Cara Menghilangkan Jerawat: Bahan Alami, Penyebab dan Perawatan Terbaik

Selasa 06 Februari 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi. Rutinitas perawatan kulit yang konsisten dapat membantu mengelola dan mencegah jerawat. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Rutinitas perawatan kulit yang konsisten dapat membantu mengelola dan mencegah jerawat. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan jerawat ringan bertahan beberapa hari hingga seminggu. Namun jerawat yang lebih dalam mungkin memerlukan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk teratasi.

Meskipun memencet jerawat baru atau yang membandel sangat menggoda, tapi hal ini jangan dilakukan karena dapat menyebabkan lebih banyak peradangan, waktu penyembuhan lebih lama, atau infeksi.

Sebagai gantinya, cobalah perawatan alami atau untuk jerawat yang membandel. Dan dokter kulit bisa membantu untuk berkonsultasi apabila sudah terlalu parah.

Cara Menghilangkan Jerawat di Rumah

Mengutip verywellhealth ada beberapa pengobatan rumahan yang bagus untuk menghilangkan jerawat secara alami. Beberapa dari solusi ini bersifat anekdotal (berasal dari pengalaman individu), sementara solusi lain hanya mempunyai bukti terbatas yang mendukungnya.

1. Oleskan Bahan Nabati

Bahan nabati, seperti minyak pohon teh (Tea Tree), lidah buaya, dan lainnya, dapat mengatasi jerawat.

Minyak pohon teh: Tinjauan penelitian menemukan bukti berkualitas rendah bahwa minyak pohon teh dapat mengurangi jerawat ringan. Dibandingkan dengan plasebo (zat tidak aktif), minyak pohon teh mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat.

Encerkan minyak pohon teh sesuai petunjuk botol, lalu oleskan sedikit pada jerawat. Jika Anda mengalami iritasi, bersihkan minyak pohon teh dari kulit Anda dan hentikan penggunaan.

Seng: Penelitian menemukan bahwa seng secara efektif mengurangi jumlah jerawat bila digunakan sendiri atau sebagai tambahan pengobatan lainnya. Meskipun efektif, penelitian lain mencatat beberapa efek samping yang tidak menyenangkan, termasuk kulit kering, mengelupas, dan memerah.

Cara paling langsung untuk mengobati jerawat dengan zinc adalah dengan menggunakan salep atau lotion zinc topikal yang ditujukan untuk pengobatan jerawat.

Lidah buaya: Gel topikal lidah buaya telah terbukti dalam penelitian dapat mengurangi jumlah jerawat bila digunakan dengan retinoid topikal. Anda bisa mendapatkan gel lidah buaya di toko obat, apotek, toko online dan toko kesehatan. Anda juga bisa memeras gel langsung dari potongan daun tanaman lidah buaya.

Ekstrak kelopak mawar: Menurut peneliti, karena aktivitas antioksidan ekstrak kelopak mawar, ia bertindak sebagai anti inflamasi bila dioleskan pada kulit. Ekstrak kelopak mawar dapat Anda temukan di toko kesehatan alami dan online.

2. Oleskan Bahan Dapur

Selain itu, sebagian orang mengandalkan bahan dapur umum, seperti kunyit dan teh hijau.
Penelitian telah menunjukkan hasil yang menjanjikan mengenai kunyit untuk mengobati jerawat.

Sebuah tinjauan terhadap 18 penelitian mengevaluasi efek kunyit pada kondisi kulit, termasuk jerawat. Ditemukan peningkatan yang signifikan secara statistik pada kondisi kulit dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam makanan, meminumnya sebagai teh, meminumnya sebagai suplemen, atau mengoleskannya secara topikal.

Karena polifenol(senyawa tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan) dalam teh hijau , yang memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan antineoplastik, penelitian menemukan bahwa ketika teh hijau digunakan secara topikal, dapat mengurangi sekresi sebum (minyak yang dibuat oleh kelenjar kulit) dan mengobati jerawat.

Anda bisa minum teh hijau atau mengoleskannya ke kulit Anda. Anda dapat menemukan topikal teh hijau (atau perawatan jerawat dengan bahan teh hijau) secara online dan di toko kesehatan alami.

3. Kelola Stres

Stres merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat, terutama pada orang dewasa. Para peneliti mengatakan hal ini terjadi karena stres melepaskan sitokin pro-inflamasidan peningkatan kadar kortisol, yang dapat menyebabkan jerawat.

Mengurangi stres dapat membantu mencegah jerawat. Latihan mindfulness, olahraga yang cukup, udara segar, dan tidur yang cukup adalah kebiasaan sehat yang dapat membantu Anda mengelola stres.

Apa yang Membuat Jerawat Lebih Buruk?

Sama seperti beberapa hal yang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat dengan cepat, ada juga beberapa hal yang harus Anda hindari karena dapat memperburuk keadaan. Dermatologis menyarankan untuk menghindari hal-hal berikut:

  • Memencetkan jerawat (ini dapat memperburuk jerawat dan menyebabkan peradangan atau infeksi)
  • Terlalu sering mengganti pengobatan jerawat (berikan waktu setidaknya enam hingga delapan minggu)
  • Oleskan obat jerawat hanya pada noda saja (oleskan tipis-tipis ke seluruh bagian)
  • Menggunakan produk riasan yang menyumbat pori-pori Anda
  • Berbagi kuas riasan
  • Tidur dengan riasan
  • Mengeringkan kulit Anda (pastikan untuk melembabkan)
  • Menggosok kulit Anda terlalu keras
  • Menyeka keringat

Kunci sukses pengobatan jerawat adalah konsistensi dan kesabaran. Bersikaplah lembut saat mencuci muka menggosok wajah secara berlebihan tidak akan menghilangkan jerawat lebih cepat, itu hanya mengiritasi kulit Anda. Banyak perawatan jerawat yang mengeringkan, jadi lembapkanlah kulit Anda juga.

Rutinitas Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Jerawat

  • Cuci muka Anda secara teratur dua kali sehari dan setelah berkeringat.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang lembut.
  • Sering-seringlah keramas untuk menjaga minyak rambut dari wajah Anda.
  • Berikan waktu perawatan Anda untuk bekerja (biasanya enam hingga delapan minggu).
  • Jauhkan tangan Anda dari wajah untuk meminimalkan kuman dan godaan untuk memencet atau memencet jerawat.
  • Jauhi sinar matahari dan tanning bed.

Jika Anda kesulitan menentukan rutinitas perawatan kulit yang cocok untuk Anda atau memerlukan bantuan dalam menemukan produk yang tepat, konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan.(teknisi spesialis kecantikan kulit).

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 09:30 WIB

Simpel Tapi Penting, Ini 7 Etika Ditraktir Orang yang Tidak Boleh Diremehkan

Terkadang seseorang lupa menggunakan etika yang baik saat ditraktir teman. Oleh karenanya penting diperhatikan apa saja yang harus diperhatikan saat ditraktir orang lain.
Ilustrasi. Etika saat ditraktir orang lain. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Cek Fakta03 Mei 2024, 09:08 WIB

Hoaks! Pfizer Minta Maaf Setelah Banyak yang Tewas karena Vaksin Covid-19

Pfizer memohon maaf atas satu twit dari pegawainya yang mempromosikan vaksin saat produk itu belum mendapat izin di Inggris.
(Foto Ilustrasi) Beredar informasi hoaks berisi narasi yang mengeklaim Pfizer memohon maaf terkait vaksin Covid-19 yang mereka buat dan edarkan. | Foto: Pixabay
Sehat03 Mei 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mangga yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.
Ilustrasi - Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi03 Mei 2024, 08:51 WIB

Ditinggal Nonton Timnas vs Irak, Gudang dan Rumah Kebakaran di Purabaya Sukabumi

Adi meninggalkan lokasi pembakaran untuk menonton timnas Indonesia U-23.
Kebakaran gudang dan rumah di Kampung Cigembong RT 34/03 Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Kamis malam, 2 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life03 Mei 2024, 08:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Cepat atau Lambat Akan Merusak Mental Anak

Menjadi orang tua memang berat dan tidak mudah, terlebih dalam mendidik anak. Karena sekali salah sikap kepada anak, pengaruhnya bisa merusak mental.
Ilustrasi. Sikap orang tua yang merusak mental anak. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba
Bola03 Mei 2024, 08:21 WIB

Kalah dari Irak, Begini Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Irak menyamakan kedudukan melalui tandukan Zahid Taahsen pada menit ke-27.
Pemain timnas Indonesia U-23 saat bertemu Irak pada laga perebutan tempat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Kamis, 2 Mei 2024. | Foto: PSSI
Sehat03 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. Aman Dikonsumsi!
Jeruk Lemon. Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/LisaFotios)
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay