Ki Bungsu Kawangi di Pohon Plang Kian Santang, Penunggu Curug Cikaso Sukabumi?

Jumat 02 Juni 2023, 12:00 WIB
Ki Bungsu Kawangi Berfoto depan Pohon Plang Prabu Kian Santang (Sumber : Padepokan Jagad Kawangi)

Ki Bungsu Kawangi Berfoto depan Pohon Plang Prabu Kian Santang (Sumber : Padepokan Jagad Kawangi)

SUKABUMIUPDATE.com - Raden Kian Santang, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat tatar Sunda Jawa Barat, termasuk Sukabumi. Anak Prabu Siliwangi itu bahkan populer sebagai penunggu salah satu Curug di Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi.

Menariknya, Raden Kian Santang juga sempat disandingkan dengan Ki Bungsu Kawangi. Yakni, YouTuber Supranatural yang berhasil membuat Kisah Bu Siti Bersuami 2 viral di media sosial.

Maksud disandingkan disini, bukan lah adu kekuatan ghaib ya, Updaters! Akan tetapi, Ki Bungsu Kawangi diketahui pernah berfoto di depan pohon dengan plang nama "Prabu Kian Santang" pada November 2022 lalu.

Baca Juga: Bu Siti Poliandri Pingsan Usai 2 Suami Mudanya Minum Kopi Ki Bungsu Kawangi?

Ki Bungsu Kawangi Berfoto depan Pohon Plang Prabu Kian SantangKi Bungsu Kawangi Berfoto depan Pohon Plang Prabu Kian Santang

Foto tersebut diambil dari laman resmi Padepokan Jagad Kawangi -tempat Ki Bungsu Kawangi. Namun demikian, tidak ada keterangan yang dilampirkan dimana lokasi foto tersebut diambil.

Mengenal Ki Bungsu Kawangi dan Raden Kian Santang

Ki Bungsu Kawangi semakin ramai diperbincangkan karena dikenal sebagai sosok yang membuat Bu Siti Bersuami 2 viral di media sosial.

Melalui akun Instagram yang disinyalir adalah milik Ki Bungsu Kawangi, pria yang kerap disebut Ustadz itu diketahui adalah seorang praktisi metafisik. Di Bio Instagram @kibungsukawangi pun dituliskan, pria yang akrab disapa KBK itu adalah Indonesian Metaphysics Practitioner.

Ki Bungsu Kawangi dikenal juga sebagai konsultan spiritual, sehingga beberapa orang memanggilnya Ustadz.

Baca Juga: Heboh Cara Bu Siti Beri Jatah 2 Suami Mudanya, Cek Adab Malam Pertama Yuk!

Ki Bungsu Kawangi berasal dari Garut, Provinsi Jawa Barat. Informasi pendukung kemudian dilansir terpisah dari laman jagadkawangi.business.site, bahwa ada padepokan dengan nama yang serupa dengan KBK, yakni Padepokan Jagad Kawangi.

Padepokan Jagad Kawangi adalah tempat Ki Bungsu Kawangi melakukan kemampuannya sebagai Praktisi Pengobatan Alternatif. Padepokan tersebut beralamat di Kp. Jalan Bener Rt/Rw. 002, Karamat Wangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Masih dari laman yang sama, beberapa warganet memuji keahlian yang dimiliki Ki Bungsu Kawangi. Tak hanya menyanjung Ki Bungsu Kawangi, ada juga yang menuliskan harapannya terkait jodoh.

"Saya kepingin dapat jodoh yg baik setia jadi imam saya di dunia dan akhirat" tulis akun pengguna Est*r, dikutip Jumat (2/6/2023).

Mitos Raden Kian Santang, Penunggu Curug Meong di Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi

Raden Kian Santang merupakan putra dari Prabu Siliwangi (Raja Pakuan Pajajaran) atau Sri Baduga Maharaja dengan Nyi Subang Larang. Kiansantang lahir pada tahun 1315 di Tatar Pasundan, wilayah Pulau Jawa.

Diketahui, sebelum dirinya menuntut ilmu di Mekkah, nama Kian Santang berubah menjadi Galantrang Setra, didapatkan ketika mencari seseorang yang dapat mengalahkan kekuatannya.

Raden Kiansantang merupakan sinatria yang terkenal, gagah dan perkasa sehingga disebutkan sejak kecil hingga dewasa usia 33 tahun, belum ada yang bisa menandingi kekuatan dan kesaktiannya di pulau Jawa.

Sementara sang ayah, Prabu Siliwangi atau Prabu Dewataprana Sri Baduga Maharaja lahir di Kawali Galuh (Ciamis) tahun 1401 dan tutup usia pada 31 Desember 1521.

Prabu Siliwangi adalah putra Prabu Dewa Niskala dan cucu dari Niskala Wastu Kancana. Ia menikah dengan seorang wanita bernama Nyi Ambetikasih, putri dari Ki Gedeng Sindakasih atau pamannya sendiri.

Pernikahan Prabu Siliwangi dengan Nyi Ambetikasih dikaruniai 3 orang anak yang bernama Raden Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuwana, Nyimas Rara Santang, dan Raden Kian Santang.

Anak Prabu Siliwangi yang pertama, Raden Walangsungsang mendirikan Kesultanan Cirebon. Kemudian anak kedua, Nyimas Rara Santang memiliki putra bernama Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati yang mendirikan Kesultanan Banten. Sedangkan anak bungsunya, Raden Kian Santang adalah seorang pendekar yang terkenal sakti di Pulau Jawa.

Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi

Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Masyarakat sekitar lebih sering menyebut curug Cikaso meskipun sebenarnya memiliki nama Curug Luhur (Air terjun Tinggi). Hal ini karena aliran air dari curug bersumber dari anak sungai Cikaso dan bermuara di Muara Tegal Buleud Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan dan memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing 100 meter.

Tepat dibawah curug tersebut terdapat kolam luas berwarna hijau kebiru-biruan bak di negeri dongeng, dengan kedalaman sekitar 15 meter. Namun, pengunjung sangat tidak disarankan berenang di kolam tersebut karena hempasan air terjun bisa membahayakan dan cukup dalam.

Rute menuju Curug Cikaso dapat dijangkau melalui akses ke Jalan Nasional Surade - Tegalbuleud dengan jarak sekitar 8 kilometer.

Para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat bisa masuk langsung ke area parkir. Kemudian, untuk masuk ke Curug Cikaso, pengunjung harus naik perahu dan menyusuri Sungai Cikaso hanya sekitar 5 - 10 menit.

Jika pengunjung tidak ingin naik perahu, maka alternatif lain yang dapat dipilih yaitu melalui pematang sawah milik penduduk sekitar.

Baca Juga: Viral Bu Siti Bersuami 2, Ini Dampak Buruk Poliandri pada Keturunan dan Hak Waris!

Seperti diketahui sebelumnya, di kanal YouTube Ki Bungsu Kawangi, Cerita poliandri Ibu Siti  viral belakangan ini setelah diunggah pada 18 April 2023 dengan judul "Ibu Haji Cantik Memiliki Dua Suami Tinggal Serumah Tetap Harmonis". Namun hingga artikel ini ditayangkan belum ada informasi apakah Cerita praktik poliandri Bu Siti Bersuami 2 ini termasuk kisah nyata atau sekadar konten belaka.

Poliandri Bu Siti Punya 2 Suami Viral, Kena Dukun Pelet Nenek Peot 120 Tahun?Poliandri Bu Siti Punya 2 Suami Viral, Kena Dukun Pelet Nenek Peot 120 Tahun?

Melalu YouTube Ki Bungsu Kawangi, diceritakan bahwa praktik poliandri (memiliki suami lebih dari satu) yang dilakukan Bu Siti ditentang oleh warga, sehingga mereka bertiga sempat diusir oleh warga dan memutuskan tinggal di tempat terpencil. Meski begitu, Bu Siti dan dua suaminya tetap harmonis karena jatah yang diberikan seimbang.

Sumber : berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio