TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Tabungan Haji Rusak Dimakan Rayap, Begini Cara Menukar Uang Rusak di Bank

Dede Imran
Penulis
Kamis 15 Sep 2022, 15:30 WIB
Tabungan Haji Rusak Dimakan Rayap, Begini Cara Menukar Uang Rusak di Bank

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak yang belum tahu mengenai cara menukar uang rusak di Bank. Hal itu penting diketahui seandainya kamu mengalami uang yang dimiliki rusak akibat rayap, tak sengaja robek atau sebagainya.

Seperti kisah yang dialami pasangan suami istri di Solo. Pasangan suami istri Samin dan Kadarwati yang berprofesi sebagai penjaga sekolah itu mengalami nasib apes setelah celengan Tabungan Haji miliknya yang berisi uang sekitar Rp 50 juta ludes dimakan rayap.

Kisah yang dialami pasutri itu bisa menjadi pelajaran untuk kita dalam menyimpan uang. Selain itu, jika mengalami hal serupa, uang yang rusak bisa ditukarkan di Bank Indonesia dengan uang yang masih baru dengan mengikuti tata cara dan syarat yang berlaku.

Baca Juga :

Mengutip dari Suara.com, uang yang rusak bisa ditukar di Bank Indonesia (BI). Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Junanto Herdiawan menegaskan bahwa uang yang dimakan rayap bisa ditukarkan dengan uang baru dengan sejumlah persyaratan tertentu.

Berikut syarat dan cara menukar uang rusak di Bank yang harus kamu tahu.

Syarat menukar uang rusak di Bank

photoUang rusak. - (istimewa)</span

Adapun lokasi penukaran uang rusak, dapat dilakukan di semua kantor Bank Indonesia (BI) yang ada di Indonesia. Kerusakan yang dimaksud bisa berupa sobek, ada bagian yang hilang, terpotong, tergores dan sebagainya. 

Penting untuk diperhatikan, bahwa tidak semua uang rusak bisa ditukarkan. Syarat penukaran uang rusak yang pertama adalah masyarakat hanya bisa menukarkan uang rusak yang merupakan uang rupiah asli.

Selain itu, uang tersebut juga harus masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Jika uang yang rusak sudah dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI, maka uang yang bisa ditukar adalah yang belum habis masa penukarannya.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini