Selain Protein, Tahu Juga Kaya Kalsium, dan 6 Nutrisi Penting

Jumat 29 Mei 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tahu salah satu lauk pauk favorit banyak orang. Dilansir dari tempo.co, meski harganya murah di pasaran, tahu memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam dan tentu sangat dibutuhkan untuk tubuh. 

Tahu dipercaya sebagai makanan yang menyehatkan karena kandungan nutrisinya sangat tinggi dan rendah kalori. Banyak studi yang membuktikan bahwa kandungan tahu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), hingga meredakan gejala menopause. Sebab itu, mari kenali kandungan tahu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Beragam kandungan tahu, lauk yang mudah dijumpai

1. Protein

Tahu dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik. Tidak heran kalau vegan dan vegetarian yang tidak mengonsumsi daging, sangat suka menyantap tahu untuk mendapatkan kandungan proteinnya. Dalam 122 gram tahu, terdapat 15,57 gram protein. Banyak orang yang lantas mengonsumsi tahu untuk memenuhi kebutuhan harian protein mereka.

Protein sangatlah dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, tubuh juga membutuhkan protein untuk memproduksi enzim dan hormon. Protein pun memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang, otot, kulit, dan sel darah.

2. Kalsium

Dalam 122 gram kandungan tahu, terdapat 421 miligram kalsium. Zat mineral yang satu ini sangat dibutuhkan tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan tahu yang satu ini sangat diperlukan berbagai organ tubuh untuk berfungsi dengan baik. Mulai dari jantung, otot, hingga tulang. Beberapa penelitian bahkan membuktikan bahwa kalsium, dibarengi dengan konsumsi vitamin D, bisa menjaga tubuh dari kanker, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

3. Magnesium

Magnesium adalah kandungan lain dari tahu yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam 122 gram tahu, terdapat 65 miligram magnesium. Zat mineral ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari berperan dalam ratusan reaksi biokimia dalam tubuh, meningkatkan performa olahraga, mencegah depresi, mengatasi diabetes tipe 2, menurunkan tekanan darah, mencegah peradanngan maupun migrain.

4. Zat besi

Masih dari golongan mineral, kali ini ada zat besi yang dimiliki kandungan tahu. Dalam 122 gram tahu, terdapat 3,35 miligram zat besi. Zat besi berperan penting dalam memproduksi energi, membuat Anda lebih fokus, menjaga fungsi sistem imun tubuh, serta menjaga suhu tubuh. Lebih dari itu semua, zat besi membantu produksi sel darah merah, yang melancarkan perjalanan oksigen di dalam darah.

5. Fosfor

Fosfor mungkin tidak sepopuler zat besi atau kalsium. Namun zat mineral ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam 122 gram tahu, terdapat 282 miligram fosfor. Manfaat fosfor sangatlah beragam, di antaranya menjaga kesehatan gigi, mengelola energi yang digunakan tubuh, meredakan nyeri otot setelah berolahraga, membuang racun dan limbah tubuh dari ginjal, serta memperbaiki jaringan tubuh.

6. Kalium

Kalium atau potasium adalah salah satu zat mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh. Fungsinya banyak, mulai dari menjaga kadar cairan tubuh, kontraksi otot, dan sinyal saraf. Mengonsumsi makanan berkalium tinggi bisa mencegah tekanan darah tinggi, stroke, hingga osteoporosis. Dalam 122 gram tofu, terdapat sekitar 178 miligram kalium.

7. Zinc

Tubuh tidak bisa memproduksi zinc. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti tahu. Zinc memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari meningkatkan kinerja sistem imun tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi risiko penyakit lanjut usia (lansia), mengobati jerawat, hingga mengurangi peradangan dalam tubuh. Dalam 122 gram tahu, terdapat 2 miligram zinc . Itulah sebabnya, kandungan tahu sangat penting.

8. Folat

Folat adalah salah satu vitamin B yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah putih dan sel darah merah di sumsum tulang. Zinc juga berperan mengubah karbohidrat menjadi energi, dan memproduksi DNA serta RNA. Dalam 122 gram tahu, terdapat 27 mikrogram folat di dalamnya.

Meski kaya nutrisi dan aman dikonsumsi setiap hari, beberapa orang dengan kondisi medis seperti tumor payudara dan masalah tiroid harus mengurangi porsi tahu dalam dietnya. Hal ini karena tahu memengaruhi produksi hormon. Sehingga, pengidap tumor payudara yang sensitif terhadap hormon estrogen, diharapkan untuk bisa membatasi porsi tahu. Kedua, orang dengan masalah tiroid juga harus mengurangi porsi tahu karena tahu mengandung goitrogen, yang bisa mengganggu produksi hormon tiroid.

Selain itu, bayi di bawah satu tahun sebaiknya tidak mengonsumsi tahu, karena kandungan tahu memiliki isoflavon kedelai, yang bisa mengganggu perkembangan organ reproduksi.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)
Life26 April 2024, 11:13 WIB

Ini 5 Cara untuk Mengajari Anak Berpikir Sendiri, Salah Satunya Berikan Contoh

Mengambil langkah mundur dan membiarkan anak-anak berpikir sendiri mungkin merupakan tugas yang sulit bagi orang tua.
Ilustrasi mengajari anak berpikir sendiri. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 11:03 WIB

Perhatikan Dampaknya, Terapkan 6 Cara Ini untuk Mengajari Anak Bersikap Baik

Mengajarkan Anak tentang kebaikan merupakan hal yang sangat penting agar mereka memiliki rasa empati terhadap sesama.
Ilustrasi anak bersikap baik. | Foto: Freepik/@freepik
Aplikasi26 April 2024, 11:00 WIB

Mudah dan Gak Perlu Ribet! 3 Cara Menambahkan Tanda Tangan Online di PDF

Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF. (Sumber : Freepik.com).
Life26 April 2024, 10:43 WIB

Tetapkan Peraturan, Terapkan 5 Tips Berikut untuk Mengasuh Anak Keras Kepala

Mengasuh anak yang berkemauan keras terkadang bisa menjadi tantangan. Namun inilah yang direkomendasikan para ahli untuk membantu hubungan Anda dengan anak Anda berkembang.
Ilustrasi anak keras kepala. | Foto: Freepik/@stocking