11 Ciri Anak Memiliki Masalah Kepribadian, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Jumat 01 Desember 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Anak-anak | Ciri-Ciri Anak Memiliki Masalah Kepribadian, Bunda Perhatikan Sikapnya! (Sumber : pixabay.com/@IsaKarakus)

Ilustrasi. Anak-anak | Ciri-Ciri Anak Memiliki Masalah Kepribadian, Bunda Perhatikan Sikapnya! (Sumber : pixabay.com/@IsaKarakus)

SUKABUMIUPDATE.com - Identifikasi masalah kepribadian pada anak bisa menjadi tugas yang kompleks, karena perkembangan kepribadian masih dalam proses.

Akan tetapi, ada beberapa ciri yang mungkin menunjukkan bahwa seorang anak memiliki masalah kepribadian. Meski begitu, perilaku anak bermasalah tidak selalu menunjukkan adanya masalah kepribadian, dan banyak dari itu justru berkaitan dengan tahap perkembangan normal.

Jika orang tua memiliki kekhawatiran tentang masalah kepribadian anak, konsultasikan dengan profesional kesehatan mental atau ahli perkembangan anak. Berikut beberapa ciri yang mungkin terkait dengan masalah kepribadian pada anak, dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Anak Memiliki Masalah Kepribadian

1. Masalah Interaksi Sosial

Anak yang memiliki masalah kepribadian kesulitan untuk berinteraksi dengan teman sebaya atau kesulitan dalam memahami norma sosial.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Orang yang Iri dengan Kita, Ekspresi Wajahnya Beda

2. Perilaku Negatif

Sering menunjukkan perilaku agresif, merusak, atau merugikan terhadap diri sendiri atau orang lain adalah salah satu cici anak memiliki masalah kepribadian.

3. Tidak Tahan Frustasi

Anak yang memiliki masalah kepribadian kesulitan menangani kegagalan atau ketidaknyamanan.

Anak yang mengalami masalah kepribadian mungkin sering marah, menangis, atau menunjukkan tanda-tanda ketidakmampuan mengatasi frustasi.

4. Ketidakmampuan Menjalin Hubungan yang Stabil

Kesulitan dalam menjaga hubungan yang stabil dan positif dengan anggota keluarga atau teman adalah salah satu cici anak memiliki masalah kepribadian.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Wanita yang Menyukai Kita, Memperhatikan Penampilan

5. Tugas Perkembangan Tidak Tercapai

Anak yang memiliki masalah kepribadian biasany atidak mencapai tonggak perkembangan. Misalnya toilet training, menggunakan kata-kata untuk berkomunikasi, atau mencapai kemandirian yang diharapkan untuk usianya.

6. Tidak Mampu Mengatur Emosi

Kesulitan dalam mengenali, memahami, atau mengatur emosi termasuk salah satu cici anak memiliki masalah kepribadian.

Anak yang memiliki masalah kepribadian mungkin sering mengalami ledakan emosi yang tidak proporsional dengan situasi.

7. Perhatian dan Konsentrasi Terbatas

Anak yang mengalami masalah kepribadian kesulitan mempertahankan perhatian atau fokus pada satu aktivitas atau tugas dalam jangka waktu yang wajar.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Laki-laki yang Menyukai Kita, Suka Memberi Perhatian

8. Pola Tidur atau Makan Tidak Normal

Gangguan tidur atau makan yang mencolok dan tidak sesuai dengan kebutuhan usianya adalah salah satu cici anak memiliki masalah kepribadian.

9. Kecemasan Tinggi

Anak yang mengalami masalah kepribadian menunjukkan tingkat kecemasan yang berlebihan atau takut yang tidak wajar terhadap situasi tertentu.

10. Perilaku Seksual Tidak Sesuai Usia

Menunjukkan perilaku seksual yang tidak sesuai dengan tahap perkembangannya, seperti pengetahuan atau tindakan seksual yang tidak pantas adalah salah satu ciri anak memiliki masalah kepribadian.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

11. Ketidakmampuan Menanggapi Aturan atau Batasan

Anak yang memiliki masalah kepribadian kesulitan dalam menerima aturan atau batasan, mungkin menunjukkan perilaku melanggar atau tidak mematuhi aturan yang umumnya diterima.

Penting untuk dicatat bahwa banyak dari ciri-ciri anak memiliki masalah kepribadian ini dapat muncul sebagai bagian dari tahap perkembangan anak. Artinya, perilaku anak yang berbeda mungkin tidak selalu menunjukkan adanya masalah kepribadian secara signifikan.

Dalam situasi tersebut, pengamatan dan konsultasi dengan profesional kesehatan mental atau ahli perkembangan anak dapat memberikan pemahaman yang lebih baik. Terutama tentang apa yang mungkin terjadi dan bagaimana memberikan dukungan yang sesuai pada anak dengan masalah kepribadian.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sehat18 Mei 2024, 11:00 WIB

Alami Asam Urat? Konsumsi 5 Makanan Kering Ini Untuk Cegah Hiperurisemia

Beberapa makanan kering ini bisa cegah Hiperurisemia bagi penderita asam urat.
Ilustrasi - makanan kering ini bisa cegah Hiperurisemia bagi penderita asam urat. (Sumber : pixabay/@akirEVarga).
Nasional18 Mei 2024, 10:53 WIB

Benih Lobster Senilai Rp 35 M dari Palabuhanratu Gagal Diselundupkan ke Singapura

Terduga pelaku membawa benih lobster ke Pulau Bangka menggunakan truk.
(Foto Ilustrasi) Polda Kepulauan Bangka Belitung menggagalkan upaya penyelundupan 177.600 ekor benih lobster mutiara dari Palabuhanratu menuju Singapura. | Foto: Istimewa
Kecantikan18 Mei 2024, 10:30 WIB

7 Kesalahan Memakai Parfum yang Bikin Aroma Wangi Cepat Hilang, Yuk Hindari!

Jarang orang ketahui sebenarnya dalam memakai parfum ada cara tertentu agar tahan lama dan tidak salah dalam pemakaian.
Ilustrasi - Kesalahan memakai parfum yang harus diperhatikan banyak orang. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Sukabumi18 Mei 2024, 10:23 WIB

Minta Dikirim Uang, Fakta Hilangnya Gadis Sukabumi Setelah Pamit Kerja ke Bogor

Nurlela dijemput seorang laki-laki menggunakan sepeda motor.
Foto Nurlela (21 tahun). Nurlela adalah warga Desa Sindangraja, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Bola18 Mei 2024, 10:00 WIB

Prediksi Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series

Hari ini Persib Bandung akan menjamu Bali United dalam laga Leg 2 Semifinal Championship Series.
Hari ini Persib Bandung akan menjamu Bali United dalam laga Leg 2 Semifinal Championship Series. (Sumber : x/@BaliUnited/@persib).
Sehat18 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Minuman Alami dan Sehat untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Memasukkan lima minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung.
Ilustrasi Teh Kembang Sepatu - Memasukkan lima minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung. | (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers)
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Dikenal Kampung Anti Speaker, Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi Pasca Anak Bunuh Ibu

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)