Pasta Juga Bisa Jadi Makanan Sehat, Simak Caranya

Senin 13 Januari 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Meski banyak yang menyukai pasta, makanan tersebut digolongkan ke dalam jenis yang tidak sehat. Adakah cara untuk membuat pasta jadi lebih sehat?

Pada dasarnya, whole grain atau biji-bijian utuh yang belum mengalami proses pengolahan (penggilingan) baik untuk kesehatan. Sementara refined grain, kebalikan dari whole grain, berupa biji-bijian yang mengalami proses pengolahan sehingga kehilangan banyak zat penting dan hanya menyisakan sedikit karbohidrat dan protein, tidak baik untuk kesehatan.

Begitu pula dengan pasta. Pasta yang terbuat dari whole grain lebih baik daripada yang dibuat dari refined grain. Dapatkah membuat pasta menjadi makanan menyehatkan?

Jika Anda mengonsumsi pasta yang terbuat dari whole grain dan mengombinasikannya dengan bahan-bahan bernutrisi lain, seperti kacang, sayur, pasta tersebut bisa saja menyehatkan.

Pasta sebenarnya merupakan sumber energi yang baik untuk otak dan otot sebab pasta merupakan sumber karbohidrat lain selain nasi. Pasta yang terbuat dari whole grain merupakan karbohidrat kompleks yang melepaskan energi secara bertahap sekaligus menjaga agar tingkat glukosa dalam tubuh tetap seimbang.

Terlepas dari kandungan karbohidrat, pasta juga mengandung vitamin dan mineral. Olah pasta whole grain dengan ekstra sayur yang mengandung banyak serat, nutrisi, serta antioksidan. Tomat, jagung, brokoli, bawang bombay, wortel merupakan segelintir sayur yang dapat ditambahkan dalam hidangan pasta.

Setelah matang, Anda juga dapat menambahkan saus tomat yang mengandung antioksidan serta keju yang mengandung protein. Pasta yang belum diolah merupakan makanan yang bebas lemak dan rendah sodium sehingga dapat dijadikan menu alternatif buat yang diet.

Yang perlu dilakukan ialah pintar-pintar memilih bahan pendamping lain agar tetap menyehatkan. Mungkin kebanyakan orang tidak mengetahui jika beberapa atlet lebih memilih pasta sebagai makanan yang dikonsumsi sebelum bertanding dibanding makanan mengandung karbohidrat tinggi lain. Mereka percaya pasta dapat menstabilkan tingkat energi dalam tubuh.

Bagaimana dengan kalori? Satu cangkir pasta setara dengan 200 kalori. Buat yang kerap mengalami lapar mata saat sore hari atau malam hari menjelang tidur, Anda dapat membuat hidangan pasta whole grain untuk menghilangkan rasa lapar mata tersebut.

Selain itu, pasta menawarkan selenium yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan tersebut nantinya akan bekerja untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Demikian dilansir Boldsky.

Mangan merupakan mineral lain yang dapat ditemukan di dalam pasta. Mineral satu ini juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Pilih pasta whole grain dan masak dengan minyak zaitun, jangan lupa tambahkan sayur. Dengan begitu, pasta dapat dikategorikan ke dalam makanan menyehatkan.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat11 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Hidup Jadi Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.  (Sumber : Freepik.com)
Nasional11 Mei 2024, 12:53 WIB

Masih Ditutup! Cek Progres Perbaikan Longsor di Tol Bocimi Seksi 2 (Parungkuda)

Perbaikan longsor di di KM 64+600 yang terjadi pada 3 April 2024 lalu hingga saat ini masih terus dilakukan.
Kondisi perbaikan longsor tol bocimi seksi 2 di KM 64, pada awal Mei 2024 (Sumber: akun youtube sukabumi infrastruktur)
Sehat11 Mei 2024, 12:00 WIB

Asam Urat Hilang dan Hidup Sehat: 12 Tips Mencegahnya dengan Cara Alami

Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.
Ilustrasi -  Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.  (Sumber : Freepik.com)
Sehat11 Mei 2024, 11:00 WIB

7 Cara Ampuh untuk Penderita Asam Urat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic.)
Entertainment11 Mei 2024, 10:50 WIB

Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Digelar Dengan Konsep Internasional

Rizky Febian dan Mahalini Raharja menggelar resepsi pernikahan di hari yang sama dengan mengusung konsep internasional. Resepsi ini dihadiri oleh presiden Joko Widodo
Potret Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : instagram @/ferdinan_sule)
Sukabumi11 Mei 2024, 10:42 WIB

Hampir Terlupakan, Nasib Tak Terawat Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu Sukabumi

Tugu Jangilus terlihat kumuh dan banyak rumput liar yang tumbuh di sekitarnya.
Kondisi Tugu Jangilus di Kampung Batu Sapi, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi11 Mei 2024, 10:12 WIB

Light Up the Dream, Bantuan Penyambungan Listrik Gratis Bagi Masyarakat Membutuhkan

PLN berkomitmen selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kontribusi positif.
PLN Unit Layanan Pelanggan Cicurug, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi, berhasil melaksanakan program Light Up the Dream. | Foto: PLN
Entertainment11 Mei 2024, 10:00 WIB

Sudah Sah! Rizky Febian dan Mahalini Raharja Telah Resmi Menjadi Suami Istri

Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja telah resmi menikah dengan mengusung adat sunda di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selata, pada Jumat, 5 Mei 2024
Potret Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : Instagram /@rizkyfbian)
Life11 Mei 2024, 10:00 WIB

9 Makanan yang Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan Anak dan Penyebab Lainnya

Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak.
Ilustrasi - Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi11 Mei 2024, 09:51 WIB

Ngeri! Sampah Kembali Tutup Pantai Loji Sukabumi, Sempat Bersih Pasca Viral Pandawara

Sampah kembali muncul di Pantai Loji dan sekitarnya akibat gelombang pasang.
Kondisi sampah yang menutupi Pantai Loji dan sekitarnya di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi