Pola Asuh Penuh Perhatian, Berikut Strategi dan Tips Menjadi Orang Tua Mindfulness

Sabtu 09 Maret 2024, 10:34 WIB
Ilustrasi penerapan pola asuh penuh perhatian. | Foto: Pexels.com/@EmmaBauso

Ilustrasi penerapan pola asuh penuh perhatian. | Foto: Pexels.com/@EmmaBauso

SUKABUMIUPDATE.com - Mindfulness atau pola asuh penuh perhatian adalah praktik yang dirancang untuk membantu Anda hadir sepenuhnya pada saat ini untuk si kecil, daripada memikirkan masa lalu atau mencerminkan masa depan.

Maka, mengasuh anak dengan penuh perhatian adalah praktik menerapkan kesadaran dalam mengasuh anak Anda sehari-hari. Dan itu terjadi ketika orang tua membuat pilihan secara sadar, berulang kali, untuk memperhatikan apapun yang terjadi pada saat ini dengan dirinya dan anak-anak.

Ini mungkin membantu orang tua menjadi lebih ingin tahu, cerdas, baik hati, dan menerima. Hal ini juga memungkinkan Anda menjadi lebih reflektif dan mengatur emosi di hadapan mereka.

Strategi untuk Mengasuh Anak dengan Penuh Perhatian

Pola asuh yang penuh perhatian didasarkan pada lima prinsip berikut:

1. Dengarkan dengan penuh perhatian: Ini berarti mendengarkan sepenuhnya dan tanpa gangguan dengan tujuan memahami secara akurat apa yang dikatakan anak Anda.

2. Terimalah diri Anda dan anak tanpa menghakimi: Sadarilah bahwa setiap orang terkadang melakukan kesalahan atau tidak memenuhi harapan. Anda tidak akan selalu menjadi orang tua yang sempurna, dan anak juga tidak akan selalu sempurna. Anda berdua berhak mendapatkan rahmat dan manfaat dari keraguan saat Anda mencoba yang terbaik.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Pola Asuh Perhatian pada Anak, Ini Faktor Kunci hingga Dampaknya

3. Sadar secara emosional terhadap diri dan anak Anda: Dalam situasi apapun, berusahalah memahami kebutuhan emosional Anda dan anak terlebih dahulu. Bahkan jika pada akhirnya tidak setuju atau yakin bahwa emosi tersebut tidak pada tempatnya,maka jangan abaikan. Sah atau tidak, itulah emosi yang berperan dalam situasi ini. Menemukan jalan maju yang konstruktif berarti mencari cara untuk menghadapinya, bukan mengabaikannya.

4. Mengatur emosi dan perilaku secara mandiri: Daripada langsung bereaksi, selalu berhenti sejenak untuk merenungkan keadaan emosi dan situasi Anda. Sekalipun situasinya memerlukan disiplin, penting untuk melakukannya dengan tenang dan tanpa menunjukkan kemarahan atau frustrasi.

5. Berbelas kasihlah terhadap diri sendiri dan anak: Lebih memaafkan diri sendiri dan anak. Karena sekali lagi, tidak ada orang yang sempurna, dan anak-anak perlu diyakinkan bahwa mereka tetap dicintai dan diterima bahkan ketika mereka melakukan kesalahan.

Tips Menjadi Orang Tua yang Penuh Perhatian

Dapatkan Dukungan

Untuk semua orang tua, manfaatkan teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan saat Anda membutuhkannya. Mereka dapat melakukan beberapa pekerjaan rumah ketika Anda terlalu sibuk bekerja atau mengasuh anak-anak ketika Anda memerlukan beberapa jam untuk bersantai.

Minta Maaf Dengan Tulus dan Kejujuran

Menjadi panutan bukan berarti menjadi sempurna tetapi menunjukkan keterampilan dan sifat yang dibutuhkan anak-anak untuk menjalani kehidupan seiring mereka tumbuh dewasa. Jika Anda merespons dengan kemarahan atau frustrasi di saat yang panas, tindakan sederhana dengan mengakui kesalahan dan rasa sakit hati yang diakibatkannya dapat membantu menyembuhkan kerusakan tersebut. Ini juga merupakan kesempatan untuk mencontohkan kepada anak keterampilan sulit dalam mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda.

Ajukan Pertanyaan dan Cobalah untuk Tidak Menyela

Ajukan pertanyaan yang memberi mereka kesempatan untuk memberikan konteks situasi secara utuh. Jangan memotongnya ketika Anda merasa sudah cukup mendengar untuk memahaminya. Biarkan mereka menyelesaikannya. Proses menjelaskannya bisa sangat membantu. Namun yang terpenting adalah membuat anak merasa didengarkan. Ketika tiba waktunya untuk merespons, mereka tahu bahwa Anda merespons dari sudut pandang pemahaman karena Anda
meluangkan waktu untuk mendengarkan.

Latih Juga Pola Asuh yang Penuh Perhatian di Saat-saat Baik

Sangat mudah untuk membiasakan diri berfokus hanya pada perilaku yang perlu diperbaiki, baik pada diri Anda sendiri maupun pada anak Anda. Hal ini dapat membuat pengasuhan yang penuh perhatian menjadi lebih menantang karena Anda mulai hanya menerapkan teknik-teknik tersebut pada situasi sulit. Sebaliknya, berusahalah untuk hadir dan sadar di saat-saat baik juga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 01:36 WIB

Hasil Autopsi Ibu di Sukabumi yang Dibunuh Anak: Luka Tusuk di Leher Jadi Penyebab Kematian

Terdapat banyak luka tusukan. Berikut hasil autopsi jasad ibu yang dibunuh anak kandung di Kalibunder Sukabumi.
Tim dokter forensik RSUD R Syamsudin SH, dr Nurul Aida Fathya saat diwawancara terkait hasil autopsi jasad ibu yang dibunuh anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi14 Mei 2024, 23:44 WIB

Geram Sampah Menumpuk, Warga di Palabuhanratu Sukabumi Pasang Spanduk Bernada Sindiran

Warga Kampung Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi pasang spanduk larangan membuang sampah di TPS sementara.
Salah satu spanduk yang dipasang warga Kampung Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola14 Mei 2024, 22:28 WIB

Hasil Leg 1 Championship Series Liga 1: Bali United vs Persib Berakhir Imbang 1-1

Laga sengit Persib Bandung vs Bali United di Leg 1 Championship Series Liga 1 berakhir imbang 1-1.
Striker Persib Bandung David da Silva cetak gol penyeimbang di injury time. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi14 Mei 2024, 21:58 WIB

Rahmat Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi Akan Diperiksa Kejiwaannya

Polisi bakal panggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri di Kalibunder Sukabumi.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi saat akan dimasukan ke sel. | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan14 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami, Yuk Biasakan!

Dengan membiasakan rutinitas malam yang sehat dan merawat kulit wajah secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bercahaya secara alami.
Ilustrasi. Mencuci Muka. Inilah Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:57 WIB

Ditusuk Nasabah, Debt Collector di Sukabumi Lapor Polisi Dalam Keadaan Pisau Menancap di Dagu

Berikut kronologi Debt Collector ditusuk nasabah nunggak di Sukabumi. Pelaku masih diburu polisi.
Korban penusukan di Sukabumi saat terbaring di rumah sakit. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)