Tiga Penyebab Utama Gagal Jantung, Mana yang Terbanyak?

Selasa 02 April 2019, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Heart failure atau gagal jantung merupakan suatu kondisi di mana pompa jantung mengalami pelemahan. Akibatnya, tubuh tidak dapat mendistribusikan oksigen yang dibawa oleh darah secara maksimal. Tak tanggung-tanggung, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Dokter ahli jantung dan pembuluh darah, Yoga Yuniadi, mengatakan umumnya kondisi ini akan terjadi seiring bertambahnya usia. “Gagal jantung adalah penyakit degeneratif. Jadi semakin tua usia seseorang, semakin tinggi pula kemungkinan untuk terserang gagal jantung,” kata dia dalam acara konferensi pers inovasi alat pacu jantung di RS Columbia Asia Pulomas, Jakarta, pada 2 April 2019.

Meski demikian, risiko gagal jantung dapat dikurangi dengan menghindari penyebabnya. Yoga juga menjelaskan beberapa penyebab utama penyakit ini. Menurutnya, penyumbang terbesar dari gagal jantung ialah hipertensi atau tekanan darah tinggi. “Sebanyak 75 persen pasien hipertensi pasti mengalami gagal jantung,” katanya.

Yoga mengatakan bahwa  masyarakat Indonesia yang kurang menyadari bahaya hipertensi. Sebab, ketika seseorang melewati batas normal, yaitu 120 mmHg, mereka tidak mengalami keluhan sama sekali.

“Biasanya kalau tekanan darah 140 atau 150, pasti tidak berobat karena tubuh tidak bereaksi apapun. Padahal, tekanan darah di atas 120 mmHg ini dikategorikan sudah masuk kategori awal gagal jantung,” katanya.

Untuk menghindari hipertensi, Yoga menyarankan menjauhi makanan asin.

Selain itu, gagal jantung dipicu oleh penyakit jantung koroner. Yoga mengatakan bahwa penyumbatan dan penyempitan akan mempermudah pasien untuk mengalami gagal jantung. Tak heran, sebesar 75 persen orang dengan jantung koroner dapat mengalami gagal jantung.

Oleh sebab itu, ia meminta agar para pasien penyakit jantung melakukan tindakan berupa pemasangan ring. “Minum obat memang membantu, tapi jika terus menerus, bisa resisten. Lebih baik dipasang ring supaya kerja jantung menjadi normal kembali dan mengurangi resiko gagal jantung,” katanya.

Pasien kardiomypati atau kelainan pada otot jantung juga memiliki resiko sebesar 10 persen untuk mengalami gagal jantung. Penyebab utama seseorang mengalami kardiomypati adalah konsumsi minuman keras yang berlebihan.

“Kalau Anda suka minum alkohol, sebaiknya dikurangi atau lebih baik dihentikan. Karena ini dapat membuat Anda terjangkit kardiomypati dan berimbas pada risiko gagal jantung,” katanya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 22:31 WIB

6 Strategi agar Konsisten Menghindari Makanan Tidak Sehat, Ini Solusinya

Untuk konsisten menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, perlu strategi yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Cara konsisten hindari makanan tidak sehat. (Sumber Foto : Pexels/Nathan Cowley)
Jawa Barat29 Maret 2024, 22:13 WIB

Gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Guncangannya Terasa Hingga Kalapanunggal Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada Jumat (29/3/2024) malam.
Episenter gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Jumat (29/3/2024) pukul 21:22:42 WIB. (Sumber : BMKG)
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).