bankbjb

Polisi Telusuri Racun Sianida yang Digunakan untuk Membunuh Dua Pria di Sukabumi

Fitriansyah
Penulis
Sabtu 24 Sep 2022, 18:43 WIB
Polisi Telusuri Racun Sianida yang Digunakan untuk Membunuh Dua Pria di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pihak kepolisian masih menelusuri asal Sianida yang digunakan oleh tiga pelaku di Sukabumi Jawa Barat untuk membunuh dua orang pria, dengan modus dukun penggada uang. Korban adalah warga DKI Jakarta dan Magelang Jawa Tengah, diracuni para pelaku dengan sianida pada 8 Juni 2022 lalu.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin mengatakan, zat sianida yang didapatkan oleh para tersangka masih ditelusuri. 

"Masih kita telusuri terkait penggunaan zat tersebut dan dari mana yang bersangkutan mendapatkannya. Tidak ada keterlibatan unsur Dinas Kesehatan atau apoteker. Jadi beli sendiri," kata Zainal Sabtu, 24 September 2022.

Menurut Zainal kini naik ke tahap penyidikan. Usai rekonstruksi kejadian, pada Jumat 24 September 2022, polisi kini  memperkuat barang bukti dan sinkronisasi. 

"Saat ini proses penyidikan, sudah keseluruhan saksi diperiksa hingga kemudian bisa kita mendapatkan rangkaian kronologis kejadiannya. Kemarin kita lakukan rekonstruksi untuk memperkuat terhadap barang bukti yang ada dan sinkronisasi antara penyampaian dari para saksi, para tersangka terhadap kronologis yang ada," jelasnya.

Sebelumnya, polisi mengamankan tiga orang pelaku, berinisial A, DAS, AR. Dua warga Sukabumi dan satu asal Cilacap Jawa Tengah.

photoDua dari tiga pelaku lakukan rekontruksi pembunuhan modus penggandaan uang dengan racun sianida di Sukabumi - (Riza)</span

Polisi kemudian menggelar rekontruksi pembunuhan ini di rumah salah satu tersangka di Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Ada 55 adegan yang dilakukan para pelaku dalam rekonstruksi yang menghadirkan sejumlah saksi dan mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian.

Kasus ini terbongkar setelah keluarga melaporkan kematian korban ke pihak kepolisian pada 23 Juni 2022. Pria asal Jawa Tengah dan DKI, meninggal dunia sehari setelah dipaksa minum air dari dalam kemasan oleh para pelaku.

Dari hasil laboratorium forensik, ditemukan zat sianida di tubuh korban.  "Setelah dilaporkan, kami melakukan penyelidikan dan alhamdulillah terungkap. Modusnya pelaku memberikan minuman yang sudah dicampur racun yaitu zat sianida. Ini berdasarkan hasil lab forensik," kata Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Yanto Sudiarto.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini