Dipecat Gegara Kasus Narkoba, Oknum Panwascam Cibadak Sukabumi Diganti

Jumat 16 Juni 2023, 11:22 WIB
Pelantikan dan pengambilan sumpah PAW Panwascam Cibadak di Aula Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 15 Juni 2023. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Pelantikan dan pengambilan sumpah PAW Panwascam Cibadak di Aula Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 15 Juni 2023. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi memecat Ketua dan Bendahara Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Cibadak berinisial MZD dan ASH lantaran terjerat kasus narkoba jenis sabu. Bawaslu selanjutnya melakukan Penggantian Antarwaktu (PAW) terhadap dua orang tersebut.

Nama Raphael Supratman muncul sebagai pengganti MZD. Pelantikan dan pengambilan sumpah Raphael dilaksanakan di Aula Kecamatan Cibadak, Kamis, 15 Juni 2023. Raphael tak otomatis menjadi Ketua Panwascam Cibadak karena pemilihan Ketua Panwascam Cibadak yang baru akan ditentukan oleh mekanisme rapat pleno Panwascam Cibadak.

"Bawaslu telah melaksanakan PAW yaitu saudara Raphael Supratman menggantikan anggota sebelumnya yang tersandung kasus narkoba," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto kepada awak media.

Sementara untuk penggantian Bendahara Panwascam Cibadak berinisial ASH yang juga terjerat kasus yang sama, Teguh mengatakan saat ini baru tahap pengusulan nama pengganti dari pihak Kecamatan Cibadak kepada Bawaslu. Terkait mekanisme PAW bendahara selanjutnya diserahkan kepada kebijakan kesekretariatan Panwascam Cibadak.

"Rekomendasi nama dari pihak kecamatan sudah sampai ke Bawaslu. Bawaslu kembalikan ke kesekretariatan untuk proses penggantian," ujar Teguh.

Baca Juga: Oknum Panwascam Terjerat Narkoba, DPRD Sukabumi: Berbahaya untuk Pelaksanaan Pemilu

Teguh mengungkapkan kasus nakroba ini menjadi catatan bagi Bawaslu sebagai lembaga pengawas yang harus benar-benar menjaga kepercayaan masyarakat. Teguh menyebut keputusan PAW menjadi bentuk upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat. "Kami menyatakan siap melaksanakan pengawasan pada pemilu 2024," katanya.

Sekretaris Kecamatan Cibadak H Ece Misbah mengucapkan selamat bertugas kepada anggota Panwascam Cibadak yang baru dilantik dan berharap dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Ece meminta Raphael melaksanakan tugas secara jujur, disiplin, dan sesuai peraturan yang ditetapkan. Dia berpesan jangan sampai kasus serupa kembali terjadi.

"Untuk calon bendahara baru, kami telah panggil yang bersangkutan. Kami juga berikan warning agar tidak terjadi kejadian serupa," ujar Misbah yang menyebut nama calon bendahara pengganti adalah Nurman. "Pak Nurman, beliau adalah staf di Kecamatan Cibadak," katanya.

Rhapael Supratman menyatakan kesiapannya menjalankan tugas menjadi pengawas pesta demokrasi 2024. "Mudah-mudahan bergabungnya saya dengan teman-teman komisioner Panwaslu Cibadak, bisa meng-clear-kan kembali marwah Panwaslu Cibadak," ujarnya.

Terkait penentuan Ketua Panwascam, Raphael memastikan dalam waktu dekat akan melaksanakan pleno. "Ke depannya Panwaslu Cibadak harus bekerja lebih keras. Kami harus menunjukkan Panwaslu Cibadak berintegritas dalam pengawasan pemilu," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Polres Sukabumi menangkap bandar narkoba berinisial FJ dan tiga orang yang merupakan pengguna narkoba jenis sabu yaitu MZD, ASH, dan EP. Penangkapan dan pengungkapan kasus ini berawal dari masuknya informasi soal keberadaan bandar narkoba melalui layanan hotline pada 4 Juni 2023.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Mei 2024, 15:03 WIB

Jadi Spot Favorit Berfoto, Pohon Loa Tua Di Curug Sodong Sukabumi Simpan Cerita Mistik

Pohon Loa tua dengan diameter 3 meter, tinggi sekitar 20 meter, yang berdiri area Curug Sodong, Desa Ciwaru Sukabumi, selain jadi peneduh, juga menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto.
Pohon Loa tua di Curug Sodong Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 15:00 WIB

7 Cara Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diterapkan Orang Tua

Selama tahun pertama si kecil, kemampuan bahasanya akan berkembang pesat. Dan inilah cara mendorong bayi untuk lebih banyak berbicara.
Ilustrasi - meningkatkan atau mendorong perkembangan bahasa pada bayi. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov).
Life12 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Cara Melatih Kesabaran Anak Agar Bermental Kuat Saat Tumbuh Dewasa

Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti.
Ilustrasi - Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti. (Sumber : Pexels/Matilda Wormwood).
DPRD Kab. Sukabumi12 Mei 2024, 14:26 WIB

Apresiasi Geopark Ciletuh Run 2024, DPRD Sukabumi: Berdampak ke Ekonomi Masyarakat

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengapresiasi perhelatan Geopark Ciletuh Run 2024, yang digelar hari ini, Minggu, (12/5/ 2024) di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.
Andri Hidayana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi saat hadir dalam acara Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 14:00 WIB

Sering Disepelekan Orang Tua, 5 Dampak Buruk Sering Berbohong kepada Anak

Kebiasaan berbohong kepada anak sesungguhnya tidak baik dalam masa asuhnya. Bahkan cenderung memiliki bahaya yang efeknya tergolong negatif.
Ilustrasi - Kebiasaan berbohong kepada anak sesungguhnya tidak baik dalam masa asuhnya. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production).
Life12 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Manfaat Bermain Sendiri untuk Anak-Anak yang Bantu Menumbuhkan Imajinasi

Ketika anak bermain sendiri, hal ini akan membangun keterampilan serta kemandirian dan meningkatkan kreativitas mereka.
Ilustrasi - Imajinasi selalu bergerak ketika orang tua mendorong anaknya untuk bermain sendiri. (Sumber : Pexels.com/@Polesie Toys).
Life12 Mei 2024, 13:15 WIB

Terbelenggu dalam Kesengsaraan: 10 Gaya Hidup Orang Miskin yang Bikin Sulit Kaya

Ada beberapa gaya hidup orang miskin yang membuatnya sulit kaya.
Ilustrasi - Ada beberapa gaya hidup orang miskin yang membuatnya sulit kaya. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio)
Sukabumi12 Mei 2024, 13:08 WIB

600 Peserta Meriahkan Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi ini diikuti oleh 600 peserta yang berasal dari berbagai daerah
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat melepas 600 peserta Geopark Ciletuh Run 202, Minggu (12/5/2024) | Foto : Dokpim
Sehat12 Mei 2024, 13:00 WIB

Tetap Bisa Makan Enak, 7 Makanan Rendah Purin yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@Vanessa Loring).
Jawa Barat12 Mei 2024, 12:33 WIB

Anggota DPRD Jabar Hasim Adnan Tinjau Jembatan Rusak di Curugkembar Sukabumi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasim Adnan akan mendorong anggaran pemprov Jawa Barat untuk perbaiki Jembatan Cibodas rusak di Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan saat meninjau jembatan Cibodas Curugkembar Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist