Sering Salah Sebut, Tipes dan Tifus Itu Ternyata Berbeda

Kamis 24 Februari 2022, 19:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tipes atau demam tifoid adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh orang Indonesia. Namun, barangkali Anda juga sering mendengar seseorang didiagnosis menderita tifus. Sebagian besar orang beranggapan bahwa keduanya sama. Faktanya, tipes dan tifus adalah dua penyakit yang berbeda.

Melansir dari tempo.co, tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyebarannya melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang. Penularannya juga bisa melalui orang lain yang terinfeksi bakteri tersebut. Biasanya, anak kecil lebih rentan terkena penyakit tipes karena daya tahan tubuhnya cenderung lemah dan belum bisa menjaga kebersihan dengan baik saat makan.

photopenyakit tifus disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi atau R. Prowazekii dari kutu atau tungau pada tikus, kucing, maupun hewan lain kemudian menginfeksi manusia. - (via dermatologyadvisor.com)</span

Berbeda dengan tipes, penyakit tifus disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi atau R. Prowazekii. Bakteri ini dibawa oleh ektoparasit seperti kutu atau tungau pada tikus, kucing, maupun hewan lain kemudian menginfeksi manusia.

Selain disebabkan oleh bakteri yang berbeda, tipes dan tifus juga memiliki gejala yang berbeda. 

Melansir dari Passport Health, berikut gejala yang dialami oleh seseorang yang menderita tipes dengan tifus di antaranya:

Tipes atau demam tifoid: Sakit perut, ruam pada permukaan kulit, demam tinggi, batuk, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, mual, kedinginan, lemas dan lesu, tekanan darah rendah, nafsu makan menurun.

Tifus: Nyeri perut, agitasi, tinja berdarah, menggigil, kebingungan, delirium, halusinasi, kelelahan, mengalami mimisan.

Mengutip dari Hospitality Health, gejala tifus biasanya datang secara tiba-tiba. Sedangkan gejala pada demam tifoid atau penyakit tipes cenderung muncul secara bertahap selama beberapa hari bahkan beberapa minggu setelah terpapar bakteri.

Penderita tipes biasanya mengalami gejala yang terkadang hilang dan muncul lagi.

Baca Juga :

Pengobatan, Pencegahan, dan Penyebaran

Pengobatan penyakit tifus adalah menggunakan cairan dan elektrolit serta antibiotik tingkat rendah. Sedangkan pencegahan tifus lebih sulit daripada tipes. Yaitu membutuhkan berbagai cara untuk mengusir hewan pembawa bakteri. Selain itu, seseorang juga harus menjaga kebersihan.

Pengobatan penyakit tipes adalah antibiotik dan beberapa pasien memerlukan cairan intravena serta oksigen. Sedangkan pencegahan bisa dilakukan melalui vaksinasi dan menghindari makanan dan minuman dari sumber yang berkemungkinan terkontaminasi. Menjaga kebersihan juga perlu dilakukan.

Penyebaran kedua jenis penyakit ini juga berbeda. Tifus tidak menyebar dari orang ke orang. Terdapat tiga jenisnya, yaitu epidemik yang disebarkan oleh kutu tubuh, endemik yang disebabkan oleh kutu kucing atau tikus, dan scrub tifus yang disebarkan oleh tungau.

Sementara tipes dapat menyebar dari orang ke orang. Begitu memasuki tubuh seseorang, bakteri akan berkembang biak dengan cepat dalam aliran darah. Seseorang yang menderita tipes bisa menularkan penyakit kepada orang lain, bahkan ketika mereka tidak menunjukkan gejala apapun.

Sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)