Dipecat Gegara Kasus Narkoba, Oknum Panwascam Cibadak Sukabumi Diganti

Jumat 16 Juni 2023, 11:22 WIB
Pelantikan dan pengambilan sumpah PAW Panwascam Cibadak di Aula Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 15 Juni 2023. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Pelantikan dan pengambilan sumpah PAW Panwascam Cibadak di Aula Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 15 Juni 2023. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi memecat Ketua dan Bendahara Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Cibadak berinisial MZD dan ASH lantaran terjerat kasus narkoba jenis sabu. Bawaslu selanjutnya melakukan Penggantian Antarwaktu (PAW) terhadap dua orang tersebut.

Nama Raphael Supratman muncul sebagai pengganti MZD. Pelantikan dan pengambilan sumpah Raphael dilaksanakan di Aula Kecamatan Cibadak, Kamis, 15 Juni 2023. Raphael tak otomatis menjadi Ketua Panwascam Cibadak karena pemilihan Ketua Panwascam Cibadak yang baru akan ditentukan oleh mekanisme rapat pleno Panwascam Cibadak.

"Bawaslu telah melaksanakan PAW yaitu saudara Raphael Supratman menggantikan anggota sebelumnya yang tersandung kasus narkoba," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto kepada awak media.

Sementara untuk penggantian Bendahara Panwascam Cibadak berinisial ASH yang juga terjerat kasus yang sama, Teguh mengatakan saat ini baru tahap pengusulan nama pengganti dari pihak Kecamatan Cibadak kepada Bawaslu. Terkait mekanisme PAW bendahara selanjutnya diserahkan kepada kebijakan kesekretariatan Panwascam Cibadak.

"Rekomendasi nama dari pihak kecamatan sudah sampai ke Bawaslu. Bawaslu kembalikan ke kesekretariatan untuk proses penggantian," ujar Teguh.

Baca Juga: Oknum Panwascam Terjerat Narkoba, DPRD Sukabumi: Berbahaya untuk Pelaksanaan Pemilu

Teguh mengungkapkan kasus nakroba ini menjadi catatan bagi Bawaslu sebagai lembaga pengawas yang harus benar-benar menjaga kepercayaan masyarakat. Teguh menyebut keputusan PAW menjadi bentuk upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat. "Kami menyatakan siap melaksanakan pengawasan pada pemilu 2024," katanya.

Sekretaris Kecamatan Cibadak H Ece Misbah mengucapkan selamat bertugas kepada anggota Panwascam Cibadak yang baru dilantik dan berharap dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Ece meminta Raphael melaksanakan tugas secara jujur, disiplin, dan sesuai peraturan yang ditetapkan. Dia berpesan jangan sampai kasus serupa kembali terjadi.

"Untuk calon bendahara baru, kami telah panggil yang bersangkutan. Kami juga berikan warning agar tidak terjadi kejadian serupa," ujar Misbah yang menyebut nama calon bendahara pengganti adalah Nurman. "Pak Nurman, beliau adalah staf di Kecamatan Cibadak," katanya.

Rhapael Supratman menyatakan kesiapannya menjalankan tugas menjadi pengawas pesta demokrasi 2024. "Mudah-mudahan bergabungnya saya dengan teman-teman komisioner Panwaslu Cibadak, bisa meng-clear-kan kembali marwah Panwaslu Cibadak," ujarnya.

Terkait penentuan Ketua Panwascam, Raphael memastikan dalam waktu dekat akan melaksanakan pleno. "Ke depannya Panwaslu Cibadak harus bekerja lebih keras. Kami harus menunjukkan Panwaslu Cibadak berintegritas dalam pengawasan pemilu," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Polres Sukabumi menangkap bandar narkoba berinisial FJ dan tiga orang yang merupakan pengguna narkoba jenis sabu yaitu MZD, ASH, dan EP. Penangkapan dan pengungkapan kasus ini berawal dari masuknya informasi soal keberadaan bandar narkoba melalui layanan hotline pada 4 Juni 2023.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)