12 Ciri Orang yang Menyalahgunakan Kekuasaan, 'Asa Ieu Aing' Toxic Banget!

Selasa 12 September 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi. Bossy | 12 Ciri Orang yang Menyalahgunakan Kekuasaan, 'Asa Ieu Aing' Toxic Banget! (Sumber : pixabay.com/@Lukas)

Ilustrasi. Bossy | 12 Ciri Orang yang Menyalahgunakan Kekuasaan, 'Asa Ieu Aing' Toxic Banget! (Sumber : pixabay.com/@Lukas)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang menyalahgunakan kekuasaan sering menunjukkan perilaku yang tidak etis dan merugikan alias toxic. Kerugian yang dimaksud bisa tampak dalam berbagai konteks, termasuk dalam hubungan pribadi, lingkungan kerja, atau dalam peran kepemimpinan.

Tipe orang yang menyalahgunakan kekuasaan ini dalam bahasa sunda sering disindir dengan paribasa 'asa ieu aing' alias sombong. Mereka cenderung bertindak seenaknya karena merasa sombong atas jabatan yang dimiliki.

Yuk, kenali ciri-ciri orang yang menyalahgunakan kekuasaan agar kamu tidak dimanfaatkan dengan dalih jabatan. Simak ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber :

Ciri-Ciri Orang yang Menyalahgunakan Kekuasaan

1. Egois dan Tidak Kooperatif

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan cenderung memprioritaskan kepentingan pribadi atau diri sendiri daripada kepentingan umum atau tim.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

2. Tidak Adil

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan memperlakukan beberapa orang lebih baik daripada yang lain, terutama jika ada hubungan pribadi atau kepentingan tertentu.

3. Mengabaikan Pendapat Orang Lain

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan sering mengabaikan atau tidak mempertimbangkan pendapat atau keinginan orang lain dalam pengambilan keputusan.

4. Penyalahgunaan Wewenang

Orang toxic ini biasanya menggunakan kekuasaan atau wewenang mereka untuk mencapai tujuan pribadi. Mereka juga kerap berusaha keras meraih keuntungan pribadi tanpa memperhatikan dampak negatif pada orang lain atau organisasi.

Baca Juga: 15 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental

5. Tidak Transparan

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan cenderung tidak transparan dalam tindakan atau keputusan mereka dan mungkin menyembunyikan informasi penting.

6. Korupsi

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan ada kemungkinan terlibat dalam tindakan korupsi. Mereka bisa saja menerima suap, hadiah, atau sogokan lain sebagai imbalan atas penggunaan kekuasaan mereka.

7. Intimidasi dan Tekanan

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan kerap melakukan intimidasi hingga memberikan tekanan mental atau ancaman lisan untuk mencapai tujuan pribadi.

Orang toxic seperti ini juga memaksa orang lain untuk mematuhi kehendak mereka.

8. Menghukum Orang Lain

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan dapat menggunakan kekuasaan mereka untuk memecat atau menghukum orang lain tanpa alasan atau prosedur yang sah.

Baca Juga: 20 Contoh Babasan Sunda dan Artinya: Ngarasa Ieu Aing Alias Adigung

9. Konflik Kepentingan

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan terlibat dalam konflik kepentingan. Konflik ini yaitu kepentingan pribadi yang tumpang tindih dengan tanggung jawab atau kepentingan organisasi mereka.

10. Tidak bertanggung jawab

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan mungkin tidak mau bertanggung jawab atas tindakan atau keputusan mereka, terutama ketika ada konsekuensi negatif.

11. Memanfaatkan Orang Lain dengan Tidak Adil

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan dapat menggunakan sumber daya organisasi. Contohnya menyalahgunakan uang, fasilitas, waktu hingga karyawan dibawah jabatannya untuk keuntungan pribadi tanpa izin atau dengan cara yang tidak etis.

12. Mengabaikan Hak Asasi Manusia

Dalam beberapa kasus ekstrem, Orang yang menyalahgunakan kekuasaan dapat melibatkan diri dalam pelanggaran hak asasi manusia atau tindakan kekerasan.

Baca Juga: 8 Dampak Masalah Mental Terhadap Perilaku Anak, Ayah Bunda Wajib Tahu!

Orang yang menyalahgunakan kekuasaan termasuk orang toxic. Menyalahgunakan kekuasaan adalah perilaku yang serius dan merusak.

Organisasi dan masyarakat umumnya harus memiliki mekanisme yang efektif untuk melaporkan dan menangani kasus penyalahgunaan kekuasaan. Ini juga menjadi upaya untuk mempromosikan etika, keadilan, dan transparansi dalam penggunaan kekuasaan.

Sumber : Berbagai Sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi18 Juli 2024, 09:30 WIB

We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!

We Are Hiring! Untuk kamu yang tertarik, Yuk Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!
Ilustrasi. Karyawan. We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini! (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Life18 Juli 2024, 09:00 WIB

11 Tips Mengobati Mental Anak yang Sering Dimarahi, Bunda Lakukan Hal Ini!

Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi.
Ilustrasi. Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi. | Foto: Pixabay
Life18 Juli 2024, 08:30 WIB

12 Ciri Orang Stres Karena Harga Diri Rendah, Apa Kamu Mengalaminya?

Stres karena rendah diri dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang.
Ilustrasi. Ciri Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat18 Juli 2024, 08:00 WIB

6 Kategori Makanan yang Aman dan Sehat untuk Balita, Catat Ya Bund!

Dengan memberikan berbagai jenis makanan yang aman dan bergizi, balita dapat menikmati makanan sambil mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh sehat.
Ilustrasi. Makanan yang Sehat dan Aman untuk Balita (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi18 Juli 2024, 07:14 WIB

Tiga Besar Suara di Pileg, PKB Bersiap Tempatkan Kader Di Pimpinan DPRD Sukabumi

Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sukabumi kini tengah bersiap menempatkan kader yang terpilih melalui Pemilu Legislatif 2024 untuk menduduki kursi wakil pimpinan DPRD.
PKB tempatkan kader di pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Matar/Sukabumiupdate
Life18 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tuanya, Perilakunya Beda!

Memahami dan mengenali tanda-tanda stres pada anak adalah langkah pertama dalam memberikan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang dengan sehat dan bahagia.
Ilustrasi. Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tuanya (Sumber : Freepik/@jcomp)