5 Skincare Penting saat Cuaca Panas, Wajib Dipakai Agar Kulit Wajah Tetap Sehat!

Rabu 26 April 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. 5 Skincare Penting saat Cuaca Panas, Wajib Dipakai Agar Kulit Wajah Tetap Sehat! (Sumber : Freepik/eugeneshemyakin9)

Ilustrasi. 5 Skincare Penting saat Cuaca Panas, Wajib Dipakai Agar Kulit Wajah Tetap Sehat! (Sumber : Freepik/eugeneshemyakin9)

SUKABUMIUPDATE.com - Gelombang panas saat ini sedang menyerang beberapa negara di Asia, seperti India, Thailand, Myanmar, Laos dan Bangladesh. 

Meskipun Indonesia tak masuk dalam daftar negara di Asia yang mengalami fenomena heatwave, namu masyarakat merasakan panas yang tak biasanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri mengungkapkan jika penyebab cuaca panas tersebut karena gerak semu matahari. Kondisi ini semakin diperburuk dengan tren pemanasan global dan perubahan iklim. 

Baca Juga: BMKG Ungkap 5 Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini

Saat fenomena ini terjadi, salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan adalah kesehatan kulit wajah agar tidak gosong dan tetap terhidrasi saat cuaca panas.

Dan berikut beberapa skincare yang wajib dipakai saat suhu panas agar kulit wajah tak gosong dan tetap sehat seperti menghimpun dari Suara.com.

Ilustrasi. Panas Ekstrem di Thailand Suhu Capai 42 Derajat Celcius

1. Jangan Lupa Gunakan Sunscreen

Kenakan tabir surya adalah hal terpenting yang paling mendasar untuk melindungi kulitmu. Carilah tabir surya yang menawarkan minimal SPF 30.

“Yang paling penting adalah kamu perlu melindungi kulit dari sinar matahari. Jika kamu tidak melakukannya, kulit akan menua lebih cepat dan meningkatkan risiko kanker kulit," kata Elizabeth Mullans, MD, dokter kulit bersertifikat.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk adalah beauty sunscreen SPF 50++ dengan PA++++, memiliki kandungan yang mampu memberikan perlindungan dari sinar UV dan formula skincare yang membantu mencegah dampak dari sinar UV A dan UV B pada kulit.

2. Pakai Pelembap

Kulit masih bisa mengering di musim panas, karena itu pelembap sangatlah dibutuhkan. Khusus untuk cuaca panas, kamu disarankan untuk mencari yang lebih ringan dengan tekstur yang tidak terlalu kental.

Mullans merekomendasikan untuk menemukan pelembab dengan SPF untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra. 

Hanya saja, jangan memakainya di pagi hari dan berpikir itu bisa menggantikan tabir surya sepanjang hari.

Kamu bisa mencoba Cetaphil Moisturizing Lotion, pelembap tubuh dengan kombinasi formula yang unik dari Avocado Oil ini dapat membantu melembapkan kulit.

Cetaphil Moisturizing Lotion dapat membantu mengurangi penguapan alami, menjaga kelembapan kulit, dan membantu memperbaiki tekstur kulit. Segera terserap sehingga kulit jadi halus, lembut, dan terlindungi. 

3. Gunakan Makeup dengan SPF

Mengoleskan tabir surya di atas riasan kamu yang sempurna mungkin sudah biasa. Namun kamu bisa memberikan perlindungan ekstra dengan mengenakan tinted moisturizer atau bedak ber-SPF.

Salah satunya La Roche Posay, Anthelios Ultra SPF 50+ Tabir Surya Berwarna BB Cream dengan teksturnya yang kaya namun tidak berminyak, melindungi, melembapkan dan menyatukan kulit dalam satu langkah.

Makeup ini dapat memberikan perlindungan sinar matahari untuk kulit sensitif, atau alergi dan reaktif terhadap sinar matahari.

Kulit yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama atau atas indikasi dokter kulit, misalnya kulit yang cenderung terkena noda atau spider veins atau dengan proses photoaging yang dipercepat. 

4. Lakukan Eksfoliasi Sekali atau Dua Kali Seminggu

Tabir surya itu penting, dan keringat adalah cara alami tubuh untuk mendinginkan diri. Tetapi keduanya dapat melakukan beberapa hal pada pori-pori. Di situlah pengelupasan berfungsi.

"Ini membantu membuka pori-pori dan mengurangi noda," kata dia, tetapi dia memperingatkan agar tidak berlebihan.

Sebaiknya jangan lakukan eksfoliasi saat kulit baru saja terbakar sinar matahari. Biarkan kulit sembuh dengan sendirinya tanpa iritasi tambahan.

Cobalah eksfoliasi lembut, menggunakan Bio Essence Bio-Renew Exfoliating Gel, yang membantu mengangkat sel kulit mati dari dalam lapisan kulit untuk penyerapan nutrisi produk berikutnya menjadi lebih baik dan secara lembut.

Proses ini dilakukan tanpa rasa sakit membantu mengangkat komedo hitam maupun komedo putih.

5. Mencuci Wajah

Saat cuaca panas, kamu mungkin merasa perlu mencuci muka atau mandi terus-menerus. Para ahli menyarankan untuk tidak melakukannya terlalu sering.

"Tubuh kamu membuat faktor pelembab alami yang menahan air di kulit. Saat kamu mencucinya, bagian atas kulit bisa mengalami dehidrasi," tambahnya.

Sebagai gantinya, menyarankan untuk tetap mandi sekali sehari dan setelah berolahraga. Bilas wajah dengan pembersih lembut dan air hangat di pagi dan malam hari. Kamu juga bisa mencuci dengan air hangat setelah sesi berkeringat.

Jika kamu berkeringat, Mullans menyarankan untuk menggunakan kertas isap. Kertas-kertas ini tidak membutuhkan air, tetapi akan menyerap keringat dari wajah kamu.

Kamu bisa mencoba Clean & Clear Oil Control Film, kertas minyak berupa lembaran yang sangat praktis dan mudah di pakai untuk menyerap kadar minyak yang berlebih pada wajah, sehingga menghilangkan kesan mengkilap di wajah tanpa merusak riasan make up. 

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)