TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Daftar 43 Ruas Tol: Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti

Fitriansyah
Penulis
Jumat 7 Jan 2022, 14:18 WIB
Daftar 43 Ruas Tol: Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti

SUKABUMIUPDATE.com - PT Jasa Marga (Persero) saat ini tengah menguji coba penerapan touchless transaction Single Lane Free Flow (SLFF) alias bayar tol tanpa berhenti atau menyentuh. Sistem SLFF ini berbasis pada teknologi Radio Frequency Identification (RFID), yakni sticker Let it Flow.

"Saat ini kami hanya sebatas uji coba yang lingkupnya terbatas dan tidak komersial. Implementasi sistem touchless transaction ini nantinya akan ditetapkan pemerintah sebagai regulator yang memiliki kewenangan untuk itu," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dikutip dari Antara hari ini, Jumat, 7 Januari 2022.

Mengutip tempo.co, Menurut Heru uji coba tersebut masih berlangsung hingga saat ini dan dilakukan di kalangan pengguna internal, dan bekerja sama dengan beberapa pengguna eksternal seperti BUMN dan komunitas otomotif. Langkah ini dilakukan untuk mengembangkan sistem pembayaran tol nirsentuh ini.

"Kami memahami antusiasme masyarakat dalam penerapan teknologi digital di jalan tol. Sejatinya Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi dalam touchless transaction di jalan tol, bahkan sejak sebelum berlakunya elektronifikasi di jalan tol pada 2017," jelasnya.

Saat ini uji coba bayar tol tanpa berhenti dan sentuh ini dilakukan di 43 gerbang tol dengan 50 gardu yang semuanya berada di Pulau Jawa. Berikut daftarnya.

Tol Jakarta-Cikampek

Gerbang Tol Pondok Gede Barat 1 arah Cikampek

Gerbang Tol Pondok Gede Barat 2 arah Jakarta

Gerbang Tol Pondok Gede Timur 1 arah Cikampek

Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2 arah Jakarta


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini