Reuni Sekolah dari Sudut Pandang Kesehatan dan Perekonomian Lokal

Rabu 15 Februari 2023, 21:19 WIB
Heri Antoni anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Amanat Nasional (Sumber: istimewa)

Heri Antoni anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Amanat Nasional (Sumber: istimewa)

Oleh: Ir. Heri Antoni MSi.

Narasi ini perlu ditulis sebagai pandangan saya tentang apa itu reuni. Karena tak lama lagi alumni SMANSA PRABUMULIH akar menggelar REUNI AKBAR lintas angkatan, Sabtu 06 MEI 2023.

Reuni disini harus dilihat dari sisi kemanfaatannya bagi semua. Bagi alumni, bagi sekolah, bagi warga prabumulih dan bagi pemerintah daerah.

Reuni Bagi Kesehatan

Bagi alumni yang saat ini rata-rata sudah berambut putih, REUNI AKBAR adalah salah satu cara menjaga kesehatan, khususnya otak dan jantung. Mengutip narasi konten medsos @kangented, Profesor Ganesha, salah satu ahli jantung Indonesia di rumah sakit Harapan Kita.

Reuni atau apapun istilahnya adalah salah satu upaya mempertemukan kembali yang dulu pernah bersama. Sebagai upaya mencari eksistensi diri yang mulai pupus dari memori karena dimakan usia

Dimana memutar kembali memori adalah upaya mencegah Alzheimer yang memang pada suatu saat akan menghampiri kita semua.

Masih dari konten yang sama, Psikolog Universitas Indonesia, Bagus Takwin menyebut kenangan reuni merupakan semacam sarana untuk melihat kembali diri kita beberapa tahun kebelakang.

Dimana melalui sebuah reuni seorang juga bisa mendapatkan self esteem. Dimana saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya tahu kita yang dulu, disaat itu juga kita mengetahui teman-teman lama.

Reuni juga adalah salah satu jalan menyambung dan memelihara persaudaraan, persahabatan. Sebuah silaturahmi yang sangat dianjurkan.

Untuk mencapai hal positif bagi kesehatan dari reuni. Diperlukan sikap sederajat, jiwa besar, toleran dan mau menahan diri. Bersedia menanggalkan semua atribut, jabatan, status sosial, kekayaan dan lainnya. Tampil menjadi diri kita yang doeloe seperti waktu masih sama-sama di sekolah.

Reuni Dorong Perekonomian Daerah.

REUNI AKBAR adalah ajang mendorong laju perekonomian lokal, disini kita bicara kota tercinta Prabumulih. Kota nanas ini akan mendapatkan dampak positif dari ajang reuni akbar Smansa.

Sebut saja usaha catering, hiburan (organ tunggal dan karaoke), hotel & penginapan, restoran makanan khas daerah, warung pempek dan makanan daerah, rental mobil, usaha cinderamata dan oleh-oleh dan masih banyak usaha lainnya.

Coretan sederhananya seperti ini, jika setiap alumni Smansa yang datang dari luar Prabumulih membelanjakan uangnya minimal Rp 3 juta per orang, berapa rupiah yang akan berputar di kota ini selama masa tersebut.

Jika yang datang 500 dari luar daerah, minimal dimasa itu reuni ini ada kurang lebih Rp 1,5 Miliar uang yg beredar. Belum lagi dari para alumni yang di Prabumulih.

Jangan lupakan dibalik REUNI AKBAR, ada pertemuan kecil kelompok alumni. Biasa di rumah makan, restoran atau apapun yang akan memberikan sumbangsih tidak sedikit bagi pelaku usaha di Prabumulih.

Ini baru dari satu sekolah. Bisa dibayangkan jika semua sekolah melangsungkan REUNI AKBAR dilaksanakan oleh semua sekolah di Prabumulih, berapa banyak uang yang berputar tiap tahun hanya dari acara reuni.

Acara seperti ini, memang tidak salah jika digelar di luar Prabumulih seperti Jakarta karena bisa jadi ajang promosi daerah, tetapi akan lebih baik jika diadakan di kota tercinta ini. Dampak ekonominya akan lebih dirasakan oleh warga tercinta di Prabumulih.

Melalui REUNI AKBAR juga bukan mustahil membuka peluang investor baru dari kalangan alumni di tanah kelahirannya. Baik investasi pribadi maupun kolaborasi sesama alumni.

Jadi REUNI AKBAR adalah ajang kebaikan, menjaga kesehatan kita bersama mendorong perekonomian daerah. Sepantasnya jika Pemkot Prabumulih dan jajaran memberikan dukungan atas kesuksesan acara seperti ini.

Penulis adalah Anggota DPRD KABUPATEN SUKABUMI FRAKSI PAN, sekaligus. ALUMNI SMANSA PRABUMULIH 1982

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)