawasan ini terus dipercantik sebagai ruang publik dengan konsep pedestrian. Kekinian, Dago dan Balai Kota disulap menjadi kawasan City Light, yang tak hanya nyaman saat siang hari tapi juga indah saat malam menyelimuti Kota sukabumi.


Lampu warna-warni akan menjadi daya tarik utama kawasan Dago saat malam tiba. Dari bawah di pertigaan Martadinata hingga ke atas menuju Balai Kota Sukabumi.


Seluruh batang pohon di kanan kini kawasan Dago kini diberi lampu penerang. Wali Kota Achmad Fahmi bahkan sudah membocorkan landmark baru Kota Sukabumi ini melalui akun-akun media sosial sejak beberapa hari lalu.


Akun tersebut juga membagikan video reels saat malam hari tepat di depan balai kota sehingga city light Kota Sukabumi terlihat secara langsung.


"Secepatnya akan diresmikan bro," ucap Fahmi singkat saat dikonfirmasi sukabumiupdate.com, soal wajah baru Balai Kota dan kawasan dago ini, Rabu (19/10/2022).


Warna warni Balai Kota Sukabumi dalam konsep Dago City Light | akun instagram  @sukabumicitycom
Warna warni Balai Kota Sukabumi dalam konsep Dago City Light | akun instagram @sukabumicitycom


Apa sih city light?


City Light adalah gabungan kata dalam bahasa inggris yang terdiri dari dua kata yaitu "city" dan "light". City berarti "kota", sedangkan light artinya adalah "lampu/cahaya".  Jadi, ketika dua kata ini digabung maka city light artinya lampu/cahaya kota.

City Light atau cahaya kota menjadi pendamping bintang dan bulan yang menyinari bumi di malam hari.  Sehingga, light atau cahaya dalam diksi "city light" akan kamu nikmati secara sempurna saat malam hari tiba. 


CIty Light amat sangat dikagumi atau dinikmati oleh para pecinta panorama malam. Kesan hidup dari sorotan sinar dari city light ini mampu menambah keindahan kota yang sulit ditemukan di siang hari.


Balai Kota Sukabumi


Balai Kota Sukabumi adalah kantornya Wali Kota yang ternyata menjadi salah satu aset bangunan bersejarah, heritage. Yuk, simak sejarah balai kota sukabumi berikut, menurut situs resmi Portal Sukabumi Kota!


1. Balai Kota Sukabumi Bermula Dari Gedung Sewaan


Tahun 1914 merupakan awal terbentuknya Gemeente Sukabumi (Wilayah Administratif Sukabumi).

Pada masa ini, diketahui Kota Sukabumi tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membangun gedung sendiri, sehingga Gemeente Sukabumi harus menyewa bangunan atau menumpang di tempat lain.

Seiring  berjalannya waktu, akhirnya pada bulan Juli 1925, Gemeente Sukabumi memilih G.F. Rambonnet sebagai Burgemeester pertama.


2. Balai Kota Sukabumi Dahulu Milik Pengusaha Bernama Lie Ek Tong


Di tahun yang sama (1925), tepatnya di bulan Oktober, Gemeente Sukabumi menyewa sebuah bangunan besar milik seorang Pengusaha Tionghoa bernama Lie Ek Tong. Bangunan tersebut terletak di Tjikoleweg Nomor 23.


Tujuan penyewaan tersebut adalah sebagai tempat kegiatan operasional Staf Gemeente Sukabumi untuk sementara waktu.

Bangunan yang disewa ini berbentuk gepleisterd billiken gebouw atau bilik dengan plesteran, yang sebagai door de Gemeente Sukabumi Gebruikt als Gemeentehuis atau Balai Kota.


3. Balai Kota Sukabumi Dibeli Saat Resesi Ekonomi 1932 Seharga 12.600 Gulden


Pada tahun 1932 indonesia mengalami resesi ekonomi. Resesi ekonomi yang terjadi mengakibatkan Pengusaha Lie Ek Tong bangkrut.


Pengusaha Lie Ek Tong akhirnya memutuskan untuk menjual bangunan yang digunakan Gemeente Sukabumi. Bangunan ini dijual kepada Gemeente Sukabumi dengan biaya sebesar 12.600 Gulden atau saat ini 12.600 Gulden setara dengan Rp. 108,884,902.76 (sumber: google). 


4. Pembangunan Balai Kota Sukabumi Dibantu Oleh Berbagai Sektor


Balai Kota Sukabumi dibangun selama dua tahun sejak 1932  sampai dengan 1934 sebelum akhirnya diresmikan.

Pembangunan ini dilaksanakan saat resesi ekonomi sehingga sumber daya dan sumber dana pun terbatas.


Balai Kota Sukabumi dalam masa pembangunannya telah melibatkan berbagai sektor seperti adanya sumbangan jam listrik dari perusahaan Gebeo (saat ini PLN) dan lambang Gemeente Sukabumi yang dihadiahkan oleh Braat NV.


Lambang tersebut kini terletak di pintu masuk Balai Kota Sukabumi. Pada tanggal 22 Februari 1934, Burgemeester G.F. Rambonnet kemudian meresmikan Gemeentehuis atau yang sekarang disebut sebagai Balai Kota Sukabumi.


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Nida Salma Mardiyyah

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 07:30 WIB

Buat Diri Sendiri Bahagia, Ini 15 Ide Kegiatan Me Time untuk Self Reward

Pilih film atau serial yang sudah lama ingin kamu tonton sebagai self reward. Siapkan camilan favorit dan nikmati waktu di depan layar untuk membuat diri sendiri bahagia.
Ilustrasi. Membaca buku. Buat Diri Sendiri Bahagia, Contoh Ide Kegiatan Me Time untuk Self Reward (Sumber : Pixabay/Pexels)
Sehat24 Juli 2024, 07:00 WIB

Diet Sehat, Ini 7 Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak

Diet Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak. Pastikan anak mendapatkan kalsium dari berbagai sumber untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
Ilustrasi. Asupan Tinggi Kalsium untuk Anak (Sumber : Pixabay/Miriam-Fotos)
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).