Komunitas 1.000 Guru Sukabumi Peduli Pendidikan Anak Pedalaman

Kamis 21 September 2017, 06:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas 1.000 Guru Sukabumi, digagas beberapa anak muda berlatar belakang berbeda-beda, dengan visi memajukan pendidikan anak pedalaman di Sukabumi.

Melihat kondisi pendidikan di pedalaman yang notabene jauh dari standar pendidikan, seperti bangunan sekolah tidak layak, serta kurang meratanya guru yang sesuai bidang dan latar belakangnya, menjadi titik awal terbentuknya komunitas ini.

”Kami merintis dari Januari 2015, tapi peresmian komunitas berdiri tanggal 02 Mei 2015. Tagline yang diusung, yaitu “Komunitas Peduli Pendidikan Pedalaman”. Sebenarnya tujuan kami banyak dalam membentuk komunitas ini, tapi yang paling utama ingin menginspirasi anak muda Sukabumi untuk sama-sama peduli tentang pendidikan pedalaman,” ujar Gus Rizky Syafaat, selaku Ketua Regional 1.000 Guru Sukabumi, kepada sukabumiupdate.com, Kamis (21/9/2017).

BACA JUGA: Ingat, Sabtu Hari Bersatu Komunitas Muda dalam Sukabumi Ngahiji Unity Pitstop

Komunitas 1.000 Guru Sukabumi, mengusung program andalan, yaitu Traveling and Teaching (TNT), dimana program tersebut memadukan traveling ke pedalaman, sambil mengajar di sekolah yang ada di tempat tersebut.

Program TNT, biasanya dilakukan selama dua atau tiga hari, selama weekend, dan membuka volunteer dari berbagai kalangan buat bergabung dalam program 1.000 Guru Sukabumi.

Untuk mengikuti kegiatan ini, ada prosedur yang harus dilalui setiap volunteer yang ingin mengikuti TNT. Kouta untuk sekali TNT adalah 30 orang, atas pertimbangan akomodasi dan jumlah anak pedalaman yang akan diajar.

“Satu bulan sebelum kegiatan TNT, kami dari tim 1.000 Guru Sukabumi, akan mempublish di sosial media dan calon volunteer bisa mendaftarkan diri,” kata Gus Rizky.

“Lebih jauh lagi, kami berharap bisa mendorong semangat belajar adik-adik di SD/MI dengan berbagi pengalaman dan keceriaan. Utamanya program Traveling and Teaching (TNT) itu menjadi basis kegiatan anak-anak muda yang suka traveling, sambil berbagi dengan adik-adik di pedalaman, lewat fun teaching di SD/MI,” tambah Gus Rizky.

Selain program TNT, komunitas yang berlokasi di Kampung Kaum Babakan Nomor 129, RT 003/001, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini masih mempunyai program lain, di antaranya Teaching and Sharing (TAS).

BACA JUGA: Komunitas Musik Sukabumi Galang Dana untuk Curugkembar

“Dimana sasaran kegiatan kami adalah anak-anak panti asuhan. Kemudian Program Beasiswa Guru Pedalaman, dan Kampanye Hormati Gurumu. Sasaran dari program tersebut, yaitu guru-guru yang mengabdi di pedalaman Sukabumi. Tetapi, secara finansial tidak bisa melanjutkan kuliah ke jenjang S1 yang merupakan syarat dari profesionalisme seorang guru,” jelasnya.

Dan program yang lainnya adalah Kampanye Hormati Gurumu, dengan melibatkan siswa-siswa SMA dengan tujuan mengembalikan citra guru yang semakin hari semakin dilupakan.

“Harapan kedepannya bisa melibatkan lebih banyak anak-anak muda Sukabumi. Soalnya, selama kami berkarya itu, di setiap programnya masih belum dapat animo yang luar biasa dari anak muda Sukabumi sendiri. Tapi sekarang Alhamdulillah, sudah lumayan banyak. Saya harap bisa lebih membludak lagi anak-anak muda yang ikut bersinergi di komunitas ini dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Sukabumi,” pungkas Gus Rizky, penuh harap.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science06 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Mei 2024, Yuk Cek Dulu Langit di Awal Pekan!

Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua).
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).