Pakai Hand Sanitizer untuk Cegah Corona Covid-19, Berapa Lama Efektifnya?

Senin 16 Maret 2020, 01:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Demi mencegah penularan virus corona Covid-19, kebanyakan orang selalu sedia hand sanitizer ketika berpergian. Dilansir dari suara.com, karena ahli telah menyarankan selalu menjaga kebersihan tangan untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri.

Faktanya, penyebaran virus corona Covid-19 yang mematikan telah membuat penjualan gel hand sanitizer pun meningkat. Ada banyak toko yang mulai kehabisan dan harus menyimpan produk kebersihan.

Sebab orang-orang mulai menyimpan produk kebersihan seperti tisu, hand sanitizer, masker, sabun dan lainnya demi melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Tetapi dilansir dari The Sun, banyak orang tidak memperhitungkan tanggal kadaluwarsa pada hand sanitizer dan tak paham kondisi produk masih layak digunakan atau tidak.

Ternyata, hand sanitizer mulai akan kehilangan efektivitasnya membunuh kuman dan bakteri ketika kita sudah membuka segelnya.

Karena, alkohol di dalamnya menguap seiring berjalannya waktu setelah dibuka. Setelah itu, alkohol akan turun di bawah 60 persen, yang artinya tidak efektif lagi membunuh kuman.

Namun, Anda tidak perlu takut dan khawatir. Para ahli mengatakan hand sanitizer biasanya akan berkurang efektivitasnya dalam membunuh kuman setelah 3 tahun dari tanggal pembuatan.

Hand sanitizer yang sudah kadaluwarsa pun sesungguhnya masih bisa digunakan. Karena beberapa jenis hand sanitizer masih efektif dipakai.

Alex Berezow, ahli mikrobiologi dan Wakil Presiden Komunikasi Ilmiah di American Council on Science and Health, mengatakan beberapa alkohol bisa lebih baik dan tidak sama sekali dalam membunuh virus.

Secara khusus, botol yang belum dibuka maka alkoholnya belum menguap. Sehingga hand sanitizer masih efektif digunakan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan orang yang membersihkan tangan pakai hand sanitizer beralkohol perlu waktu selama 20 hingga 30 detik supaya bakteri dan virus mati.

Jika Anda tidak membawanya, Anda juga tidak perlu khawatir karena itu bukan masalah. Para ahli kesehatan telah memeringatkan semua orang wajib mencuci tangan pakai sabun dan air secara teratur, karena lebih efektif mencegah virus.

Mereka juga menyarankan orang mencuci tangannya selama 20 detik agar lebih sempurna dan efektif mencegah penularan virus.

Kesehatan Masyarakat Inggris juga memeringatkan orang-orang agar tidak membuat pembersih tangan sendiri, karena buatan sendiri belum tentu efektif mencegah virus.

"Mencuci tangan dengan benar adalah metode yang paling efektif dan utama dalam mencegah penularan virus," ujar dr Nick Phin, wakil direktur di Layanan Infeksi Nasional.

 

Sumber : suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)