H.A Sopyan Optimis Tahun 2021 Perekonomian Jabar Segera Pulih

Rabu 03 Februari 2021, 22:00 WIB

SUKABUMIUPATE.com - Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra, H.A Sopyan BHM mengatakan perlambatan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak Pandemi Covid-19 di Jawa Barat, telah menghantam sektor-sektor lapangan usaha yang punya kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Barat (Jabar) pada tahun 2020.

Selain berpengaruh terhadap PDRB Jabar, pandemi juga menghantam sektor-sektor yang selama ini punya pengaruh besar kepada pendapatan fiskal pemerintah daerah, kepada tingkat kemiskinan, kepada tingkat pengangguran dan ekspor Jabar.

Menurut H.A Sopyan berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Jawa Barat hingga bulan Mei 2020 lalu, sebanyak 16.845 orang karyawan telah di PHK (Putus Hubungan Kerja), 78.312 orang karyawan dirumahkan, 1.931 perusahaan terganggu usahanya, 951 perusahaan merumahkan karyawannya dan 440 perusahaan mem-PHK karyawannya.

"Kondisinya hari ini belum pulih sepenuhnya. Karena itu perlu realiasi investasi baru," kata H.A Sopyan kepada sukabumiupdate.com, 4 Februari 2021.

Namun meski terjadi pelemahan ekonomi Jabar pada tahun 2020, legislator asal Daerah Pemilihan Jabar lima meliputi Kota/Kabupaten Sukabumi tersebut menatap optimis ekonomi Jabar memasuki awal tahun 2021 ini. 

Karena menurutnya angin segar mulai datang memasuki triwulan keempat 2020 lalu, perusahaan global maupun nasional ternyata masih berminat melakukan investasi di Jabar.

Hingga November 2020, lanjut H.A Sopyan Jabar berhasil mencatat total investasi lebih dari Rp380 triliun. Angka tersebut diperoleh dari penyelenggaraan West Java Investment Summits (WJIS) pada 16-17 November 2020 lalu di Bandung.

Adapun total nilai investasi lebih dari Rp380 triliun sendiri bersumber dari empat kategori, yakni realized investment (nilai realisasi investasi periode Januari hingga September 2020), kemudian preparation stage (tahap persiapan investasi), commitment stage (tahap komitmen investasi) dan keempat ready to offer (nilai tahap investasi siap tender).

Dengan jumlah angka tersebut ditambah dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan pemerintah pusat lewat Pinjaman Pemulihan Ekonimi Nasional (PEN) Daerah yang telah diterima Pemerintah Provinsi Jabar, ia optimis dapat memicu lebih cepat pemulihan perekonomian Jabar.

"Saya optimis jika saja 20 sampai 25 persen proyek investasi itu bisa dikerjakan oleh pelaku usaha atau pengusaha lokal dan regional Jabar, mereka bisa membantu mempercepat recovery (pemulihan) ekonomi Jabar. Intinya ada kolaborasi," terang mantan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dua periode ini.

Menutup pendapatnya, politisi asal Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi ini menyebut dua kunci agar investasi mampu mempercepat pemulihan ekonomi Jabar.

Yang pertama peningkatan iklim investasi melalui penyederhanaan perizinan berinvestasi di tingkat pemprov dan kab/kota, dan yang kedua yang tidak kalah penting adalah optimalisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes).

"Karena investor membutuhkan keyakinan bahwa investasinya tidak akan menyebabkan terjadinya ledakan peningkatan kasus Covid 19 di Jabar," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat30 April 2024, 09:00 WIB

7 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi - Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Mobil30 April 2024, 08:47 WIB

92 Offroader Jajal Track Bukit Parahiyangan Sukabumi, Bermain Lumpur Sambil Beramal

Event Komunitas Offroad ini diharpkan menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata di Bukit Parahiyangan Sukabumi.
Offroader Nasional jajal track Bukit Parahiyangan Sukabumi. (Sumber : YouTube/Wa-One Adventure)
Sehat30 April 2024, 08:00 WIB

6 Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah

Tetapkan Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal.
Ilustrasi - Tips mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/Санжар Саиткулов)
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice