TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Peneliti Temukan Fakta Mengerikan Memungut Makanan yang Jatuh ke Lantai

Minggu 24 Apr 2022, 10:15 WIB
Peneliti Temukan Fakta Mengerikan Memungut Makanan yang Jatuh ke Lantai

SUKABUMIUPDATE.com - Orang Indonesia pasti tidak asing dengan istilah ‘belum lima menit’. Istilah tersebut biasanya digaungkan saat memungut makanan yang belum lama jatuh ke lantai dan dianggap masih layak untuk dikonsumsi.

Padahal dibaliknya ada sebuah fakta mengerikan yang mana dapat membahayakan kesehatan.

photoIlustrasi Anak Kecil Memainkan Makanan di Lantai - (Freepik)</span

Melansir dari suara.com, Guru Besar Universitas Bina Nusantara Prof. Ingrid S. Surono, MSc, Ph.D., mengingatkan jangan pernah mengonsumsi makanan yang telah jatuh walaupun belum lima menit, bahkan meski baru beberapa detik sekalipun.

Mengapa? Karena para ilmuwan di Universitas Clemson, Amerika Serikat, pernah melakukan penelitian pada 2006 terkait jumlah bakteri dan kuman yang menempel pada makanan saat jatuh. Mereka memakai tiga jenis lantai, yakni karpet, keramik, dan kayu

"Peneliti ini menginokulasikan salmonella ke keramik kemudian menempelkan makanan selama 5 detik. Ternyata 99 persen kuman salmonella itu nempel semua. Kalau 5 menit kuman pasti sudah berkembangbiak," papar prof Ingrid dalam webinar Indonesia Hygiene Forum (IHF) beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan bahwa gizi dalam makanan menjadi sumber berkembangbiak bagi mikroba seperti kuman. Oleh sebab itu, mereka dapat bertambah banyak walaupun hanya dalam hitungan menit.

Penelitian juga menemukan lama waktu bertahannya kuman pada setiap jenis lantai. Prof. Ingrid mengatakan, mikroba paling bertahan lama dengan jumlah yang banyak pada lantai karpet.


Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini