8 Karakteristik Kepribadian ISTJ yang Menjadi Insprasi Lagu NCT DREAM

Kamis 14 September 2023, 16:45 WIB
8 Karakteristik Kepribadian ISTJ yang Menjadi Insprasi Lagu NCT DREAM | Sumber: Freepik

8 Karakteristik Kepribadian ISTJ yang Menjadi Insprasi Lagu NCT DREAM | Sumber: Freepik

SUKABUMIUPDATE.comISTJ (Intorvert, Sensing, Thinking, dan Judging) merupakan salah satu dari tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers Briggs Type Indicator (MBTI).

Menurut tes MBTI, seseorang dengan tipe kepribadian ISTJ adalah sosok introvert yang realistis serta selalu terencana dan tersusun dalam melakukan apapun. Jika terjadi satu kesalahan akan langsung mengacaukan pikirannya dan menjadi tertutup.

Dalam dunia kerja tipe kepribadian ISTJ cenderung pendiam dan ketika ada masalah akan diselesaikan dengan pikiran logis serta tersusun dengan caranya sendiri.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

ISTJ menjadi inspirasi dan lagu utama untuk album ketiga dari boy grup asal Korea Selatan yakni NCT Dream yang dirilis pada 17 Juli 2023 lalu.

Daripada penasaran mari mengenal karakteristik kepribadian ISTJ dengan menyimak informasinya di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perencana yang Baik

Kepribadian ISTJ merupakan sosok yang cukup teliti, tersusun, dan perencana yang baik. Maka dari itu, tipe ini sangat suka membuat rencana akan suatu hal dalam hidupnya.

Namun, sifat yang terlalu tersusun itu membuat ISTJ suka kesulitan menerima perubahan kalau ada suatu hal yang berbeda dari rencana dan akan menyebabkannya stress berat.

Baca Juga: 7 Prinsip Hidup Stoikisme yang Baik Untuk Kesehatan Mental, Yuk Terapkan

2. Memiliki Konsentrasi Tinggi

ISTJ memiliki kecenderungan konsentrasi tinggi ketika mengerjakan sesuatu dan tidak akan peduli sama hal lain yang dapat mengganggunya. Mereka akan menyelesaikan semua pekerjaan tanpa menyentuh sesuatu lain seperti gadget agar bisa selesai tepat waktu.

Maka dari itu, ISTJ dapat diandalkan untuk mengerjakan sesuatu walau akan sulit dihubungi karena terlalu konsentrasi bekerja.

3. Kaku dan Keras Kepala

Sosok kepribadian ISTJ cukup terkenal sebagai tipe kaku dan keras kepala. Karena cenderung sulit untuk menerima ide atau rencana baru yang tidak sesuai dengan fakta dan membuatnya tidak peduli pada berbagai hal yang mungkin sebenarnya bagus untuk dirinya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Menyebabkan Stres, Sebisa Mungkin Hindari!

4. Logis

Tipe kepribadian ISTJ adalah sosok yang sangat logis saat menghadapi situasi tertentu dan tidak akan menggunakan perasaan, sehingga dikenal realistis serta objektif dalam memutuskan sesuatu.

Kalau mendapatkan informasi terbaru tentang masa depan ISTJ akan langsung membandingkan dengan informasi terdahulu agar bisa membuat prediksi sekaligus rencana lebih baik.

5. Pekerja Keras

Tipe kepribadian ini memang dikenal pekerja keras karena sifatnya yang konsentrasi tinggi dan tersusun dalam melakukan sesuatu. Bahkan, dalam hidupnya ISTJ akan membuat susunan rencana masa dengan dan akan meraihnya dengan sungguh-sungguh.

Ketika mengalami kegagalan, ISTJ akan bertekad besar untuk mencobanya lagi hingga tercapai, walau akan mengalami stress selama beberapa hari.

Baca Juga: 10 Cara Mengendalikan Emosi Ketika Marah, Lakukan Jangan Sampai Menyesal

6. Selalu Teratur

ISTJ memang dikenal dengan sifatnya yang selalu teratur dalam mengerjakan sesuatu. Hasil kerja dari tipe satu ini akan rapi sekali tapi mereka akan stress kalau melihat sesuatu di sekitarnya berantakan atau ada yang mengganggu susunan pekerjaannya.

Jika ada yang mengganggu pekerjaanya akan membuat ISTJ kesal dan enggan untuk menyelesaikannya hal tersebut.

7. Bertanggung Jawab

ISTJ dikenal sebagai pekerja keras dalam menyelesaikan sesuatu yang diberikan kepadanya. Ia akan berusaha sebaik mungkin, selalu menepati perkataan atau janji yang telah dikatakan ke orang lain.

Karena itu, ISTJ menjadi orang yang bisa diandalkan oleh sekitarnya dan dapat dipercaya dalam memegang tanggung jawab dalam pekerjaan.

Baca Juga: 10 Tips Bahagia Meski Sedang Capek Karena Tekanan dan Beban Hidup

8. Lebih Suka Berkomunikasi Melalui Tulisan

Terakhir, ISTJ yang cenderung tertutup memang sulit membuka diri bahkan terhadap orang sekitarnya. Karena hal itu membuat tipe ini lebih suka berkomunikasi melalui tulisan atau chat daripada berbicara langsung pada orang ditujunya.

Itulah 8 karakteristik dari tipe kepribadian ISTJ yang bisa Updaters kenali. Semoga bermanfaat.

Sumber: berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa