Aplikasi Viral di Masa Pandemi Covid-19

Rabu 04 November 2020, 15:17 WIB

Oleh: Dillah Maulidah 

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajeman

Kita selalu bertanya kapankah kasus ini selesai, berdasarkan analisa data yang dikeluarkan oleh The Singapore University of Technology and Design dengan menggunakan metode estimasi pandemic, Susceptible Infected Recovered (SIR) dengan data Driven Estimation (DDE), maka diperkirakan puncak pandemi di Indonesia telah terjadi pada 19 April 2020 yang lalu dan diperkirakan akan berakhir total pada akhir Juli 2020, namun sekarang kita sudah masuk dibulan November sudah berada dipenghujung tahun di 2020, lalu hal apa saja yang sudah kita lakukan selama pandemi ini? Bukankah Pandemi ini juga memaksa kita untuk selalu dirumah aja bukan? Lalu bagaimana kegiatan perekonomian dirumah anda saat ini? Ya semua orang kini merasakan kebingunan perekonomian karena kebutuhan yang terus ada setiap harinya namun terbatasi, karena adanya pandemi ini yang menyebabkan hilangnya pekerjaan karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Angka pengangguranpun semakin bertambah dan otomatis angka kemiskinan di Indonesia pun ikut bertambah juga. Dampak dari pandemi ini juga sudah terasa ke dalam berbagai aspek khusunya di sektor perekonomian. Dampak ini membuat masayarakat yang merasakannya dibuat kebingunan hal apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah perekonomian di keluarganya.

Terlihat dari jumlah korban yang meninggal karena kasus covid-19 ini semakin hari jumlahnya semakin bertambah. Kita selalu menunggu kapan kasus pandemi ini selesai, banyak kalangan orang yang menunggu keajaiban agar kasus ini cepat selesai, mulai dari para pelajar, pedagang, angkutan umum dan yang lainnya.

Karena aktivitas yang sering dirumah aja membuat jumlah penggunaan internet di Indonesia semakin meningkat. Termasuk pertumbuhan bisnis online naik hingga 80 persen saat ini, karena mereka hanya mengandalkan gadget untuk memenuhi kebutuhan mereka disetiap harinya, lalu apa solusi untuk mereka yang sudah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK)? Nah mereka dibuat bingung bisnis apa yang sesuai dengan fashion mereka disaat kondisi seperti ini yang hanya bermodalkan gadget saja dan kita bisa diam dirumah, sambil menunggu kondisi pulih kembali dan para pengusaha membuka lapangan kerjanya kembali . 

Nah ini dia ada aplikasi viral di masa pandemi ini yang banyak digunakan oleh para masyarakat selain untuk teman hiburan, aplikasi ini juga bisa menghasilkan uang tanpa kita harus mengeluarkan modal dan daftarnya pun gratis yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang sedang kebingungan mau buka usaha apa namun tidak punya modal uang untuk dijadikan modal awal bisnisnya disaat kondisi seperti ini.

1. Aplikasi TikTok

Nah aplikasi ini sedang viral kan semenjak kita diam dirumah aja? iya benar sekali aplikasi ini sedang ramai di gemari oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan anak kecil sampai tua pun banyak yang menggunakan aplikasi ini. Bukan lagi sebagai ajang menampilkan kareatifitas dan kesenangan hiburan saja, aplikasi ini juga mulai menjadi lading para konten creator untuk mendapatkan uang. Dilansir dari media kontan.id pada kamis (27/02/2020), pengamat media sosial memperkirakan bahwa sejumlah seleb TikTok  dengan jumlah pengikut yang banyak, bisa mendapatkan penghasilan hingga US$ 1 juta (13,9 miliar) untuk sekali posting satu video saja. Pengamat memperkirakan bahwa bintang TikTok popular dapat dibayar dengan harga US$ 0,005 per satu follower. Wah besar sekali keuntungannya bukan? Hanya dengan membuat video dengan durasi pendek bisa mendapatkan hasil uang sampai miliyaran rupiah. Bagaimana? apakah anda tertarik menjadi seorang seleb TikTok? Dengan mengUp video yang menarik dan tentunya bermanfaat disetiap harinya maka kita akan mendapatkan viewer dan followers yang banyak seiring dengan berjalannya waktu, semakin kita rajin membuat konten semakin banyak juga pengikut dan penonton yang menyukai konten kita otomatis pengahasilan yang kita dapat pun semakin banyak jumlahnya, namun kita juga harus sabar menantikannya.

2. Aplikasi VTUBE

Dengan nama perusahaan PT. Future View Tech adalah perusahaan dengan konsep Big Data Company adalah perusahaan profit sharing dengan menciptakan sebuah platform aplikasi yang bernama VTUBE, aplikasi ini tidak beda dari aplikasi YouTube, Instagram dan aplikasi lainnya. Ketika kita mendaftarkan diri sebagai bagian dari Vtube tugas kita hanya menonton 10 iklan video ADS perhari yang berdurasi 5-15 detik saja. Maka kita akan mendapatkan 0,3 view point disetiap harinya yang nantinya bisa kita tukarkan menjadi uang. Didalam iklan Vtube terdapat banyak iklan mulai dari iklan makanan, fashion, produk digital, kosmetik, lagu anak dan masih banyak lagi, Konsep pembagian keuntungan di Vtube adalah profit sharing, membagikan sebagian keuntungan yang diterima perusahaan dari pengiklan video untuk kita sebagai penonton/membernya. Berbeda dengan YouTube di YouTube hanya pembuat konten saja yang dibayar sementara penonton yang berjuta-juta tidak mendaptakn apa-apa. Saat ini ada beberapa perusahaab besar pengiklan yang telah bekerja sama dengan Vtube, tetapi dengan konsep bagi hasil profit kepada para user-usernya yang mau menonton iklannya. Vtube memiliki izin legalitas perusahaan jelas dan lengkap kominfo, namun tidak masuk daftar OJK karena bukan bisnis yang masuk ke lembaga keuangan. Penukaran point dilakukan di Exchange Center yang ada di aplikasi Vtube, uang akan ditransfer ke rekening para user. Vp atau View Point adalah mata uang digital di bisnis Vtube, 1 vp bernilai minimal $1 = Rp 14.603 nah si nilai ini akan menningkat sesuai dengan peningkatan profit perusahaan bisa saja 1 vp bernilai $3-$5 = Rp 43.809-Rp 73.015 nantinya. Wah besar sekali keuntungannya, membuat saya menjadi tertarik.

Bagaimana dengan kalian apakah aplikasi viral ini sudah anda gunakan sekarang atau baru akan mencobanya setelah membaca artikel ini? 

Sekian Terima kasih, sukses selalu untuk kita.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life14 April 2024, 21:00 WIB

Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari.
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Seleb14 April 2024, 20:45 WIB

Pulang Shooting di Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya

Model dan artis papan atas Luna Maya tertangkap kamera warga berkunjung ke Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024).
Pulang Shooting dari Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya | Foto : Ist
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi14 April 2024, 16:19 WIB

Mabuk dan Ugal-ugalan, Pengemudi Pick Up Nyaris Tabrak Polisi di Parungkuda Sukabumi

Pengendara mobil bak terbuka (Pick Up) berinisial R (36 tahun) yang membawa penumpang nyaris menabrak anggota polisi di ruas Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor
Petugas Korps Brimob Polda Jabar, saat mengamankan pengemudi mobil pikap di sekitar Gerbang Tol Parungkuda | Foto : Capture video