Ada Tempat Penampungan, Sampah Malah Berserakan di Jalan Ciracap Sukabumi

Rabu 25 Agustus 2021, 02:00 WIB
Tumpukan sampah di ruas Ciracap-Mareleng, tepatnya di Kampung Cipancur, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 25 Agustus 2021.

Tumpukan sampah di ruas Ciracap-Mareleng, tepatnya di Kampung Cipancur, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 25 Agustus 2021.

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan kurang elok terlihat di pinggir jalan kabupaten ruas Ciracap-Mareleng, tepatnya di Kampung Cipancur, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Di lokasi tersebut beragam jenis sampah rumah tangga tampak berserakan. Padahal ada tempat penampungan sementara yang disediakan di sekitar tumpukan sampah.

Anehnya, tumpukan sampah mulai berserakan di ruas itu ketika sudah dibangun tempat penampungan sampah sementara yang berukuran 3x2,5 meter. "Sebelum ada penampungan sampah, di lokasi tersebut tidak ada yang buang sampah. Namun saat ini banyak sampah yang berserakan," kata petugas penyuluh pertanian Ciracap, Darya, Rabu, 25 Agustus 2021.

Darya mengatakan sebelumnya warga biasa membuang sampah di lahan milik Desa Ciracap. Namum, sejak lahan tersebut disulap menjadi lokasi agrowisata kebun markisa oleh pemerintah desa, tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke sana, dan beralih membuangnya di jalan ruas Ciracap-Mareleng.

photoTempat penampungan sampah di ruas Ciracap-Mareleng, tepatnya di Kampung Cipancur, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Ragil Gilang)

Baca Juga :

"Mereka seenaknya buang sampah tanpa dimasukKan ke tempatnya, hanya dilempar saja, sehingga berserakan," ungkap Darya. Tempat pembuangan sampah di lokasi tersebut telah dibangun sejak dua tahun lalu. "Sebelum ada tempat penampungan, lokasi itu bersih dan terurus. Apalagi, sudah masuk Hak Guna Pakai Balai Penyuluhan Pertanian Ciracap. Tapi sekarang mendekat pun bau dan banyak lalat."

Kepala Desa Ciracap Ibrohim mengatakan tempat penampungan sampah itu sebelumnya dibangun Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi. Tadinya, tempat tersebut disediakan agar warga tidak membuang sampah ke sungai, setelah dilarang membuang sampah ke lahan milik desa karena sudah dijadikan lokasi agrowisata.

"Kebanyakan warga luar Desa Ciracap yang membuang sampah ke sana. Biasanya malam, dilemparkan begitu saja," kata dia. "Sebenarnya sampah itu sering diangkut truk sepekan sekali, kalau tidak salah tiap Rabu."

Ibrohim juga mengaku telah mengusulkkan ke Dinas Lingkungan Hidup agar jadwal pengangkutan sampah di Kecamatan Ciracap dilakukan dua kali dalam sepekan. "Agar sampah tidak menumpuk lama dan berserakan," imbuhnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Film18 Juli 2024, 15:30 WIB

Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971

Film Hijack 1971 menarik untuk ditonton karena terinspirasi dari kisah nyata mengenai pembajakan pesawat Korean Air F27 yang terjadi di tahun 1971. Di film ini akan mengisahkan krisis para penumpang dan awak pesawat saat dibajak
Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi18 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi (Sumber : Freepik.com).
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim