5 Cara Memindahkan Foto dari Ponsel ke PC Windows, Mudah dan Praktis

Sabtu 15 Oktober 2022, 16:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebenarnya memindahkan file foto ke PC Windows adalah suatu hal yang mudah. Kamu bisa mentransfer file dengan praktis menggunakan kabel USB atau Google Foto.

Dikutip dari Suara.com yang dilansir dari ZDNET, Jumat (14/10/2022), selain cara diatas ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan dalam memindahkan file foto dari ponsel ke PC Windows.

1. Mencolokkan ponsel Anda ke PC

Cara termudah untuk memindahkan foto anda adalah menyalinnya langsung dari ponsel anda. Untuk melakukan ini, colokkan ponsel ke port USB di PC anda. Di ponsel anda, geser ke bawah dari atas layar hingga melihat opsi untuk koneksi USB anda.

Ini mungkin memberitahu anda bahwa saat ini sedang mengisi daya perangkat anda melalui USB. Ketuk pengaturan itu dan ubah ke Transfer file.

Selanjutnya, buka File Explorer di PC Windows dan arahkan ke perangkat Android anda. Telusuri folder Penyimpanan Internal atau Penyimpanan Bersama Internal ke subfolder DCIM lalu buka folder Kamera.

Anda akan melihat semua foto ponsel di sini. Buka jendela lain di File Explorer ke folder lokal di PC anda. Anda kemudian dapat menyalin dan menempel atau menarik dan melepas foto dari ponsel ke komputer.

2. Menggunakan aplikasi Foto Windows

Anda juga dapat mengimpor foto dari ponsel menggunakan aplikasi Windows Photos. Buka aplikasi di PC . Klik tombol Impor dan pilih opsi untuk Dari perangkat yang terhubung.

Pilih ponsel Android anda dan izinkan aplikasi menghasilkan semua foto dari perangkat. Klik link untuk Ubah tujuan untuk memilih folder lain untuk mengimpor foto.

Klik menu tarik-turun untuk Pilih dan pilih opsi untuk Semua item. Centang kotak untuk Hapus item asli setelah impor untuk menghapus foto dari ponsel Anda. Jika sudah siap, klik tombol Impor.

3. Menggunakan Google Foto

Pertama, pastikan foto di ponsel anda dicadangkan dan disinkronkan ke Google Foto. Buka aplikasi Foto.

Ketuk ikon profil dan pilih Setelan foto. Pilih Cadangkan & sinkronkan dan konfirmasikan bahwa pengalih diaktifkan untuk Pencadangan & sinkronisasi. Juga, pastikan anda memiliki cukup ruang di penyimpanan cloud Google Anda untuk menampung semua foto Anda.

Anda juga dapat mengubah ukuran Unggah untuk mengunggah foto dalam format terkompresi untuk menghemat ruang.

Jelajahi dan masuk ke situs web Google Foto di komputer anda. Anda akan melihat foto-foto yang disinkronkan dari ponsel Android di sana.  

Pilih foto pertama, tahan tombol Shift, lalu pilih foto terakhir. Klik ikon tiga titik di kanan atas dan pilih Unduh. Foto anda disimpan di folder Unduhan default Anda sebagai file ZIP.

4. Menggunakan Microsoft OneDrive

Berikut adalah opsi yang berguna jika anda sudah menggunakan Microsoft OneDrive di Windows. Instal aplikasi OneDrive di ponsel Android jika anda belum melakukannya.

Buka aplikasi dan masuk dengan akun Microsoft anda. Ketuk ikon Foto di bagian bawah. Tap opsi untuk Upload kamera dan tap tombol Aktifkan . Kemudian geser tombol untuk Upload kamera.

Setelah foto disinkronkan, buka folder OneDrive di komputer dan anda akan melihat semua foto.

5. Menggunakan Tautan Telepon Microsoft

Pilihan lainnya adalah menggunakan Microsoft Phone Link, yang memungkinkan anda melihat dan mengambil foto dan item lainnya dari ponsel Android. Langkah pertama adalah menautkan dan menyinkronkan ponsel Android anda dengan Windows.

Setelah ponsel anda ditautkan, pilih opsi untuk Foto di aplikasi Phone Link di PC Windows anda. Anda kemudian akan melihat semua foto dari ponsel.

Klik kanan pada foto yang ingin anda unduh dan pilih Simpan sebagai. Kelemahan dari Phone Link adalah tidak ada cara untuk memilih dan mengunduh banyak foto ke PC anda dalam satu pemotretan. Jadi alat ini lebih berguna untuk mengunduh beberapa foto sekaligus.

Writer: Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).