5 Cara Memindahkan Foto dari Ponsel ke PC Windows, Mudah dan Praktis

Sabtu 15 Oktober 2022, 16:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebenarnya memindahkan file foto ke PC Windows adalah suatu hal yang mudah. Kamu bisa mentransfer file dengan praktis menggunakan kabel USB atau Google Foto.

Dikutip dari Suara.com yang dilansir dari ZDNET, Jumat (14/10/2022), selain cara diatas ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan dalam memindahkan file foto dari ponsel ke PC Windows.

1. Mencolokkan ponsel Anda ke PC

Cara termudah untuk memindahkan foto anda adalah menyalinnya langsung dari ponsel anda. Untuk melakukan ini, colokkan ponsel ke port USB di PC anda. Di ponsel anda, geser ke bawah dari atas layar hingga melihat opsi untuk koneksi USB anda.

Ini mungkin memberitahu anda bahwa saat ini sedang mengisi daya perangkat anda melalui USB. Ketuk pengaturan itu dan ubah ke Transfer file.

Selanjutnya, buka File Explorer di PC Windows dan arahkan ke perangkat Android anda. Telusuri folder Penyimpanan Internal atau Penyimpanan Bersama Internal ke subfolder DCIM lalu buka folder Kamera.

Anda akan melihat semua foto ponsel di sini. Buka jendela lain di File Explorer ke folder lokal di PC anda. Anda kemudian dapat menyalin dan menempel atau menarik dan melepas foto dari ponsel ke komputer.

2. Menggunakan aplikasi Foto Windows

Anda juga dapat mengimpor foto dari ponsel menggunakan aplikasi Windows Photos. Buka aplikasi di PC . Klik tombol Impor dan pilih opsi untuk Dari perangkat yang terhubung.

Pilih ponsel Android anda dan izinkan aplikasi menghasilkan semua foto dari perangkat. Klik link untuk Ubah tujuan untuk memilih folder lain untuk mengimpor foto.

Klik menu tarik-turun untuk Pilih dan pilih opsi untuk Semua item. Centang kotak untuk Hapus item asli setelah impor untuk menghapus foto dari ponsel Anda. Jika sudah siap, klik tombol Impor.

3. Menggunakan Google Foto

Pertama, pastikan foto di ponsel anda dicadangkan dan disinkronkan ke Google Foto. Buka aplikasi Foto.

Ketuk ikon profil dan pilih Setelan foto. Pilih Cadangkan & sinkronkan dan konfirmasikan bahwa pengalih diaktifkan untuk Pencadangan & sinkronisasi. Juga, pastikan anda memiliki cukup ruang di penyimpanan cloud Google Anda untuk menampung semua foto Anda.

Anda juga dapat mengubah ukuran Unggah untuk mengunggah foto dalam format terkompresi untuk menghemat ruang.

Jelajahi dan masuk ke situs web Google Foto di komputer anda. Anda akan melihat foto-foto yang disinkronkan dari ponsel Android di sana.  

Pilih foto pertama, tahan tombol Shift, lalu pilih foto terakhir. Klik ikon tiga titik di kanan atas dan pilih Unduh. Foto anda disimpan di folder Unduhan default Anda sebagai file ZIP.

4. Menggunakan Microsoft OneDrive

Berikut adalah opsi yang berguna jika anda sudah menggunakan Microsoft OneDrive di Windows. Instal aplikasi OneDrive di ponsel Android jika anda belum melakukannya.

Buka aplikasi dan masuk dengan akun Microsoft anda. Ketuk ikon Foto di bagian bawah. Tap opsi untuk Upload kamera dan tap tombol Aktifkan . Kemudian geser tombol untuk Upload kamera.

Setelah foto disinkronkan, buka folder OneDrive di komputer dan anda akan melihat semua foto.

5. Menggunakan Tautan Telepon Microsoft

Pilihan lainnya adalah menggunakan Microsoft Phone Link, yang memungkinkan anda melihat dan mengambil foto dan item lainnya dari ponsel Android. Langkah pertama adalah menautkan dan menyinkronkan ponsel Android anda dengan Windows.

Setelah ponsel anda ditautkan, pilih opsi untuk Foto di aplikasi Phone Link di PC Windows anda. Anda kemudian akan melihat semua foto dari ponsel.

Klik kanan pada foto yang ingin anda unduh dan pilih Simpan sebagai. Kelemahan dari Phone Link adalah tidak ada cara untuk memilih dan mengunduh banyak foto ke PC anda dalam satu pemotretan. Jadi alat ini lebih berguna untuk mengunduh beberapa foto sekaligus.

Writer: Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih24 September 2023, 00:34 WIB

Gerindra Nilai Peluang Duet Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024 Sulit Terwujud

Soal duet Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024, Waketum Gerindra Habiburokhman menyebut mana mungkin dari satu koalisi ada dua capres.
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo mengunggah kebersamaannya dengan Prabowo Subianto di akun instagram miliknya @ganjar_pranowo. (Sumber : IG Ganjar Pranowo)
Nasional24 September 2023, 00:18 WIB

Alasan Kaesang Pangarep Putra Bungsu Jokowi Gabung PSI

Putra Bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Berikut alasan dan tekadnya masuk parpol.
Kaesang Pangarep resmi bergabung dengan PSI. (Sumber : IG PSI)
Sukabumi23 September 2023, 23:04 WIB

Diduga Todong Pistol ke Korban, Begal Ditangkap dan Dihajar Massa di Tegalbuleud Sukabumi

Pembegalan dilakukan terduga pelaku dan satu temannya yang berhasil kabur.
Terduga begal yang ditangkap dan dihajar massa di Kampung Gerendel, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Sabtu malam (23/9/2023). | Foto: Istimewa
Nasional23 September 2023, 22:07 WIB

3 Orang Dilaporkan Tewas, Kecelakaan Beruntun di Simpang Exit Tol Bawen Semarang

Kecelakaan maut beruntun ini melibatkan sekitar 14 kendaraan.
Kecelakaan maut beruntun di kawasan Bangjo, sekitar Gerbang Keluar Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023) malam. | Foto: Istimewa
Film23 September 2023, 22:00 WIB

Sinopsis Drama Korea The Worst of Evil, Ji Chang Wook Bermain Action Lagi

Sinopsis Drama Korea The Worst of Evil yang menjadi kembalinya Ji Chang Wook memainkan genre action
Sinopsis Drama Korea The Worst of Evil yang menjadi kembalinya Ji Chang Wook memainkan genre action | Sumber: Instagram /@disneypluskr
Bola23 September 2023, 21:32 WIB

Ciro Alves Cetak Gol Kemenangan, Persib Kalahkan Bhayangkara FC 2-1

David Da Silva yang menjadi ujung tombak serangan Maung Bandung berhasil mencetak gol pada menit ke-27.
(Foto Ilustrasi) Pertarungan sengit terjadi dalam laga Bhayangkara Presisi Indonesia FC vs Persib Bandung pada pekan ke-13 Liga 1. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 September 2023, 21:09 WIB

BPD Sebut Miskomunikasi, Pembabatan Tanaman Petani Bantaragung Sukabumi di Eks HGU

Petani mengizinkan karena menduga pembabatan hanya untuk membuka akses jalan.
Tanaman petani yang rusak di lahan eks HGU PT Djaya Perkebunan Sinduagung, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life23 September 2023, 21:00 WIB

5 Arti dan Makna Jodoh Itu Teman Ngobrol Seumur Hidup, Dia Termasuk?

Inilah Sederet Arti sekaligus Makna Jodoh Itu Teman Ngobrol Seumur Hidup, Apa Dia Termasuk?
Ilustrasi. Menua Bersama | Makna Jodoh Teman Ngobrol Seumur Hidup (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Food & Travel23 September 2023, 20:00 WIB

Petani Cikidang Bagi-bagi Durian Gratis, Strategi Promosi Pertanian Sukabumi

Panitia menyiapkan durian yang dibagikan dan dimakan masyarakat secara gratis.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Festival Durian Lokal Unggulan Kecamatan Cikidang tahun 2023 di Caldera Rever Resort, Desa Cijambe, Cikidang, Sabtu (23/9/2023). | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Film23 September 2023, 20:00 WIB

7 Rekomendasi Film dan Drakor Tema Politik, Sambut Pesta Demokrasi Indonesia 2024

Inilah Sederet Rekomendasi Film dan Drakor dengan Tema Politik, Sambut Pesta Demokrasi Indonesia atau ajang Pemilu 2024.
Taxi Driver | Rekomendasi Film dan Drakor Tema Politik, Sambut Pesta Demokrasi Indonesia 2024 | Foto: Instagram/@taxidriver_sbs