Sebaran Kekeringan di Jabar: Ini 14 Daerah Paling Terdampak Termasuk Sukabumi

Rabu 06 September 2023, 14:15 WIB
Ilustrasi. Sebaran Kekeringan di Jabar: Ini 14 Daerah Paling Terdampak Termasuk Sukabumi | Foto: iStock

Ilustrasi. Sebaran Kekeringan di Jabar: Ini 14 Daerah Paling Terdampak Termasuk Sukabumi | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Musim kemarau telah melanda banyak wilayah Indonesia dan menyebabkan kekeringan di berbagai daerah termasuk Jawa Barat (Jabar).

Meski belum semua daerah di Jawa Barat terdampak, terdapat sejumlah wilayah yang terkena dampak kekeringan paling banyak dibandingkan daerah lain.

Melansir dari Tempo.co, menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, kekeringan tahun ini tercatat sudah menjangkau 15 kabupaten/kota di Jawa Barat dengan warga terdampak menembus 51.067 kk terdampak.

Baca Juga: Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Saat Musim Kemarau Agar Turun Hujan

Selain itu, kekeringan juga memicu kebakaran hutan dan lahan di Jabar hingga mencapai luas 313,9 hektare. BPBD Jawa Barat mencatat data daerah terkena dampak kekeringan terhitung 1 Januari 2023 hingga 4 September 2023 tersebar di 15 kabupaten/kota.

Sebarannya berada di 156 desa di 63 kecamatan di Jawa Barat. Bantuan air bersih yang disalurkan hingga saat ini sudah menembus 1,472 juta liter air bersih.

Kabupaten Bogor menjadi daerah dengan dampak kekeringan terbanyak yakni tersebar di 71 desa dengan 27.299 kk terdampak, bantuan air bersih yang disalurkan mencapai 693 ribu liter. Disusul Kabupaten Bekasi yang mencatatkan 19 desa terdampak kekeringan dengan 5.299 kk terdampak, bantuan air bersih yang disalurkan menembus 340 ribu liter.

Selanjutnya Kabupaten Sukabumi dengan 15 desa terdampak( 7.399 kk); Kota Sukabumi dengan 14 desa terdampak (2.875 kk terdampak); Kabupaten Bandung dan Subang masing-masing 8 desa terdampak; Ciamis 7 desa terdampak; Majalengka 4 desa terdampak; Kabupaten Cirebon dan Purwakarta masing-masing 2 desa terdampak; serta Kota Bogor, Garut, Karawang, dan Pangandaran masing-masing 1 desa terdampak.

Baca Juga: Sukabumi Siaga Kekeringan, BMKG Ungkap Daerah di Jawa Barat yang Statusnya Awas

Sementara kebakaran hutan dan lahan di Jawa Barat dalam data yang dihimpun sejak 1 Januari 2023 hingga saat ini tersebar di 46 kecamatan di 15 kabupaten/kota. Terbanyak terjadi di Kuningan di 2 kecamatan dengan area hutan dan lahan terbakar seluas 164,2 hektare.

Disusul Majalengka di 8 kecamatan dengan area hutan dan lahan terbakar seluas 40,3 hektare; Subang tersebar di 3 kecamatan dengan area hutan dan lahan terbakar seluas 27 hektare; Kabupaten Cirebon 3 kecamatan dengan area hutan dana lahan terbakar 25,4 hektare; Kabupaten Bandung Barat di 1 kecamatan dengan area hutan dan lahan terbakar seluas 16,5 hektare; Kabupaten Bandung di 3 kecamatan dengan area hutan dan lahan terbakar seluas 11 hektare; serta Sumedang 7 kecamatan dengan area hutan dan lahan terbakar seluas 11 hektare.

Siaga darurat kekeringan

Selebihnya terjadi di Garut, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Purwakarta, dan Kota Sukabumi masing-masing area hutan dan lahan terbakar luasnya kurang dari 1 hektare.

Pranata Humas Ahli Muda BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat Hardjasasmita mengatakan, gubernur Jawa Barat saat ini sudah memberlakukan siaga darurat kekeringan.

Baca Juga: 9 Tips Menghemat Air di Musim Kemarau,Yuk Coba Terapkan

“Siaga kekeringan yang ditetapkan dalam SK Gubernur itu dari tanggal 1 Agustus 2023 sampai 31 Oktober 2023,” kata dia, Rabu, 6 September 2023.

Hadi mengatakan, data tersebut dihimpun sejak 1 Januari 2023. Awal musim kemarau di sejumlah daerah berbeda-beda. BMKG memperkirakan puncak kemarau terjadi pada Agustus-September 2023 ini. “Sekarang ini dampaknya sudah mulai ke seluruh wilayah Jawa Barat,” kata dia.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat11 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Hidup Jadi Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.  (Sumber : Freepik.com)
Nasional11 Mei 2024, 12:53 WIB

Masih Ditutup! Cek Progres Perbaikan Longsor di Tol Bocimi Seksi 2 (Parungkuda)

Perbaikan longsor di di KM 64+600 yang terjadi pada 3 April 2024 lalu hingga saat ini masih terus dilakukan.
Kondisi perbaikan longsor tol bocimi seksi 2 di KM 64, pada awal Mei 2024 (Sumber: akun youtube sukabumi infrastruktur)
Sehat11 Mei 2024, 12:00 WIB

Asam Urat Hilang dan Hidup Sehat: 12 Tips Mencegahnya dengan Cara Alami

Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.
Ilustrasi -  Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.  (Sumber : Freepik.com)
Sehat11 Mei 2024, 11:00 WIB

7 Cara Ampuh untuk Penderita Asam Urat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penderita asam urat bisa tidur nyenyak di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic.)
Entertainment11 Mei 2024, 10:50 WIB

Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Digelar Dengan Konsep Internasional

Rizky Febian dan Mahalini Raharja menggelar resepsi pernikahan di hari yang sama dengan mengusung konsep internasional. Resepsi ini dihadiri oleh presiden Joko Widodo
Potret Resepsi Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : instagram @/ferdinan_sule)
Sukabumi11 Mei 2024, 10:42 WIB

Hampir Terlupakan, Nasib Tak Terawat Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu Sukabumi

Tugu Jangilus terlihat kumuh dan banyak rumput liar yang tumbuh di sekitarnya.
Kondisi Tugu Jangilus di Kampung Batu Sapi, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi11 Mei 2024, 10:12 WIB

Light Up the Dream, Bantuan Penyambungan Listrik Gratis Bagi Masyarakat Membutuhkan

PLN berkomitmen selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kontribusi positif.
PLN Unit Layanan Pelanggan Cicurug, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi, berhasil melaksanakan program Light Up the Dream. | Foto: PLN
Entertainment11 Mei 2024, 10:00 WIB

Sudah Sah! Rizky Febian dan Mahalini Raharja Telah Resmi Menjadi Suami Istri

Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja telah resmi menikah dengan mengusung adat sunda di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selata, pada Jumat, 5 Mei 2024
Potret Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber : Instagram /@rizkyfbian)
Life11 Mei 2024, 10:00 WIB

9 Makanan yang Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan Anak dan Penyebab Lainnya

Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak.
Ilustrasi - Penting bagi orang tua untuk membatasi konsumsi makanan-makanan yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi11 Mei 2024, 09:51 WIB

Ngeri! Sampah Kembali Tutup Pantai Loji Sukabumi, Sempat Bersih Pasca Viral Pandawara

Sampah kembali muncul di Pantai Loji dan sekitarnya akibat gelombang pasang.
Kondisi sampah yang menutupi Pantai Loji dan sekitarnya di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (11/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi