SCG Teken MoU Pemberdayaan Masyarakat dengan 5 Pemdes di Sukabumi

Selasa 14 Desember 2021, 20:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - SCG melalui anak perusahaannya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, menandatangani kesepakatan Program Pemberdayaan Masyarakat 2022 dengan Pemerintah Desa Sirnaresmi, Kebonmanggu, Wangunreja, Tanjungsari, dan Sukamaju, Selasa, 14 Desember 2021, di kawasan wisata Karangpara, Kabupaten Sukabumi.

Penandatanganan MoU ditujukan sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung peningkaran kualitas hidup masyarakat dan penguatan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Adapun Karangpara merupakan salah satu kawasan wisata yang didukung dan dikembangkan oleh perusahaan.

Acara penandatanganan ini dihadiri Bupati Sukabumi, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kepala desa dari lima desa, dan jajaran pemerintah lainnya, serta perwakilan masyarakat.

Selain penandatanganan MoU, perusahaan juga memberikan penghargaan Desa Terbaik dalam pengimplementasian PPM kepada Desa Wangunreja, Desa Terbaik dalam pelaksanaan ekonomi produktif kepada Desa Sukamaju melalui Kelompok Lumbung Berkah Budi daya Lele, serta Desa Terbaik dalam penguatan ekonomi pasca pandemi Covid-19 kepada Desa Kebonmanggu melalui pengembangan Wisata Karangpara.

photoPeresmian Balon Udara sebagai wisata destinasi Karangpara yang dikembangan PT Semen Jawa dan PR Tambang Semen Sukabumi oleh Marwan Hamami dan Letkol Inf Dedy Aryanto. - (Istimewa)

Baca Juga :

SCG Gelar Lomba dan Sosialisasi Ekonomi Sirkular di Sirnaresmi Sukabumi

Selain itu, terdapat pula pameran beragam produk hasil usaha binaan perusahaan. Untuk mempromosikan lokasi Wisata Karangpara, diadakan lomba foto di balon udara yang terbuka untuk umum hingga tanggal 14 Januari 2022.

Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi mengatakan, "Program pemberdayaan masyarakat ini disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan tujuan pemerintah yang tertera pada RPJMD Kabupaten Sukabumi 2021-2026 yang mempriositaskan penguatan sosial dan ekonomi terutama pasca pandemi Covid-19. Beberapa program di antaranya Satu Desa Satu Produk (One Village One Product) dukungan terhadap UMKM di lima desa." 

Program #PeduliBersama dalam melawan Covid-19 dan mendukung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) akan terus dilanjutkan dengan peningkatan sarana prasarana kesehatan seperti pembangunan toilet guna mendukung 100 persen ODF di Kabupaten Sukabumi dan peningkatan taraf kesehatan ibu dan anak.

Di bidang pendidikan, Beasiswa Berprestasi untuk siswa SD dan SMP pun akan kembali dilanjutkan. Demikian pula dalam bidang agama dan budaya seperti dukungan terhadap pembangunan masjid, acara keagamaan, dan pengembangan budaya.

"Penandatanganan MoU ini menjadi bentuk komitmen PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dalam mendukung kemajuan Kabupaten Sukabumi. Ini disambut dengan baik oleh kami selaku pemegang amanat dari masyarakat. Kami berharap kolaborasi yang baik dapat terjalin antara masyarakat, pemerintah, dan SCG agar apa yang diupayakan dapat berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi," ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

"SCG menjadi perusahaan pertama di Kabupaten Sukabumi yang mengintegrasikan program pemberdayaan masyarakat dengan rencana kerja pemerintah desa dan berkolaborasi dalam pengimplementasiannya. Melalui kolaborasi yang baik, kami percaya bahwa tujuan dalam penguatan ekonomi di Sukabumi akan lebih mudah dicapai," tutup Somchai.

SUMBER: SIARAN PERS SCG

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)