Ingin Wujudkan Body Goals di Tahun 2024? Terapkan 7 Tips Diet Ini!

Kamis 04 Januari 2024, 09:47 WIB
Ilustrasi wanita sedang berolahraga. | Foto: Pixabay/@Stocksnap

Ilustrasi wanita sedang berolahraga. | Foto: Pixabay/@Stocksnap

SUKABUMIUPDATE.com – Tahun baru selalu menjadi awal baru untuk memulai suatu hal yang baik dan bermakna dalam hidup. Tahun baru juga selalu menjadi momentum yang paling tepat untuk memulai resolusi tahunan. Salah satu resolusi tahunan yang paling sering muncul ialah memiliki body goals.

Memiliki body goals adalah salah satu pencapaian yang banyak diidam-idamkan. Apalagi di tahun baru ini, tentunya banyak sekali yang ingin memiliki perubahan baik dalam dirinya, ya, salah satunya memiliki tubuh yang ideal.

Dalam memasang target memiliki tubuh ideal, perlu diingat bahwa angka timbangan bukanlah satu-satunya acuan yang bisa digunakan. Hal ini disebabkan karena berat badan ideal juga dipengaruhi oleh tinggi, gender, bahkan aktivitas.

Dalam hal ini, ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mencapai target agar memiliki body goals. Sebagai berikut:

1. Kurangi konsumsi makanan manis dan gorengan

Seperti yang kita ketahui, makanan manis dan gorengan memiliki kalori yang cukup tinggi. Pasalnya, jika memakan gorengan satu potong saja setara dengan satu piring nasi, lho.

Maka dari itu, dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan gorengan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mewujudkan kesehatan tubuh. Memang, mengurangi makan makanan manis dan gorengan bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, lakukan saja secara perlahan.

Dengan demikian, apabila kamu mengurangi konsumsi makanan manis dan gorengan, maka tubuh kamu akan lebih terjaga dan siap menerima perubahan yang lebih sehat, seperti terwujudnya tubuh yang ideal.

2. Perbanyak asupan serat dan vitamin

Bersamaan dengan proses mengurangi konsumsi gorengan dan makanan manis, perbanyaklah asupan serat dan vitamin. Dalam hal ini asupan serat dan vitamin bisa didapatkan dengan mudah pada sayur mayur dan buah-buahan.

Berusahalah konsisten dalam memperbanyak konsumsi serat dan vitamin, maka dari itu berat badan pun akan berangsur berkurang dengan sehat. Alhasil, kamu akan mendapatkan tubuh ideal yang diidam-idamkan.

Baca Juga: Resep Bibimbab Korea, Menu Diet Simpel Masak 30 Menit Aja!

3. Tidak melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan di pagi hari dapat membuat nafsu makan semakin meningkat sehingga porsi makan saat siang hari jadi lebih banyak. Untuk itu, ada baiknya tetaplah menjaga sarapan di pagi hari agar nafsu makan dapat bekerja dengan normal.

Sarapan di pagi hari bisa membuat nafsu makan terkendali sehingga tidak makan dengan porsi berlebihan di siang hari. Perlu diingat, pada saat sarapan pun hindari menu yang terlalu berat, seperti santan dan teman-temannya. Sebagai gantinya, kamu bisa sarapan dengan menu yang lebih ringan, seperti roti, gandum atau buah-buahan.

4. Buat jadwal makan

Buatlah jadwal makan dan ikuti secara konsisten, hal ini perlu dilakukan agar nafsu makan dapat terkendali dengan baik. Pada umumnya, jam makan normal ialah sarapan, makan siang dan makan malam.

Lakukanlah jam makan yang teratur dan konsisten sesuai jadwal yang telah dibuat, dengan demikian tubuh akan jadi lebih mudah beradaptasi. Alhasil, metabolisme tubuh tidak akan terganggu sehingga proses penurunan berat badan menuju body goals jadi lebih cepat.

5. Mulai olahraga ringan

Olahraga merupakan salah satu tips yang selalu disisipkan dalam program diet demi mencapai tubuh ideal yang diinginkan.

Agar tidak terlalu berat, kamu bisa memulai melakukannya dengan olahraga yang ringan saja. Misalnya, dalam meningkatkan aktivitas fisik seperti menyapu, mengepel, mencuci hingga jalan santai keliling kompleks. Apabila sudah terbiasa, lalu cobalah untuk meningkatkan aktivitas dengan melakukan kardio intensitas tinggi hingga rangkaian olahraga beban agar metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Diet Sehat, Apel Hingga Alpukat

6. Penuhi asupan cairan tubuh

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting dalam mencapai body goals ialah dengan rutinnya minum air putih. Dengan minum air putih, kebutuhan cairan di tubuhmu jadi tercukupi.

Kemenkes RI menyatakan bahwa kebutuhan air putih dalam tubuh orang dewasa ialah sekitar delapan gelas berukuran 230 mililiter setiap hari. Hal ini dapat dikatakan bahwa kebutuhan total air putih adalah sekitar 2 liter per hari. Untuk memenuhinya, kamu bisa menggunakan gelas atau tumbler yang lucu agar terus terpacu dan termotivasi untuk minum air putih.

7. Atur waktu istirahat

Beberapa tips yang sudah disebutkan di atas tidak akan berjalan mulus apabila kamu melakukannya tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup. Untuk itu, lakukanlah istirahat yang cukup dengan jam tidur sekitar 6-8 jam di malam hari.

Nah itulah 7 tips yang dapat dilakukan apabila ingin mencapai body goals yang diidam-idamkan. Lakukanlah secara konsisten agar metabolisme tubuh selalu seimbang dan terjaga dengan baik.

Sumber: Beautynesia.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich