Mengenal Konsep Tiga Jalur Kelulusan dan Pendampingan Karir Prodi Ilmu Hukum NPU

Rabu 07 November 2018, 05:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra (NPU) mulai tahun akademik 2018-2019, membuka Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum. Ragam keunggulan ditawarkan prodi yang telah mendapat izin operasional sejak 8 Februari 2018, dan terakreditasi BAN-PT pada 10 Janu­ari 2018 itu. 

Di antara keunggulan yang ditawarkan, kuliah dua tahun di dalam dan dua tahun di luar kampus. Selain itu, keseimbangan antara education dan experien­ce and ac­tually, di mana mahasiswa pada semester empat sudah membiasakan kuliah di luar kampus dengan pola magang, riset, dan student exchange. 

Berikut wawancara lengkap dengan advokat senior sekaligus Dosen Prodi Ilmu Hukum Junaidi Tarigan, SH, MM. 

Sebagai prodi baru, dimana pembeda Prodi Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra dengan perguruan tinggi lain?

Berbicara kelebihan Prodi Ilmu Hukum di Universitas Nusa Putra, dimulai dari kurikulum yang kami tawarkan. Kami di sini menerapkan konsep yang terintegrasi dengan kebutuhan masyarakat, instansi swasta, lembaga pemerintahan, perusahaan dalam dan luar negeri, agar menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional.

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Persembahkan 1000 Beasiswa Anak Negeri

Kurikulum didasari Trilogi Nusa Putra yakni, Cinta Kasih Ilahi, Orang Tua, dan Sesama Manusia, agar tertanam pribadi mahasiswa dan lulusan yang dapat menerapkan nilai-nilai tersebut, baik di masyarakat maupun dunia kerja. Kurikulum juga menekankan pada penyelenggaraan pendidikan yang fleksibel dan intensif, sehingga mampu mengakomodir kedalaman dan keluasan kajian ilmu hukum baik nasional maupun internasional.

Selain itu, juga menekankan pada hasil riset-riset berkualitas yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan hukum pada era digital, melalui solusi-solusi tepat untuk bangsa dan negara. Jadi, kurikulum dirancang untuk menghasilkan keluaran yang dapat bersaing global, ditunjang kemampuan bahasa Inggris memadai, serta disesuaikan dengan target pencapaian akreditasi, baik BAN-PT maupun tingkat internasional.

Lalu, bagaimana dengan kualitas dosen?

Itu dia, keunggulan lain di sini adalah dosen dan praktisi andal dalam bidang hukum lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan dunia. Selain itu, dosen-dosennya juga memiliki pengalaman akademis dan praktis, memiliki jaringan luas di kalangan swasta, pemerintahan, legislatif, yudikatif, sampai universitas luar negeri.

Menurut Anda, apakah itu cukup alasan mengapa harus kuliah ilmu hukum di Universitas Nusa Putra?

Nah, nanti dulu, tidak hanya itu, Universitas Nusa Putra juga melengkapinya dengan laboratorium dan penelitian. Prodi Ilmu Hukum di sini memiliki laboratorium lengkap dengan simulasi sidang, laboratorium komputer, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, juga tersedia fasilitas penelitian dengan dukungan buku-buku bacaan berkualitas internasional, antara lain, dari Harvard University, Oxford University Press, Cambridge University Press dan e-Book yang dapat diakses oleh mahasiswa. 

Di banyak perguruan tinggi banyak mahasiswa mengalami kejenuhan dalam kuliah. Bagaimana menurut Anda?

Universitas Nusa Putra salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan model perkuliahan bleanded learning system dan tiga jalur sistem kelulusan, yakni magang, riset, dan student exchange. Kami juga menerapkan konsep kuliah dua tahun di dalam dan dua tahun di luar kampus, serta keseimbangan antara education dan experien­ce and ac­tually, di mana mahasiswa pada semester empat sudah membiasakan kuliah di luar kampus dengan pola magang, riset, dan student exchange.

Kami juga memadukan keilmuan modern yang berkembang, dengan tetap memegang teguh karakter ilmu hukum normatif, terapan, dan preskriptif. Sehingga ilmu hukum bersifat sui generis dapat terwujud melalui kajian dan penelitian dalam cakupan luas, beranjak dari hakikat keilmuan yang meliputi dua pendekatan yakni, falsafah ilmu dan teori hukum.

BACA JUGA: DKV Universitas Nusa Putra Sukabumi Satu dari 5 kampus se-Indonesia diundang Ideafest

Untuk menghasilkan penelitian bidang ilmu hukum yang diakui secara internasional, melalui publikasi jurnal-jurnal ilmiah berkualitas, serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam mengatasi permasalahan hukum sebagai implementasinya. Kualitas pembelajaran juga akan terus ditingkatkan, agar menghasilkan lulusan cerdas spiritual, emosional, intelektual, dan profesional.

Sistem organisasi tata kelola program studi kredibel, transparan, akuntabel, serta berkesinambungan. Hal ini, agar menghasilkan tenaga profesional bidang hukum yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian, dan sikap unggul, agar mampu bersaing global. Kami juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional, dan internasional. Hal ini agar tercipta pembelajaran berkualitas, suasana belajar pun membuat interaksi baik antara dosen dan mahasiswa. Hal tersebut agar terwujud suasana akademik yang kondusif, nyaman, dan mendukung suasana ilmiah dan kehidupan akademik yang sehat. Sehingga akan lahir lulusan yang mandiri dan profesional di bidangnya.

Terakhir, apa yang membuat Prodi Ilmu Hukum ini menjadi khas dibandingkan perguruan tinggi lain, sehingga harus memilih kuliah Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra?

Nah ini, kami di sini memberikan bimbingan melalui pendampingan karier yang disesuaikan dengan keinginan dan bakat mahasiswa. Program ini akan diberikan pada akhir semester lima. Dengan begitu, mahasiswa kelak akan memiliki curiculum vitae sendiri dan sudah dapat membuat application letter sesuai minat dan bakat, seperti di law firm, perusahaan swasta, lembaga negara, atau organisasi nirlaba sebagai staf hukum.

Dengan segala kelebihan dan kekhasan yang ada, kami yakin kelak mahasiswa memiliki spesialisasi hukum pada akhir semester, seperti sebagai advokat, spesialis perburuhan, bidang hukum pidana atau perdata, dan lain-lain. Spesialisasi ini dapat berubah sesuai keinginan mahasiswa dan masukan dari mentor karier mereka.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).