Heboh Anak Kobra Bermahkota, Teror Naja Sputatrix di Pamoyanan Ciemas Sukabumi

Sabtu 10 Desember 2022, 15:55 WIB
Anak ular kobra yang ditangkap warga Pamoyanan Cibenda Ciemas Kabupaten Sukabumi.

Anak ular kobra yang ditangkap warga Pamoyanan Cibenda Ciemas Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.com - Warga kampung Pamoyanan khusus RT04/01 Desa Cibenda Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi dalam beberapa hari terakhir diteror ular kobra. Anak-anak Naja Sputatrix (bahasa latin) yang dikenal sebagai ular berbisa mematikan ini muncul di pemukiman.

Dalam sepekan, sudah 4 ekor anak ular kobra jawa ditangkap oleh warga. Satwa liar ini mencoba masuk rumah warga.

3 diantaranya mati karena coba menyerang saat akan ditangkap. Satu lainnya berhasil diresque dan kebetulan yang ini unik.

Baca Juga: Doa Mengusir Ular Kobra dari Rumah, Agar Selalu Diberikan Perlindungan

Panjang sekitar 35 centimeter berhasil ditangkap saat berusaha masuk ke rumah warga. Dalam kondisi hidup, anakan ular kobra ini kemudian disimpan di dalam tank bekas aquarium besar.

"Dalam satu minggu ini, sudah empat ekor ular kobra mau masuk kedalam rumah," ucap warga Pamoyanan Lilis Herlina kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (10/12/2022).

Ular-ular kobra itu muncul tidak bersamaan, selang beberapa hari. “3 ekor sudah diburu sama warga dan mati. Muncul lagi pada hari Jumat 9 Desember 2022, sekitar pukul 16.00 WIB, panjang dan ukurannya hampir sama dengan mati, panjang 35 - 40 sentimeter, besarnya diatas jari telunjuk orang dewasa," imbuhnya.

Baca Juga: Warga Cicurug Tewas Digigit Kobra, Ini Cara Mencegah dan Mengusir Ular dari Rumah

Agresif. Anak ular kobra leher putih yang ditangkap warga Pamoyanan Cibenda Ciemas Kabupaten SukabumiAgresif. Anak ular kobra leher putih yang ditangkap warga Pamoyanan Cibenda Ciemas Kabupaten Sukabumi

Saat itu, ular berusaha masuk rumah dan ketahuan sama suami, kata Lilis. Ular kemudian diburu dan ditangkap pakai kantong, lalu dimasukan kedalam bekas aquarium. "Terlihat bagian leher yang mengembang ada list warna putih. Kalau yang lainnya itu hitam polos. Warga sini menyebutnya mahkota. Ularnya cukup agresif juga," pungkasnya.

Ular yang ditangkap suami lilis ini, jenis Kobra Jawa (Naja sputatrix), termasuk family Elapidae. Spesies ular dari family Elapidae adalah ular dengan bisa kuat, dengan kemampuan pertahanan menyemburkan racun bisa ke lawan.

Secara morfologi, ular kobra memiliki kepala berbentuk oval dan sedikit lebih besar dengan bagian leher, biasanya terdapat warna putih di sekitar leher. Kobra jawa biasanya berwarna hitam kecoklatan.

Baca Juga: Ular ini Kabur Ditatap Si Mpus, Kobra Besar Teror Warga Parungseah Sukabumi

Ukuran panjang tubuh kobra jawa dapat mencapai 2 meter. Bagian moncong ular tersebut tumpul dan berwarna keputihan.

Selain itu, kobra jawa memiliki bentuk gigi taring yang kecil dengan ujung taring yang pendek. Naja sputatrix termasuk ular yang berbisa. Bisa dari kobra jawa berupa neurotoksin yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Naja sputatrix memiliki bentuk taring proteroglyphous (bertaring depan). Ketika menggigit mangsanya, ular jenis ini akan menyuntikkan bisa melalui taringnya, kemudian bisa tersebut akan masuk ke dalam pembuluh darah lawannya.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).