10 Ciri Anak Stres Akibat Kepribadian Bermasalah, Sikapnya Berubah Bund!

Sabtu 02 Desember 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Akibat Kepribadian Bermasalah, Sikapnya Berubah Bund! (Sumber : pixabay.com/@mostafameraji)

Ilustrasi. Ciri Anak Stres Akibat Kepribadian Bermasalah, Sikapnya Berubah Bund! (Sumber : pixabay.com/@mostafameraji)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak yang mengalami stres akibat masalah kepribadian mungkin menunjukkan berbagai tanda dan gejala. Setiap anak unik, dan respons terhadap stres dapat bervariasi.

Ciri-ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah harus dikenali sedini mungkin agar bisa memberikan penanganan yang tepat. Orang tua wajib peka ketika sikap dan perilaku anak dengan masalah kepribadian menunjukkan perubahan ke arah yang negatif.

Ada ciri-ciri yang dapat menandakan bahwa seorang anak mungkin stres akibat masalah kepribadian. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Ciri Anak Stres Akibat Kepribadian Bermasalah

1. Perubahan Perilaku

Anak yang stres akibat kepribadian bermasalah mengalami perubahan drastis dalam sikap dan perilaku sehari-hari.

Baca Juga: 11 Ciri Anak Memiliki Masalah Kepribadian, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Ciri-ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah ini yakni anak menjadi lebih agresif, menarik diri, atau bertindak lebih impulsif.

2. Perubahan Pola Tidur dan Makan

Anak yang stres akibat kepribadian bermasalah kerap kesulitan tidur atau tidur berlebihan, gangguan pola makan (makan berlebihan atau kurang makan), atau perubahan berat badan yang signifikan.

3. Prestasi Akademis Menurun

Menurunnya kinerja di sekolah, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, atau penurunan minat pada kegiatan belajar termasuk ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Memiliki Masalah Kepribadian, Apa Kamu Mengalaminya?

4. Ketidakmampuan untuk Menangani Emosi

Anak yang stres akibat kepribadian bermasalah kesulitan dalam mengelola emosi seperti marah, kecemasan, atau depresi. Terlihat lebih mudah marah atau lebih cenderung menangis adalah ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah.

5. Isolasi Sosial

Anak yang stres akibat kepribadian bermasalah cenderung menarik diri dari teman-teman atau keluarga, menghindari kegiatan sosial, atau merasa kesulitan berinteraksi dengan orang lain.

6. Gejala kesehatan fisik

Kemunculan gejala fisik seperti sakit kepala, sakit perut, atau keluhan kesehatan lain yang tidak memiliki penyebab medis yang jelas adalah ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Depresi Berat Akibat Psikologis Bermasalah, Bunda Perhatikan Sikapnya!

7. Penurunan Minat pada Aktivitas Favorit

Anak yang stres akibat kepribadian bermasalah kehilangan minat pada kegiatan yang biasanya mereka nikmati. Tidak tertarik pada hal-hal yang sebelumnya merupakan bagian penting dari kehidupan mereka termasuk salah satu ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah.

8. Perubahan Dalam Ekspresi Diri

Anak stres akibat kepribadian bermasalah mengalami perubahan dalam cara anak menyatakan diri. Ciri-ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah ini terlihat dari menggambar atau menulis, dapat mencerminkan perasaan stres atau ketidakmampuan untuk mengatasi emosi.

9. Ketakutan atau Kecemasan Berlebihan

Anak yang stres akibat kepribadian bermasalah mengalami ketakutan atau kecemasan yang tidak proporsional terhadap situasi tertentu. Kecemasan berlebihan dibandingkan dengan anak-anak sebaya adalah salah satu ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Wanita yang Menyukai Kita, Memperhatikan Penampilan

10. Perubahan Interaksi Keluarga

Anak stres akibat kepribadian bermasalah kerap bisa dilihat dari perubahan dalam cara anak berinteraksi dengan anggota keluarga. Ciri-ciri anak stres akibat kepribadian bermasalah ini seperti lebih banyak konflik, penarikan diri, atau ketidakpatuhan terhadap aturan rumah.

Jika orang tua melihat beberapa ciri-ciri kepribadian anak bermasalah, penting untuk memberikan dukungan dan mencari bantuan profesional kesehatan mental.

Konsultasi dengan dokter anak, konselor, atau psikolog untuk mendapatkan evaluasi yang lebih mendalam dan rencana perawatan yang sesuai.

Semakin dini masalah kepribadian anak diidentifikasi, semakin baik peluang untuk membantu anak mengatasi stres dan masalah kepribadian yang mungkin muncul.

Sumber: berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)
Sukabumi Memilih11 Mei 2024, 16:35 WIB

PKS Jabar Usulkan Iyos Somantri dan Sodikin ke DPP untuk Maju di Pilkada Sukabumi

Kedua tokoh yang diusulkan memiliki kemampuan untuk memimpin Sukabumi.
Iyos Somantri (kiri) dan M Sodikin (kanan) diusulkan DPW PKS Jabar ke DPP PKS sebagai bakal calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 16:00 WIB

8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. | Foto : Cup of Couple/Pexels
Musik11 Mei 2024, 15:00 WIB

Sebentar Lagi Konser di Indonesia, Berikut Lagu Hits Dari NCT DREAM

NCT Dream sebentar lagi akan menggelar konser ketiga di indonesia yang bertajuk The Dream Show 3: DREAM ()SCAPE, yang digelar pada 18 Mei 2024, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.
NCT Dream yang akan menggelar konser ketiga di Indonesia 18 Mei 2024 (Sumber : Instagram @/Nct_dream)
Sukabumi Memilih11 Mei 2024, 14:07 WIB

Fahmi dan Ayep Zaki Olahraga Bareng di Lapdek Sukabumi, Sinyal Koalisi Pilkada 2024?

Fahmi berpeluang kuat untuk maju di periode keduanya memimpin Kota Sukabumi.
Wali Kota Sukabumi periode 2018-2023 Achmad Fahmi bersama Ayep Zaki berolahraga di Lapang Merdeka (Lapdek) pada Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa
Film11 Mei 2024, 14:00 WIB

Sinopsis Film The Architecture of Love, Kisah Romantis di New York

Film The Architecture of Love merupakan adaptasi dari novel Ika Natassa berjudul serupa yang menceritakan pertemuan Raia Risjad dengan River Jusuf
Sinopsis film The Architecture of Love Karya Ika Natassa (Sumber : Instagram @/ikanatassa)
Sukabumi11 Mei 2024, 13:54 WIB

Kesehatannya Menurun, Kabar Pria Tunanetra di Tegalbuleud Sukabumi Huni Rumah Bilik

Hendra terlihat hanya terbaring di atas kasur yang sudah lapuk.
Hendra (41 tahun) di rumahnya di Kampung Teluk Jati RT 01/07 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa