Hari Pahlawan Nasional: Sejarah dan Tokoh Pertempuran 10 November 1945

Selasa 07 November 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi. Berikut sejarah hari pahlawan nasional dan sederet toko yang terlibat dalam pertempuran 10 November (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi. Berikut sejarah hari pahlawan nasional dan sederet toko yang terlibat dalam pertempuran 10 November (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional Indonesia. Ini menjadi salah satu hari paling bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Meski begitu, pemerintah Indonesia tidak menetapkan Hari Pahlawan sebagai hari libur nasional.

Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur yang diteken oleh Presiden RI pertama Soekarno.

Lalu, bagaimana sejarah dari lahirnya hari pahlawan ini dan peristiwa apa yang melatar belakanginya? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 48 Kata-kata Hari Pahlawan 2023 yang Singkat dan Penuh Makna

Sejarah Hari Pahlawan

Dikutip dari karya ilmiah berjudul Peristiwa-peristiwa Penting yang Melatarbelakangi Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya (2018) dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) via Tempo.co, tentara Inggris mendarat di Jakarta pada 15 September 1945 dan pergi ke Surabaya pada 25 Oktober 1945.

Tentara Inggris yang tiba di Indonesia tergabung dalam Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) atas keputusan Blok Sekutu. Mereka mengemban tugas untuk melucuti tentara Jepang dan membebaskan para tawanan perang yang ditahan Jepang.

Selain menyerang tentara Jepang, tentara Inggris juga membawa misi untuk mengembalikan Indonesia sebagai negeri jajahan Hindia Belanda di bawah kendali pemerintahan Belanda. Mereka menjalankan agendanya bersama Netherland Indies Civil Administration (NICA).

Baca Juga: 27 Poster Hari Pahlawan 2023, Desain Baru dan Menarik

Pada awalnya, rakyat Indonesia menyambut kedatangan pasukan sekutu. Akan tetapi, setelah mengetahui mereka diboncengi NICA yang bertujuan ingin menegakkan kembali kekuasaan Hindia Belanda, bangsa Indonesia melawan.

Setelah kehadiran tentara Inggris dan NICA di Tanah Air, beberapa bentrokan tak bisa terhindarkan. Para santri bahkan juga ikut melawan Inggris usai KH Hasyim Asy’ari mengeluarkan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945. Alhasil, selama September hingga November 1945, pertempuran semakin memanas dan menelan banyak korban.

Puncak dari perlawanan bangsa Indonesia terjadi di Surabaya pada 10 November 1945. Di hari itu, pasukan Inggris melancarkan serangan ke seluruh pelosok kota. Dalam waktu tiga hari, hampir separuh kota dikuasai Inggris, tetapi pertempuran baru berakhir setelah tiga minggu berlalu.

Akibatnya, setidaknya enam ribu penduduk Indonesia gugur dan ribuan lainnya meninggalkan wilayah yang hancur. Peristiwa 10 November 1945 tersebut dianggap sebagai pertempuran terbesar pertama bagi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan selama masa revolusi kemerdekaan.

Baca Juga: 7 Tokoh Pahlawan Asal Tatar Sunda Jawa Barat, Ada dari Sukabumi

Tokoh-tokoh Pertempuran 10 November 1945

Pertempuran antara pasukan Inggris dengan warga Surabaya melibatkan banyak tokoh pahlawan nasional. Berikut beberapa tokoh yang memegang peran kunci:

1. Bung Tomo

Sutomo atau dikenal dengan sebutan Bung Tomo lahir di Surabaya pada 3 Oktober 1920. Selama pertempuran, Bung Tomo membangkitkan motivasi perjuangan rakyat Surabaya melalui pidatonya. Frasa “merdeka atau mati” yang diucapkannya menjadi pemantik semangat para pejuang.

2. Gubernur Suryo

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo merupakan Gubernur Jawa Timur yang memainkan peranan penting dalam hal komunikasi untuk meminta bantuan kepada para pemimpin. Salah satu pidatonya yang terkenal bertajuk “Komando Keramat”.

Baca Juga: Makna Tradisi Tabur Bunga, Penghormatan Jasa Kepada Pahlawan

3. Mayjen Sungkono

Mayjen Sungkono adalah Komandan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang bertanggung jawab atas pertahanan di seluruh kota. Dia memberikan komando kepada pejuang melalui pertemuan langsung dan pidato yang disiarkan radio.

4. KH Hasyim Asy’ari

Hasyim Asy'ari merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Fatwa tersebut dianggap menginspirasi pidato Bung Tomo.

5. Mayjen Moestopo

Moestopo mengikuti pelatihan Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor, Jawa Barat. Setelah pelatihan, dia ditunjuk menjadi komandan kompi di Sidoarjo, Jawa Timur dan ikut serta dalam menghadapi tentara Inggris.

Baca Juga: Mengenal Inggit Garnasih, Tokoh Jawa Barat yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

6. HR Mohammad Mangoendiprodjo

Mohammad Mangoendiprodjo bertindak sebagai wakil Indonesia dalam komunikasi dengan pasukan Inggris di Surabaya. Ia juga memblokade gedung Bank Internatio untuk mengantisipasi tindakan pendudukan Inggris.

7. Abdul Wahab Saleh

Abdul Wahab Saleh adalah fotografer Antara yang berhasil mengabadikan momen perobekan bendera Belanda. Ia juga memotret peristiwa heroik arek-arek Suroboyo selama pertempuran 10 November 1945.

Sumber: Tempo.co/Melynda Dwi Puspita

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)