Dapat Menurunkan Gula Darah, Intip 5 Manfaat Cuka Sari Apel Menurut Penelitian

Selasa 19 Maret 2024, 09:34 WIB
Ilustrasi cuka sari apel yang memiliki berbagai manfaat. | Foto: Freepik/@Racool_studio

Ilustrasi cuka sari apel yang memiliki berbagai manfaat. | Foto: Freepik/@Racool_studio

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel adalah sejenis jus fermentasi yang terbuat dari apel dan ragi yang dihancurkan. Pembuatan cuka sari apel menyebabkan pembentukan asam asetat. Dan asam asetat ini yang diduga menjadi penyebab banyaknya potensi manfaat dari cuka sari apel.

Cuka sari apel umumnya digunakan dalam masakan, tetapi juga secara tradisional digunakan untuk tujuan pengobatan. Dan juga dipercaya memiliki kemampuan antioksidan, antivirus, dan antimikroba. Cuka sari apel juga telah diteliti perannya dalam menurunkan gula darah, mengobati jerawat dan kondisi kulit lainnya, serta meningkatkan kesehatan jantung. Namun, hanya sebagian dari manfaat cuka sari apel yang didukung oleh ilmu pengetahuan, sementara sebagian lainnya masih belum terbukti.

Cuka sari apel dapat dikonsumsi sebagai minuman, ditambahkan ke saus salad dan bumbu perendam, atau digunakan secara topikal. Selain itu, cuka sari apel juga dipercaya dapat mendukung kesehatan manusia dalam berbagai cara. Berikut adalah apa yang dikatakan penelitian tentang beberapa potensi manfaat cuka sari apel.

Baca Juga: Membantu Mengatur Gula Darah, 7 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan

1. Menurunkan Gula Darah

Asam asetat yang terkandung dalam cuka sari apel disinyalir dapat membantu menurunkan gula darah. Sebuah tinjauan penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa mengkonsumsi cuka bersama dengan makanan dapat menurunkan kadar gula dan insulin dalam darah, yaitu dua faktor yang sering meningkat pada penderita diabetes tipe 2. Para peneliti dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa cuka, termasuk cuka sari apel, berpotensi digunakan bersamaan dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup untuk mengatur gula darah.

2. Jerawat dan Kondisi Kulit Lainnya

Beberapa orang percaya bahwa cuka sari apel dapat memperbaiki jerawat dan kondisi kulit lainnya, namun klaim tersebut sebagian besar tidak berdasar. Sebagai contoh, sebuah penelitian kecil menemukan bahwa cuka sari apel topikal tidak memberikan manfaat bagi penderita dermatitis atopik. Terkait hal ini, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengoleskan cuka sari apel pada varises, atau pembuluh darah yang menonjol dan terkadang terasa nyeri di kulit, dapat membuat varises tersebut kurang terlihat. Peneliti juga menyimpulkan bahwa cuka sari apel bisa menjadi pengobatan komplementer dan alternatif (CAM) yang dapat diterima untuk meningkatkan kualitas hidup pasien varises.

3. Memiliki Sifat Antijamur

Salah satu klaim menyeluruh dari cuka sari apel adalah mengandung sifat antijamur, sehingga menjadikannya pilihan pengobatan potensial untuk berbagai kondisi kesehatan. Akan tetapi, meskipun banyak bukti anekdotal yang menunjukkan sifat antijamur dari cuka sari apel, penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini masih kurang.

Baca Juga: Termasuk Cuka Apel, 8 Bahan Alami Untuk Obati Asam Urat yang Bisa Jadi Alternatif

4. Memiliki Sifat Antibakteri

Dalam beberapa penelitian, cuka sari apel ditemukan mengandung berbagai sifat antibakteri. Artinya, cuka sari apel berpotensi digunakan untuk mengobati beberapa jenis bakteri, termasuk infeksi E. coli dan Staph. Namun sekali lagi, hasil ini sebagian besar ditemukan melalui penelitian laboratorium. Dalam salah satu penelitian, cuka sari apel terbukti merusak struktur sel dan mencegah pertumbuhan E. coli dan bakteri lainnya. Para peneliti merasa bahwa hasil ini menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat menjadi pengobatan yang berguna untuk berbagai infeksi bakteri. Akan tetapi diperlukan lebih banyak uji coba pada manusia untuk memastikan sifat antibakteri cuka sari apel tersebut.

5. Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Tingginya kadar lipid dan kolesterol dalam darah merupakan faktor risiko penyakit jantung. Dan tinjauan sistematis pada tahun 2021 menemukan bahwa konsumsi cuka sari apel dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol total dalam darah. Menurut penelitian lain, cuka sari apel dapat menghalangi pembentukan sel lemak baru dan membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh. Namun uji coba pada manusia skala besar harus dilakukan untuk mengulangi dan mengkonfirmasi hasil positif ini.

Sumber: Very Well Health

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari