TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Wajib Pakai Masker 3 Lapis, Berikut Aturan Lengkap Terkait Mudik Lebaran 2022

Penulis
Senin 4 Apr 2022, 19:27 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mewajibkan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Idulfitri atau lebaran 2022 untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) virus Covid-19 secara ketat. Prokes tersebut di antaranya adalah wajib memakai masker tiga lapis.

Ketentuan itu diatur melalui Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) Pada Masa Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19) yang diteken oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto pada 2 April 2022.

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 2 April 2022 sampai waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan terakhir di lapangan ataupun hasil evaluasi dari kementerian/lembaga,” ujar Suharyanto dalam SE.

Baca Juga :

mudik-lebaran-asal-divaksin-booster-kemenhub-segera-buat-aturan"> Jokowi Izinkan Mudik Lebaran asal Divaksin Booster, Kemenhub Segera Buat Aturan

Berikut ketentuan lengkap terkait protokol kesehatan yang tertuang dalam SE:

1. Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu: memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

2. Pengetatan protokol kesehatan perjalanan orang yang perlu dilakukan berupa:

a. Menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu;

b. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan;

c. Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain;


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x